Manajemen Pemeliharaan Gedung Sekolah Pasca Masa Pandemi Covid-19 SMP Negeri Kota Palembang
Abstract
Pada tahun 2019, dunia dilanda suatu wabah penyakit COVID-19. COVID-19 merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh Virus Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Dalam sektor pendidikan, seluruh pelajar melakukan kegiatan belajar secara daring (online) dari rumah. Sehingga, bangunan gedung sekolah menjadi terbengkalai karena sudah lama tak terpakai dan kurangmya pemeliharaan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisa penyebab dan tingkat kerusakan bagian gedung sekolah saat pandemi COVID-19. Penelitian dilakukan pada SMP Negeri di Kota Palembang dan dipilih 20 SMP Negeri di Kota Palembang secara random sebagai sampel (random sampling) untuk mewakili kelompok sekolah menengah lainnya yang akan diteliti dengan survey lapangan dan wawancara terhadap kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 3 variabel yang memiliki skor terbesar yang merupakan bagian komponen gedung yang mengalami kerusakan yaitu pada Cat Plafond (X12), Cat Dinding (X15) dan Penutup Plafond (X10). Sedangkan faktor pengaruh kerusakan dalam peringkat 3 teratas yaitu rembesan/kebocoran pada plafond faktor air hujan (X31), kerusakan pada cat dinding karena faktor suhu (X29), dan rembesan/kebocoran atap faktor air hujan (X30)
Downloads
References
Aresande, Roggy Faula. (2013). Manajemen Perawatan dan Perbaikan Bangunan Gedung Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Pekanbaru Provinsi Riau. Tugas Akhir, Politeknik Negeri Bandung
Ariyanto, A. S. (2020). Analisis Jenis Kerusakan Pada Bangunan Gedung Bertingkat (Studi Kasus pada Gedung Apartemen dan Hotel Candiland Semarang). Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial dan Humaniora, 6(1), 45-57
Chima, O. A., C., Okolie Kelvin, Ifeanyichukwu, N. E., Callista, O.U., & Okwudili, O. E.. (2021). Current Issues Associated With Public Building Maintenance in South-East Nigeria. International Journal of Innovative Science, Engineering & Technology, 8(2)
Data Pokok Pendidikan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Diakses pada 12 Februari 2023, dari https://dapo.kemdikbud.go.id/sp/2/116000
Data Referensi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022, 27 Juni). Jumlah Data Satuan Pendidikan (Sekolah) Per Kabupaten/Kota: Kota Palembang. Diakses pada 27 Juni 2022, dari https://referensi.data.kemdikbud.go.id/
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang
Iriana, R., & Riana, A. (2012). Analisa Tingkat Kerusakan dan Estimasi Biaya Perbaikan Bangunan Gedung Sekolah. Tugas Akhir, Universitas Riau
Kempa, Meidy. (2018). Analisis Tingkat Kerusakan Bangunan Gedung Sekolah Menengah Pertama (SMP) Di Maluku. In Seminar Nasional ALE, Vol. 1, 198-203.
Mahfud, M. (2015). Manajemen Pemeliharaan Bangunan Gedung Sekolah (Studi Kasus Gedung SLTA di Balikpapan). Jurnal Sains Technology, 1(1), 7–18.
Putri, Anita Handayani. (2009). Pengembangan Konsep Standar Operasional Prosedur Pada Proses Manajemen Pemeliharaan Dan Perawatan Bangunan Gedung. Tesis, Universitas Indonesia
Rohmat, A. (2020). Analisis Kerusakan Struktur Dan Arsitektur Pada Bangunan Gedung (Studi Kasus: Gedung F Universitas Muhammadiyah Sukabumi). Jurnal Student Teknik Sipil, 2(2), 134-140.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijadi. (2006). Manajemen Pemeliharaan Dan Perawatan Gedung Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soeroto Kabupaten Ngawi. Tesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta
Wardhana, A., & Pontan, D. (2022). Identifikasi Penyebab Rusaknya Bangunan Gedung Sekolah Dasar Di Kabupaten Bekasi Selama Pandemi. In Prosiding Seminar Intelektual Muda, 3(2), 76-81
Widianto, B., Alwi, A., & Rustamaji, R. M. (2015). Kajian Ketentuan Pembuatan Pedoman Pengoperasian, Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung. Journal of Civil Engineering, University of Tanjungpura, 15(2) http://dx.doi.org/10.26418/jtsft.v15i2.26056
Copyright (c) 2023 Putri Yusella, Heni Fitriani, Doedoeng Z. Arifin, Mona F. Toyfur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.