MIME-Version: 1.0 Content-Type: multipart/related; boundary="----=_NextPart_01DA2F43.2AA28820" This document is a Single File Web Page, also known as a Web Archive file. If you are seeing this message, your browser or editor doesn't support Web Archive files. Please download a browser that supports Web Archive. ------=_NextPart_01DA2F43.2AA28820 Content-Location: file:///C:/23165961/TemplateJSL6467-6480NurulHovipah,GinaApryaniNurunnisha.htm Content-Transfer-Encoding: quoted-printable Content-Type: text/html; charset="us-ascii"

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia p–ISSN: 2541-0849 e-ISSN: 2548-1398

Vol. 8, No. 12, Desember 2023

&n= bsp;

EVALUASI GOFOOD: MAHAL DAN BINT= ANG TIGA, REPURCHASE OR NO?

 

Nurul Hovipah, Gi= na Apryani Nurunnisha

Fa= kultas Ekonomi Bisnis, Un= iversitas Widyatama, Bandung=

Em= ail:

 

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi mengubah perilaku tamu dalam keinginan untuk memesan kamar hotel. Online tr= avel agent adalah salah satu produk teknologi informasi yang berkembang dan berh= asil mengubah cara pemesanan kamar dari yang secara langsung atau langsung ke ho= tel menjadi pemesanan kamar menggunakan online travel agent dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan tamu beralih ke online travel agent dalam melakukan pemesanan kamar hotel dalam meningkatkan e-commerce untuk menjaga supaya tamu masih memilih memesan kamar di Mercure Nexa Bandung sebagai hot= el pilihan di Bandung. Hasil dari penelitian menunjukkan online travel agent d= apat meningkatkan tingkat hunian kamar karena mudah diakses, efisien dan efektif dengan harga yang bersaing, pengeluaran hotel, biaya kamar, biaya penjualan, pembiayaan dan pengeluaran gaji karyawan dapat dikelolah dengan baik. Dukun= gan dari manajemen hotel diperlukan dalam pengembangan online travel agent untuk meningkatkan pemesanan kamar melalui online travel agent.  

 

Kata Kunci: Teknolo= gi Informasi, Hotel, Online Travel Agent, E-commerce

 

Abstract

         Technology information development changed the customer behaviour in desire in booking hotel room. Online Travel Agent is one of the most advanced products that is currently booming and change the room reservation pattern from direct reservation or go show to room reservation by Online Travel Agent. The purp= ose of this study was to find the information why the booking pattern changed f= rom direct reservation to online travel agent in order to improve the e-commerc= e in maintain the guest to still choosing Mercure Nexa Bandung as their preferred hotel to stay in Bandung. The result of the study shows Online Travel Agent= can increase hotel occupancy rate because they are accessible, efficient and effective at competitive prices as well the hotel costs with sales cost, fe= es and employee payroll expenses. Hotel’s management support in developi= ng OTA is needed as an effort to increase number of room reservation from OTA.=

 

Keywords: Technology information, Hotel, Online Travel Agent, E-commerce

 

 

Pendahuluan

Perkembangan teknologi internet saat ini sangat lah berkembang pesat di Indonesia. Internet mem= udahkan untuk saling bertukar informasi dan komunikasi satu sama lain dengan jarak jauh, ruang dan waktu. Saat ini= perkembangan Internet terjadi sangatlah cepat dan menjangkau ke seluruh dunia dan tentusaja setiap= pelaku bisnis menginginkan perkembangan pada produkny= a untuk lebih di kenal oleh masyarakat luas khususnya masyarakat Indonesia.namun disisilain juga pelanggan= semakin cerdas, sadar harga dan banyak informasi produk lain nya yang di <= span class=3DSpellE>akses sehingga pelanggan dapat memilih sesuai dengan keinginannya sendiri. Dengan memahami,keinginan dan permintaan pelanggan  akan s= angat memffcbantu dalam menciptakan kepuasan bagi pelnggan. Salah satu layanan yang sering di jumpai adalah layanan Transportasi.

