Strategi Pengelolaan dan Pengembangan Fasilitas Penunjang Pariwisata di Lombok Barat

  • Lalu Putrawandi Karjaya Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Hukum, Universitas Mataram
  • Al Farid Ridhofi Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Hukum, Universitas Mataram
  • Baiq Devi Cahyani Rasanjani Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Hukum, Universitas Mataram
  • Ni Kadek Reisha Yuliantari Kusuma Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Hukum, Universitas Mataram
  • Nur Annisa Kamilli Azmi Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Hukum, Universitas Mataram
  • Sheryl Adik Tersayank Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Hukum, Universitas Mataram
Keywords: Fasilitas Penunjang Pariwisata, Strategi Pengembangan, Konsep 3A, Analisis SWOT, Lombok Barat.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi pariwisata dan melihat permasalahan pariwisata di Kabupaten Lombok Barat serta akan menganalisis upaya pemerintah daerah dalam mengembangkan potensi pariwisata daerah. Penelitian ini terfokus pada tiga tempat wisata dan infrastruktur penunjangnya yang dirasa cukup menarik untuk dilakukannya penelitian guna menjawab tujuan dari penelitian ini, yakni Desa Wisata Gunung Sasak di Desa Kuripan Selatan, Gedung Budaya Narmada dan Galeri Gula Aren di Desa Kekait. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif-Deskriptif yang dilakukan dengan observasi lapangan, wawancara dan menggunakan studi pustaka. Adapun informan dari penelitian ini yaitu pemerintah desa Kuripan Selatan, Narmada dan Desa Kekait, dinas terkait dan pengelola wisata. Analisis dalam penelitian ini menggunakan Konsep 3A (Atraksi, Amenitas dan Aksebilitas) serta menggunakan analisis SWOT. Hasil yang ditemukan adalah keberadaan fasilitas penunjang pariwisata yang ada di Lombok Barat yang dapat dilihat dari tiga objek wisata tersebut dapat dikatakan sudah bisa berjalan sesuai dengan rencana awal pembangunan. Namun, terdapat beberapa objek penunjang wisata yang belum atau terhenti aktivitasnya yang diakibatkan oleh beberapa faktor. Oleh karena itu, dengan adanya alternatif strategi yang matang merupakan salah satu upaya untuk bisa mengembangkan dan mempertahankan objek wisata maupun fasilitas penunjang pariwisata yang ada di daerah Lombok Barat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dafa Rizky Prayoga, Afiaty Zata Dini, Lara Anjelita Tarigan, Putri Andiana Sari, Darwin P. Lubis, and Sendi Permana, ‘Analysis of Concept 3a in Tourism Development (Case Study: Dusun Iv, Desa Denai Lama, Kab. Deli Serdang)’, Jurnal Samudra Geografi, 5.2 (2022), 114–26

Risandewi, Tri, ‘Analisis Infrastruktur Pariwisata Dalam Mendukung Pengembangan Desa Wisata Candirejo Kabupaten Magelang’, Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 15.1 (2017), 103–18

Rosanto, Stephanie, and Verryka Chainarta, ‘Analisa Aspek Kebijakan Pemerintah Terhadap Potensi Wisata Aam Di Danau Sarantangan, Singkawang, Kalimantan Barat’, Jurnal Inovasi Penelitian, 1.11 (2021), 2805–12

Mardiyah, and Suheri. 2017. "Identifikasi Potensi dan Masalah Objek Wisata Curug Putri di Kawasan Taman Hutan Raya Banten Berdasarkan Persepsi Pengunjung, Masyarakat Dan Pengelola." Jurnal Wilayah dan Kota Vol 04 NO 02 72-72.

Noegroho, Aditya, and Budiman M Musthofa. 2022. "Analysis of Tesis of Tourism Destin Ourism Destinations Of Hok L Tions Of Hok Lay ." Journal of Indonesian Tourism and Policy Studies 75-77.

Yusendra, Muhamad A Eka, and Niken Paramitasar. 2018. "Identifying Factors Affecting Domestic Tourist Satisfaction on Tourist Destinations in Indonesia." DeReMa Jurnal Manajemen Vol.13 No. 2 167-170.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Teori Pariwisata. (n.d.-b). https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/622/jbptunikompp-gdl-richardeva-31056-9-unikom_p-2.pdf

Cahyani, A., & Geografi, P. (2021). Analisis Swot Dalam Proses Pengembangan Objek Wisata Pantai Lombang di Kabupaten Sumenep.

Suarto, E. (2017). Pengembangan Objek Wisata Berbasis Analisis Swot. Jurnal Spasial, 3(1). https://doi.org/10.22202/js.v3i1.1597

Freddy, Rangkuti. (2014). Analisis SWOT Teknik Pembeda Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Published
2023-12-09