Analisis Fenomenologi Audiens dalam Media Digital (Studi pada Masa Peralihan Media Konvensional ke Digital)

  • Oktariani Safitri Program Studi Jurnalistik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bengkulu
  • Yuliati Yuliati Program Studi Jurnalistik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bengkulu
  • Nurlianti Muzni Program Studi Jurnalistik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bengkulu
Keywords: Audiens, Fenomenologi, Kebiasaan, Masa Peralihan Media

Abstract

Penelitian dalam bidang jurnalisme sering kali berfokus kepada media atau kinerja jurnalis dalam era digital, tetapi penelitian khusus yang membahas tentang perilaku dan kebiasaan audiens masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan pengetahuan tersebut dengan fokus pada analisis fenomenologi audiens dalam media digital. Penelitian ini mengadopsi pendekatan fenomenologi untuk menyelidiki bagaimana audiens merespons pergeseran media dari format konvensional ke platform digital. Melalui serangkaian wawancara mendalam, penelitian ini mengungkapkan faktor pendorong peralihan audiens, pola konsumsi media di era digital, dan persepsi terhadap evolusi media dimasa depan. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman kita tentang interaksi dinamis antara audiens dan perubahan media, merinci kompleksitas peralihan dari media konvensional ke era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bazaco, Á., Redondo, M., & Sánchez-García, P. (2019). Clickbait as a strategy of viral journalism: conceptualisation and methods. Revista Latina de Comunicación Social, 1697– 1713.
Beleslin, I., Ratkovic Njegovan, B., & S. Vukadinovic, M. (2017). Clickbait titles : Risky formula for attracting readers and advertisers. XVII International Scientific Conference on Industrial Systems, 17, 364–369.
Bengtsson, S., & Johansson, S. (2021). A phenomenology of news: Understanding news in digital culture. Journalism, 22(11), 2873-2889.
Firman Kurniawan, Y. A. S. (2021). The Dynamics Transformation Of Living Media Consumption In The Digital Era (Shifting Preferences Study From Mediated Media Editors To Unmediated Media Editors And To Mediated Media Editors). MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 201–211.
Gafallo, M. F. Y., & Iriansyah, A. (2022). Budaya Partisipasi dan Resistensi Komunitas Keagamaan di Media Sosial. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 26(1), 17-30.
Khaer, A., Khoir, N., & Hidayati, Y. A. (2021). Senjakala Media Cetak: Tantangan Jurnalisme Cetak Di Era Digital. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora, 2(3), 324-31.
Mansah, A. M. (2019). Tren Pergeseran Media Konvensional Ke Era Digitalisasi (Studi Kasus Konvergensi Media Di Lembaga Kantor Berita Nasional Antara Biro Sulawesi Selatan-Sulawesi Barat). Al-MUNZIR, 12(1), 121–130.
Newman, N., Fletcher, R., Schulz, A., Andi, S., Robertson, C. T., & Nielsen, R. K. (2021). Reuters Institute digital news report 2021. Reuters Institute for the study of Journalism.
Nur, E. (2021). Peran media massa dalam menghadapi serbuan media online. Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, 2(1).
Nurliah, N. (2018). Konvergensi dan Kompetisi Media Massa dalam Memenangkan Pasar di Era Media Digital di Makassar. Jurnal Dakwah Tabligh, 19(1), 106-118.
Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W. (2018). Menggunakan studi kasus sebagai metode ilmiah dalam Psikologi. Buletin Psikologi, 26(2), 126-136.

Qorib, F. (2020). Pola Konsumsi Media pada Generasi Milenial Kota Malang. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(1), 53-71.
Salsabela, K. (2021). Narasi. Tv M elihat Peluang dari Kacamata Audiens pada Era Konvergensi Media.
Setiowati, D., Cheril, R., & Sary, M. P. (2021). Pengaruh Perkembangan Digitalisasi Media Pada Portal Berita Kompas Terhadap Minat Baca Masyarakat (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta). Mediakom: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 29-38.
Syarif, A., Arni, A., & Dewi, A. F. (2023). Efek Konvergensi Media Terhadap Pembaca Tribun Timur. Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 112-123.
Cresswell, John W. 2013. Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications.
Iskandar, D. (2018). Konvergensi Media: Perbauran Ideologi, Politik, dan Etika Jurnalisme. Penerbit Andi.
Situmeang, I. V. O. (2020). Buku Media Konvensional dan Media Online.
Kraca, A. (2019). News Readers ’ Perception of Clickbait News. [Thesis]. Kadir Has University
Annur, Cindy Mutia (2023). Meski Trennya Turun, Media Online Tetap Jadi Sumber Berita Utama Masyarakat Indonesia. Retrieved from databoks.katadata.co.id website : https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/06/16/meski-trennya-turun-media-online-tetap-jadi-sumber-berita-utama-masyarakat-indonesia
Igid (2023). Pengguna Internet Indonesia Paling Banyak Usia Berapa? Retrieved from indonesia.go.id website : https://www.indonesia.go.id/mediapublik/detail/2093#:~:text=Berdasarkan%20hasil%20survei%20Asosiasi%20Penyelenggara,orang%20pada%20periode%202022-2023
Published
2024-03-10