Kemajuan teknoloigi informasi diantaranya di tandai dengan penggunaan telepon genggam pintar (smartphone) yang memungk= inkan penggunaanya sebagai alat bantu untuk mengakses segala informasi yang dibutuhan = hanya dari telepon gengam yang dimiliki. Para pelaku dunia usaha memanfaatkan kemajuan ini dengan mengkondisikan bidang usaha yang <= span class=3DSpellE>mereka jalani pada jaringan internet melalui= aplikasi khusus yang dapat di akses oleh pelanggan menggunakan sma= rtphone dengan cara mengunduh pada layanan yang ada. Perusahaan di bidang trans= portasi yang memanfaatkan kemajuan= teknologi ini adalah manajemen Gojek.

Gojek adalah perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan transportasi oj= ek. Yang bertujuan untuk menghubungkan antara Draiver dengan penumpang. Perusahaan Gojek ini berdiri di kota Jakarta pada tahun 2= 011. GO-JEK ini juga merupakan<= /span> perusahaan yang memimpi <= span class=3DSpellE>revolusi industri di bidang transportasi. Kare= na efektifitas tujuan perusahaan ini yang bermitra kepada pengendara ojek yang berpengalam= an semakin banyak dan = meningkatnya peminat pelanggan sehinggan gojek di kembangkan di kota-kota besar lainya seperti khususnya Jabodetabek, Ba= ndung, Medan, Surabaya, Bali dan kota - kota lainya.

Salah satu fitur  layananyang disediakan oleh Aplikasi Gojek itu sendiri adalah GO-Food yaitu layanan pesan antar (delivery) yang di berikan oleh perusahaan Gojek untuk membelikan dan mengantarkan pesanan makana kepada pelanggannya. Layanan tersebut melibatkan 3 (tiga) pihak, yaitu pengguna, restoran dan pihak = ojek. Saat awal meluncurnya GO-Food April 2015, Gojek = menggandeng sekitar 15 ribu restoran di Jakarta.Namun= , saat ini meningkan menjadi kuranglebih= 125 ribu penjual makanan.

Mekanisme layanan Go-food yaitu menggunakan futir GO-Food pada Aplikasi Gojek. Dalam praktiknya, = go-food melayani jasa beli dan antar makanan y= ang dipesan oleh konsumen melalui aplikasi go-jek yang tersedia di smartphone.Konsumen tingga memilih restaurant= , kedai atau tempat makanan yang tertera di daftar pilihan go-food. Pe= njual makanan akan mempromosikan produknya d= i dalam go-food yang disertai dengan harga yang pas, dilengkapi dengan gambar/foto yang serupa dengan makanan tersebut dan alamat= lokasi toko/kedai makanan tersebut.

Menurut hasil survei Tenggara Strategic, layanan pesan-antar makanan online milik= Gojek, yaitu GoFood, dinilai paling unggul oleh konsumen di Indonesia. Survei ini menanyakan pendapat responden tentang kualitas layanan pesan-antar makanan dari lima aspek, yaitu bukti fisik, keandalan, <= span class=3DSpellE>daya tanggap, jaminan dan kepastian dan empati GoFood mendapat skor tertinggi daripada Grabfood. <= /o:p>

Di tengah persaingan yang semakin ketat = ini, perhatian terhadap kepentingan konsumen dengan cara melihat kebutuhan, keinginan dan kepuasan atas pelayanan menjadi faktor kunci untuk keberhasilan suatu perusahaan. O= leh karena itu, perusahaan dituntut untuk dapat memberikan suatu yang berharga dan <= span class=3DSpellE>dapat memberikan kesan yang mendalam bagi konsumen. Salah satunya, dengan cara memberikan kepuasan melalui kinerjanya, dengan memberikan pelayanan yang= baik dan harga sesuai dengan kualitas produk dan jasa yan= g ditawarkan.

Salah satu strategi untuk menarik lebih banyak konsumen baru, mempertahankan konsumen yang ada, menghindari berpindahnya = konsumen dan menciptakan = keunggulan yang khusus yaitu dengan memberikan kualitas pelayanan = yang baik bagi konsumen. Perusahaan yang mengutamakan kualitas pelayanan yang baik= akan berdampak pada kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan sebagai usaha untuk mewujudkan kenyamanan terhadap konsumen agar konsumen merasa mempunyai nilai lebih dari apa yang diharapkan.

