Penggunaan Gadget dan Aktivitas Dalam Menggunakan Media Sosial Terhadap Perilaku PPKN Peserta Didik SMK

  • Misyela Prisilia Sembung Program Pascasarjana, Jurusan Managemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado
  • Harol Reflie Lumapow Program Pascasarjana, Jurusan Managemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado
  • Viktory Nicodemus Joufree Rotty Program Pascasarjana, Jurusan Managemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado
Keywords: Penggunaan gadget, aktivitas penggunaan media sosial, perilaku belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan penggunaan gadget dan aktivitas penggunaan media sosial terhadap perilaku belajar PPKN. Guru perlu mengetahui dan memahami metode belajar siswa serta membimbing pendidikan tentang penggunaan media sosial bagi siswa agar tidak berdampak negatif terhadap perilaku belajar siswa. Penelitian ini diterapkan melalui metode kuesioner melalui media kuesioner kepada responden. Responden yang dijadikan sampel adalah siswa SMK se- Kecamatan kelas Nongsa. Teknik yang digunakan penulis adalah penelitian Casual-Comparative. Merupakan teknik penelitian yang permasalahannya ditandai dengan adanya korelasi sebab akibat antara variabel bebas dan variabel terikat (Indriantoro & Supono, 1999). Metode penelitiannya adalah kuantitatif. Setelah mengumpulkan hasil dari responden, selanjutnya penulis melakukan kualitas data dengan bantuan software SPSS24 dan hasil SPSS24 yang penulis gunakan disimpulkan ada hubungan signifikan atau tidak dari variabel yang diteliti. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran aktif, pedoman pendidikan dan peraturan sekolah tentang penggunaan gadget dan penggunaan media sosial yang baik pada siswa mempunyai hubungan yang signifikan terhadap perilaku belajar pada siswa di PPKn sekolah. Penggunaan gadget mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap perilaku belajar dalam hal sikap mengumpulkan tugas dengan cepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, & Badan Pusat Statistik. 2013. Penggunaan Internet Sektor Bisnis 2013 (Pertama). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.
Astuti, H. 2019. Pengaruh Penggunaan Gadget dengan Prestasi Belajar Pada Siswa/Siswi SMAN 2 Tembilahan. Selodang Mayang: Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, 5(3), 157-157.
Bestari, N. 2016. Hubungan Kematangan Kepribadian dengan Perilaku Memaafkan pada Remaja Akhir (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Cahyono, A. S. 2016. Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal Publiciana, 9(1), 140- 157.
Davidoff, L. L. 1998. Psikologi Suatu Pengantar. Erlangga.
Dewanti, T. C., Widada, W., & Triyono, T. 2016. Hubungan antara keterampilan sosial dan penggunaan gadget smartphone terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 9 Malang. Jurnal kajian bimbingan dan konseling, 1(3), 126-131.
Efendi, F. 2013. Pengaruh gadget terhadap perkembangan anak usia dini. Tersedia di http://fuadefendi3.blogspot.co.id/2014/01/pengaruh- gadget-terhadap-perkembangan.html.
Ghozali, I. 2006. Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hapsari, S., & Rachmawati, L. 2018. Pengaruh Minat Baca dan Penggunaan Gadget terhadap Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas X IPS MA Al-Hidayah Bangkalan. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(2).
Hudaya, A. 2018. Pengaruh gadget terhadap sikap disiplin dan minat belajar peserta didik. Research and Development Journal of Education, 4(2).
Indriantoro, N., & Supomo, B. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis (Ed Pertama). BPFE.
Manumpil, B., Ismanto, A. Y., & Onibala, F. 2015. Hubungan penggunaan gadget dengan tingkat prestasi siswa di SMA Negeri 9 Manado. Jurnal Keperawatan, 3(2).
Nazir, M. 2005. Metode Penelitian Cetakan Kelima. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.
Nourwahida, C. D. Pengaruh penggunaan gadget terhadap perilaku sosial siswa di SMA Darussalam Ciputat (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah).
Rahman, J., & Kom, S. 2017. Pengaruh Media Sosial Bagi Proses Belajar Siswa. Journal https://kalsel. kemenag.go.id/files/file/artikelprakom/15162891659956.pd f.
Rumengan, J. 2010. Metodologi Penelitian dengan SPSS. Batam: Uniba Press.
Sherlyanita, A. K., & Rakhmawati, N. A. 2016. Pengaruh dan pola aktivitas penggunaan internet serta media sosial pada siswa SMPN 52 Surabaya. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 2(1), 17-22.
Soemanto, W. 2011. Psikologi Pendidikan. Rineka Cipita.
Suni, E., & Singh, A. 2014. How Much Sleep Do We Really Need? Sleep Foundation. https://www.sleepfoundation.org/how-sleep- works/how-much-sleep-do-we-really- need#:~:text=National Sleep Foundation guidelines1,hours of sleep per night.
Susanti, A. D., Hasyim, A., & Nurmalisa, Y. 2018. Pengaruh Pemanfaatan Gadget Dalam Aktivitas Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKN. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(10).
Suwahyu, I. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Akhlak dan Prestasi Belajar Peserta Didik di SMA UII Yogyakarta. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Walgito, B. 2003. Psikologi Sosial. Andi Offset.
Published
2023-12-11