Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Web

  • Arif Rohman Fakultas Teknik, Program Studi Informatika, Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Henny Dwi Bhakti Fakultas Teknik, Program Studi Informatika, Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik
Keywords: PT. Diantrijaya Utama Mukti, Perancangan sistem informasi, Waterfall, XAMPP, Cepat

Abstract

  1. Diantrijaya Utama Mukti merupakan perusahaan dibidang percetakan, produk utamanya merupakan Laminating Woven Bag. Dalam menjalankan kegiatan produksinya perusahaan ini berupaya untuk mendapatkan sistem kinerja informasi yang cepat, akurat dan sistematis, hal ini pentingnya pengembangan IT yang perlu diterapkan pada perusahaan tersebut. Permasalahan yang terjadi pada perusahaan ini yaitu inventaris atau persediaan stock barang yang digunakan masih manual menggunakan Microsoft Excel yang tidak memiliki (DBMS) Database Management System, karena belum terdapat fasilitas lengkap seperti tidak dapat input secara otomatis. Dalam menunjang kegiatan pekerjaannya perancangan sistem informasi sangat diperlukan, agar informasi pencatatan lebih efisien dan akurat. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan hasil data input secara cepat dan otomatis, informasi yang dihasilkan lebih tepat waktu sehingga kinerja instansi tersebut meningkat. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Pembangunan sistem informasi pada database menggunakan MySql, XAMPP. Bahasa pemograman menggunakan PHP. Pengembangan perangkat lunak mengguankan model waterfall. Hasil yang diperoleh pada perancangan sistem infromasi persediaan barang dapat menginformasikan tentang kebutuhan stock barang secara cepat di PT. Diantrijaya Utama Mukti, dapat memberikan informasi laporan persediaan barang dan penyimpanan data dapat terkomputerisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arianto, R., Kholiq, A., Anam, A., Devi, B., & Rachman, A. (2021). Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Inventory Pada Cv Wijaya Las Kediri Menggunakan Model Waterfall. 20(2), 73–83. Https://Ojs.Trigunadharma.Ac.Id/

Christianto, J., Manajemen, C., Bisnis, F., & Ekonomika, D. (N.D.). Implementasi Pengendalian Kualitas Dengan Menggunakan Metode Statistik Pada Pt Diantrijaya Utama Mukti Di Surabaya.

Febriana, T., Marliana, I., Eko, D. H., & Muhammad Fawa, T. (N.D.). Sistem Informasi Pembelian Dan Penjualan Sparepart Pada Pt. Rindang Tigasatu Pratama Berbasis Web.

Made, N., Desmayani, M. R., Wayan Wardani, N., Gede, P., Nugraha, S. C., Putu, I., Indrawan, Y., & Mahendra, G. S. (2022). Sistem Informasi Inventory Pada Pt. Djaya Buah Bersinar Denpasar Berbasis Web. Insert: Information System And Emerging Technology Journal, 3(2).

Nurainun, T. (2020). Perancangan Sistem Informasi Pengendalian Persediaan Bahan Pokok (Studi Kasus Swalayan Buyung Family Pekanbaru). Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 4(2), 139. Https://Doi.Org/10.24014/Jti.V4i2.6761

Pribachtiar, R. A., Utomo, A. P., Program, M., Sistem Informasi, S., Fakultas, D., & Informasi, T. (N.D.). Perancangan Sistem Informasi Inventory Barang ( E-Gudang ) Pada Cv Jaya Water Solusindo Berbasis Website.

Sukamdana, 2021. (N.D.). Perancangan Sistem Informasi Inventory Berbasis Web Pada Pt. Citra Gemilang Prima.

Veza, O. (2017). Perancangan Sistem Informasi Inventory Data Barang Pada Pt. Andalas Berlian Motors. 2(2), 2541–2647.
Published
2023-12-09