Harapan konsumen merupakan faktor penting. Oleh karena, itu kualitas pelayanan yang menjadi suatu = hal yang lebih dekat untuk memberikan kepuasan kepada konsumen, yang akan memberikan harapan lebih dan sebaliknya, dengan adanya kualitas pelayanan yang telah diberikan, maka secara tidak langsung kepuasan konsumen <= span class=3DSpellE>akan terwujud. Faktor yan= g mempengaruhi kepuasan pelanggan salah satunya <= span class=3DSpellE>adalah Harga. Harga adalah jumlah uang (kemungkinan = ditimbang beberapa barang) yang dibutuhkan <= span class=3DSpellE>untuk memperoleh beberapa kombinasi sebuah produk dan pelayanan yang menyertainya. Karena semakin banyaknya jasa antar makanan online semakin banyak juga pesaing, faktor yang menyebabkan persaingan tersebut adanya persaingan harga.

Harga yang di tawarkan pa= da Gofood cenderung lebih tinggi dibanding dengan pesaing pesaing lainya. Harga jual pada hakekatnya merupakan tawaran kepada para konsumen. Apabila konsumen menerima harga tersebut pada saat akan melakukan pembelian, maka produk tersebut akan laku, sebaliknya bila konsumen menolaknya pada saat akan melakukan pembelian, maka diperlukan peninjauan kembali harga jualnya. Ada kemungkinan bahwa konsumen memiliki ketidak sesuaian setelah melakukan pembelian karena mungkin harganya dianggap terlalu mahal atau karena tidak sesuai dengan keinginan dan gambaran sebelumnya. Maka dari itu diperlukan strategi <= span class=3DSpellE>penetapan harga yang tepat.

Berdasarkan pengalaman serta perbincangan dengan orang-orang yang merupakan pelanggan Gofood juga ada hal hal yang tentu saja mereka keluhkan juga dari layanan Gofood yang menyebabkan ketidak puasan. Bisa dikatakan bahwa untuk kualitas pelayanan pada jasa= antar makanan online Gofood masih kurang baik terutama masalah kendala teknis, seringkali terjadi masalah gangguan aplikasi pada cuaca yang buruk dan didaerah teretntu saat susah menggunakan aplikasi Gojek. Ini= menjadi ancaman sendiri bagi jasa layanan antar makanan online Gofood.

Masalah yang sering terjadi pada driver bahwa ada beberapa driver yang tiba= tiba membatalkan atau mengcancel layanan tanpe memberi tahu pada konsumen.= Masih banyak driver yang menggunakan aplikasi GPS untuk mencari lokasi pengantaran = makanan,hal ini dapat membuat lamanya pengantaran makanan. Perlu diketahu juga bahwa masalah yang sering di hadapi oleh konsumen yaitu tarif harga yang di tawarkan cenderung mahal = dan harga harga promo yang di= ada rata-rata tidak bisa digunakan harga yang di tawarkan ju= ga cenderung lebih mahal dari pesaing. =

Harga yang di tawarkan ol= eh Gofood dibilang cukup mahal kurang kompetitif dengan jasa layanan antar lainnya, sedangkan = target Gojek yang terbentuk saat ini sebagian besar adalaah pelanggan kalangan menengah bawah yang dimana mereka yang tertarik menggunakan gojek karena harga yang kompetitif. Menurut (Malayu, 2016) mengemukakan bahwamanajemen adalah ilmu dan seni merancang proses pemanfaatan sumber<= /span> daya manusia dansumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Berdasarkan definisi-definisi manajemen yang telah dipaparkan diatas, maka penulis sampai pada pemahaman bahwa manajemen merupakan ilmu dan seni yang meliputi beberap proses <= span class=3DSpellE>sebagai upaya pemanfaatan sumber daya organisasi atau kelompok secara efektif dan efisien dalam organisasi lainnya untuk tercapainya tujuan organisasi. = Menurut (Amirullah, 2015)= fungsi manajemen pada umumnya dibagi menjadi empat fungsi yaitu fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan dengan tujuan mencapai hasil yang dinginkan secara efektif dan efisien.

Dapat disimpulkan pada permasalahan yang ada bahwa kualitas pelayanan yang masih harus di tingkatkan lagi dan pada harga promo= yang sering tidak bisa digunakan, jika masalah ini tidak diperbaiki akan berimbas pada pelanggan y= ang ingin melakukan pembelian ulang pada Gofood.

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diungkapkan diatas, maka rumusan masalah penelitian = yang diajukan adalah: 1) Apakah kepuasan pelayanan memiliki pengaruh terhadap minat beli ulang pelanggan pengguna Gofood? 2) Apakah Harga <= span class=3DSpellE>memiliki pengaruh terhadap minat beli ulang pelanggan pengguna Gofood? 3) Apakah kualitas pelayanan dan Ha= rga mempengaruhi minat beli ulang pelanggan pengguna Gofood?

 

Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti <= span class=3DSpellE>adalah dengan metode penelitian kuantitatif  Menurut (Sugiono, 2019) ini merupa= kan metode survey yang digunak= an untuk mendapatkan d= ata dari tempat tertentu yang di alamiah, tetapi penelitian melakukan perlakuan dalam pengumpulan data,misal dengan menyebarkan kuesioner, test wawancara= tersetruktur dan sebagainya oleh karena itu disini peneliti melakukan = pengumpulan data dengan <= span class=3DSpellE>menyebarkan kusioner melalui Goole From kepada= para responden.

Teknik analisis data yang= digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan SPSS versi 25 dalam menguji antara variable <= span class=3DSpellE>terdapat dua tahapan yaitu Metoe analisis dan Uji Hipotesis Metode a= nalisis yang terdiri daru U= ji Validitas, Uji Reabilitas= dan Uji Asumsi Klasik dan U= ji Hipotesis terdiri dari Regresi berganda , Uji parsial, Uji F, dan Uji Koefiein= Determinasi.

Metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif, <= span class=3DSpellE>dengan menggunakan metode penelitian ini akan diketahui hubungan yang signifikan atau tidak signifikan antara variabel yan= g diteliti sehingga kesimpulan yang akan memperjelas gambaran mengenai objek yang diteliti.

Objek penelitian merupakan sasaran untuk mendapatkan suatu data. Menurut Suharismi Arikunto (2006)= menyatakan “Objek peneliti= an merupakan ruang lingkup atau hal-hal yang menjadi pokok = persoalan dalam suatu penelitian”. = Pada penelitian ini yang menjadi objek penelitian yaitu membangun kepercayaan konsumen (Y) = sebagai variabel terikat dan kualitas pelayanan jasa Go-Jek (X)= sebagai variabel bebas, sedangkan yang menjadi responden pada penelitian ini adalah para konsumen yang= melakukan pemesanan jasa transportasi di PT. = Go-jek.

Sumber data diperoleh melalui data primer dan data sek= under. Data sekunder diperoleh dari hasil penelitian secara empiris dengan menggunakan kuesioner dan riset pustaka secara terstruktur kepada pengguna Gofood di Bandun= g. Sumber Data: GOFOOD, Bentuk Data: a) Perbandingan keunggulan= Layanan GoFood dan GrabFood, b) Nilai Transaksi layanan pesan antar Makanan Indonesia. c) GoFo= od platform pesan layanan antar makanan paling banyak digunakan.

Sedangkan data primer diperoleh dari laporan, hasil riset terdahulu dan= jurnal-jurnal yang berkaitan. Sumber Data: Pengguna GOF= OOD di Bandung. Bentuk Data: Hasil Kuesioner, Studi Pustaka. Dalam penelitian ini, terdapat dua jenis = data yang digunakan. Pertama, jenis data sekunder diperoleh melalui sumber data utama dari Gofood, dengan instrumen penelitian berupa studi literatur. Data yang dikumpulkan meli= batkan perbandingan keunggulan layanan GoFood dan GrabFood, nilai transaksi layanan pesan antar makanan di Indonesia, serta inform= asi mengenai sejauh man= a Gofood menjadi platform <= span class=3DSpellE>pesan layanan antar makanan yang paling banyak= digunakan. Penggunaan studi literatur sebagai instrumen utama ini bertujuan untuk mengeksplorasi masalah penelitian yang <= span class=3DSpellE>relevan dan mendapatkan <= span class=3DSpellE>gambaran menyeluruh.=

Sementara itu, jenis data kedua adalah d= ata primer yang diperoleh lang= sung dari konsumen pengguna Gofood. Instrumen yang digunakan = dalam hal ini adalah kuesioner. D= ata primer ini mencakup= hasil dari kuesioner yang diberikan kepada konsumen, dengan tujuan utama untuk mendapatkan informasi langsung dari pengguna Gofood. Pendekatan = ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang preferensi dan pengalaman= pengguna dalam menggunakan layanan Gofood di kota Bandung. <= span class=3DSpellE>Dengan demikian, hasil kuesioner diharapkan dapat menjadi kontribusi signifikan dalam melengkapi pemahaman terhadap penelitian ini.

Kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data yang meru= pakan penjabaran dari indikator variabel sebelum digunakan untuk mengumpulkan data d= i lapangan, terlebih dahulu harus diuji tingkat validitas d= an reliabilitasnya. Instrumen yang valid berarti alat = ukur yang digunakan untuk mendapatkan data (<= span class=3DSpellE>mengukur) itu valid. Vali= d berarti instrumen tersebut dapat digunakan untuk mengukur apa yang seharusnya diukur. Instrumen yang reliabel <= span class=3DSpellE>adalah instrumen yang bila digunakan beberapa kali untuk mengukur obyek yang sama, akan menghasilkan data yang sama (Sugiono, 2017).

Menurut (Sugiono, 2018) populasi= adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas, obyek/subjek yang mempunyai kuantitas & karakteristik tertentu yang ditetapkan = oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian <= span class=3DSpellE>ditarik kesimpulannya. Populasi dalam penulisan ini adalah Pelanggan pengguna = GOFOOD di Bandung. Jumlah populas= i dalam penelitian ini dianggap tidak diketahui karena jumlah diluar kemampuan peneliti untuk melakukan survey maupun <= span class=3DSpellE>wawancara penelitian.

Menurut (Sugiono, 2009) Sampel merupaka= n bagian dari jumlah dan karakteristik = yang dimiliki oleh populasi. <= span class=3DSpellE>Dikarenakan peneliti belum mengetahui berpa jumlah dari masyarakat yang menggunaka= n Gofood di Bandung, maka dari itu dalam menentukan sampel <= span class=3DSpellE>peneliti menggunakan rumus Bernoulli.

Peneliti menggunakan ketelitian (alfa) sebesar 5% dan ting= kat kepercayaan 95% sehingga diperoleh Z=3D1,96 kemudian tingkat kesalahan 10% dan= menggunakan pendekatan masing-masing nilai p dan q yaitu 0,5. (Kerlinger & Lee, 2000) menyarankan sebanyak 30 sampel sebagai jumlah minimum sampel dalam penelitian kuantitatif. Berdasarkan perhitungan di atas diperoleh hasil 96,04 dibulatkan menjadi 96, sehingga jumlah sampel minimal yang diperoleh adalah 96 sampel.  Namun = peneliti mengumpulkan dan= mengambil sampel sebanyak 121 orang untuk = memudahkan perhitungan.

Teknik sampling merupakan= teknik pengambilan sampel yang dilakukan untuk suatu penelitian (Sugiono, 2018) Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah teknik non-probabi= lity sampel merupakan teknik pengambulan sampel yang tidak memberikan peluang atau kesempatan yang sama bagi setiap anggota populasi untuk dijadikan sampel.

Sedangkan metode pengambilan sampel yang akan digunakan  oleh p= eneliti adalah metode snowb= all sampling. Snowball sampling merupakan teknik yang mula-mula jumlahnya kecil, kemudian membesar

   &nb= sp;       

Hasil dan Pembahasan=

A. Analsis Deskriptif Karakteristik Responden

Teknis analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis secara deskriptif variabl= e penelitian yang digunakan= . pada penelitiaan ini pada saat penyebaran koesioner peneliti mendapatkan 134 responden= , namun hanya ada 121 renponden yang digunak= an atau valid.

1. Usia=

Berdas= arkan hasil= table dapat disimpulkam bahwa 6 dari 121 responden berusia kurang dari 20 tahun dengan presentase sebesar 6,7%, 89 responden= berusia 20 hingga 30 tahun dengan presentase sebesar 71,6% dan 26 respo= nden berusia lebih dari 30 tahun keatas dengan presentase <= span class=3DSpellE>sebesar 21,6. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Gofood memiliki rata-rata konsumen yang se= gmentasinya berkisaran pada usia 20 hungga 30 tahun.

2. Jenis kelamin

Berdas= arkan data = diatas dapat disimpukan bahwa kebanyakan pelnggan pengguna Gofood berjenis kelamin perempuan yaitu sebesar 78 dengan presentase sebesar 63,4% , sedangkan pelanggan yang = berjenis kelamin laki-laki berjumlah 43 dengan presentase 36,6%. =

3. Pendidikan

Berdas= arkan data di dapat disimpulkan bahwa <= span class=3DSpellE>pelanggan pengguna Gojek yang berpendidikan = SMA sebanyak 35 responden dengan presentase sebesar 31,3%, D3 12 respondedn<= /span> dengan presentase sebesar 9%, Mahasiswa S1 = sebanyak 63 responden dengan presentase 51,5% d= an mahasiswa S2 11 responden= dengan presentase nilai sebesar 8,2%. =

d. Domisili

Berdas= arkan data di dapat disimpulkan bahwa <= span class=3DSpellE>pelanggan pengguna Gofood yang berdomisili d= i Kota Bandung sebanyak 71 respon= den dengan presentase <= span class=3DSpellE>sebesar 59,7%, Kabupaten = Bandung 18 respondedn dengan presentase sebesar 16,4%,= Kab. Bandung Barat sebanyak 19 responden dengan presentase 14,2% dan Kota Cimahi= 13 responden dengan= presentase nilai sebesar 9,7%.

 

B. Analisis Deskriptif Variabel

1. Analisis Deskriptif tentang Kualitas pelayanan pelanggan Gofood

Peneli= tian ini menggunakan variable Kualitas pelayanan, Harga dan Minat Beli = ulang sebagai variable dan teori= dasar untuk menguji permasalah yang timbul dari variable-variabel tersebut. Pembahasan pada= sub bab ini akan membahas mengenai <= span class=3DSpellE>kualitas pelayanan yang <= span class=3DSpellE>didapatkan oleh peneliti = pada hasil penyebaran koesioner yang telah dilakukan oleh peneliti d= i kota Bandung.

Kualit= as pelay= anan yang dilakukan oleh Goofoo= d masuk kedalam kategori Sangat Setuju, <= span class=3DSpellE>dimana respondek-responden didalam penelitian ini yaitu konsumen pengguna Gofood yan= g telah memberikan jawaban positif didalam pertanyaan mengenai kualitas pelayanan Gofood. Dari da= ta rekapitulasi variable kualitas pelayanan menjelaskan bahwa Gofood yang memprioritaskan keselamatan pesanan menjadi factor penunjang bagi konsumen. 

Dari data rekapitulasi variable kualitas pelayana= n menjelaskan bahwa D= river tanggap dalam memberitau ada perbedaan pemesanan menjadi factor = penghambat bagi konsumen. Data ini menunjukan bahwa Driver y= ang tanggap menjadi data skor paling rendah.<= /o:p>

2. Analisis Deskriptif tentang Harga pelanggan Gofood.

Harga yang dilakukan oleh Goofood masuk = kedalam kategori Setuju dimana respondek-responden didalam penelitian = ini yaitu konsumen pengguna Gofood yan= g telah memberikan jawaban positif didalam pertanyaan mengenai Harga Gofood. Da= ri table rekapitulasi variable Harga menjelaskan bahwa Harga yang ditawarka= n jasa Gofood sesuai dengan layanan ini menjadi factor = penunjang bagi konsumen. Dari table rekapitulas= i variable Harga menjelaskan bahwa Harga yang ditawarkan Gofo= od bervariasi menjadi = factor penghambat bagi konsumen. Data ini menunjukan bahwa Harga ya= ng ditawarkan Gofood bervariasi menjadi data <= span class=3DSpellE>skor paling rendah. =

3. Analisis Deskriptif tentang Minat beli ulang pelanggan Gofood

Pembah= asan pada sub bab ini akan membahas mengenai Minat <= span class=3DSpellE>beli ulang yang didapatkan oleh peneliti = pada hasil penyebaran koesioner yang telah dilakukan oleh peneliti d= i kota Bandung. Minat beli = ulang yang dilakukan oleh= Goofood masuk kedalam kategori Setuju dimana respondek-responden didalam penelitian ini yaitu konsumen pengguna Gofood yan= g telah memberikan jawaban positif didalam pertanyaan mengenai Minat beli ulang Gofood. =

Dari data rekapitulasi variable Minat beli ulang<= /span> menjelaskan bahwa Saya lebih suka memilih menggunakan Gofood = dibandinglayanan lainnya = ini menjadi factor penunjang bagi konsumen. Dari hasil rekapitulasi variable Minat beli= ulang menjelaskan bahwa Saya berniat untuk mengunakan kembali Gofood menjadi factor penghambat= bagi konsumen. Data ini menunjukan bahwa Minat beli ulang yang ditawarkan Gofood bervariasi menjadi data skor paling = rendah.

4. Rekapitulasi nilai total Kualitas pelayanan, Harga dan Minat beli<= /span> ulang

Pembah= asan pada sub bab ini akan membahas mengenai nilai total Kualitas, Hargs dan Minat beli ulang yang didapatkan ole= h peneliti pada hasil penyebaran koesioner yang= telah dilakukan oleh peneliti di kota Bandung.=

Table 1 Rekapit= ulasi total nilai

No=

Variabl= e

Skor

1

Kualita= s pelayanan

3.= 919

2

Harga

4.= 477

3

Minat beli ulang

1.514

Sumber: Hasil Olah Kuesioner Desember 2022

 

C. Uji Validitas

Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik = korelasi product moment pearson<= /span> dengan menggunakan progra= m SPSS. Suatu kuesioner dikatakan valid jika rhitungrtabel. P= ada uji validitas ini diketahui bahwa n adalah 121 = dan α=3D 5%, maka 121- 2=3D 119. Setiap item pernyataan dikatakan<= /span> valid jika lebih besar dari 0,150 Dari hasil penghitungan pengujian validitas masin= g-masing item pertanyaan diperoleh<= /span> hasil sebagai berikut:

1. Kualitas Pelayanan

Berdas= arkan tabel= di atas, dapat diketahui bahwa hampir semua skor untuk nilai r hitung keseluruhan indikator yang diujikan <= span class=3DSpellE>bernilai positif dan lebih besar dari r tabel (0,150. Maka dapat= diambil kesimpulan bahwa pada pernyataan yan= g diajukan kepada responden berdasarkan dat= a diatas, keseluruhan indikator yang digunakan = dalam penelitian ini bahwa seluruh koesioner dinyatakan lolos.

2. Variabel Harga

Berdas= arkan tabel= di atas, dapat diketahui bahwa hampir semua skor untuk nilai r hitung keseluruhan indikator yang diujikan <= span class=3DSpellE>bernilai positif dan lebih besar dari r tabel (0,150. Maka dapat= diambil kesimpulan bahwa pada pernyataan yan= g diajukan kepada responden berdasarkan dat= a diatas, keseluruhan indikator yang digunakan = dalam penelitian ini bahwa seluruh koesioner dinyatakan lolos.

3. Variabel Minat Beli ulang

Berdas= arkan tabel= di atas, dapat diketahui bahwa hampir semua skor untuk nilai r hitung keseluruhan indikator yang diujikan <= span class=3DSpellE>bernilai positif dan lebih besar dari r tabel (0,150). Maka dapa= t diambil kesimpulan = bahwa pada pernyataan yan= g diajukan kepada responden berdasarkan dat= a diatas, keseluruhan indikator yang digunakan = dalam penelitian ini bahwa seluruh koesioner dinyatakan lolos.

 

D. Uji Reabilitas

Uji re= liabilitas digunakan untuk mengukur suatu kuesioner yang merupakan = indikator dari variabel. Suatu kuesioner dinyatakan reliabel atau handal jika jawaban seseorang terhadap pernyataan adalah konsisten atau stabil dari waktu ke waktu. Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan = uji statistic Cronbach Alpha lebih dari 0,60 (α > 0,60). Dari Hasil Uji Reabilitas menunjukkan bahwa masing-= masing variabel memiliki Cronboach Alpha lebih dari 0,60 (α > 0,60). De= ngan demikian variabel X= dan Y dapat dikatakan reliabel.

 

E. Uji Asumsi Klasik =

1. Uji Normalitas

Uji No= rmalitas bertujuan untuk menguji apakah dalam model regresi, vari= able pengganggu atau residual = memiliki distribusi norma= l. Hasil pengujian normalitas dengan menggunakan uji statistik One-Sample Kolmo gorov-Smirnov Test dengan= analisis SPSS versi 25.0.= Berdasarkan Uji Asumsi Klasik normalitas dapat dilihat bahwa nilai signifikasi (= Asymp Sig 2-tailed) adalah 0.07 (0.07 > 0.05), Maka Ha diterima= .Jadi dapat disimpulkan <= span class=3DSpellE>bahwa distribusi data diatas menunjukkan terdistribusi normal dan H0 : data tidak terdistribusi normal ditol= ak.

2. Uji Multikolineritas

Uji Mu= ltikolineritas bertujuan untuk mengetahui apakah terjadinya interkorelasi = atau hubungan yang kuat antara variable independen atau Variabel bebas dalam suatu model regresi. Berdasarkan kriteria pengujian dalam uji multikolineritas dengan menggunakan cara yang akurat biasanya dilakukan dengan melihat nilai tolerance (t) dan nilai VIP pada hasil uji SPSS, Krite= ria hasil pada pengambilan keputusan di asumsikan melalui pandua sebagai berikut: nilai VIF > 10,00 dan nilai Tolerance < 0,10.

Dari h= asil pengujian multikolinearita= s diketahui nilai tol= erance lebih besar dari 0,1 (0,07 < 0,1) yang berarti variabel independen (kualitas pelayanan dan Harga) terjadi multikolonieritas antar <= span class=3DSpellE>variabel independen yang = nilainya 95%, dan begitu = pula pada hasil perhitungan VIF untuk variabel kualitas pelayanan dan harga Go food dan preferensi konsumen lebih besar dari 10 (150,535 &g= t; 10). Jadi dapat disimpulkan adanya multikolonieritas = antar variabel independen dalam model regresi penelitian ini.

 

 

3. Uji Heteroskedastisitas

Uji He= teroskedastisitas bertujuan untuk menguji apakah dalam model regresi terjadi katidaksamaan var= iant dari residual. Beberapa <= span class=3DSpellE>cara untuk mendektesi ada atau tidaknya heteroskedasitas= adalah salah satunya dengan melihat grafik plot sebagaimana <= span class=3DSpellE>berikut, dengan dasar analisis: 1) Jika <= span class=3DSpellE>ada pola tertentu, seperti titik-titik= yang ada memben uk pola tertentu yang = teratur (bergelombang, melebar kemudian menyempit), maka mengindikasikan telah terjadi heteroske dastisitas. 2) Jika tidak= ada pola yang jelas, serta titik-titik <= span class=3DSpellE>menyebar diatas dan dibawah angka 0 pada sumbu Y, maka tidak terjadi heteros kedastisita.

4. Uji Regresi Linear Berganda

Berdasarkan hasil= Uji Regresi Linier Berganda diperoleh dari analisis regresi maka dapat disusun persamaan regresi l= inier sebagai berikut:

 

Y =3D a + b1 X1 + b2X2=

Y =3D 4.417 + 0,440 + (-0,1= 95)

 

Nilai konstanta a sebesar 4.417= berarti bahwa tidak ada penurunan antara kualitas pelayanan, harga maka minat beli ulang sebesar 4.417= .

1. Koe= fisien regresi harga (X1) = sebesar 0,440. Artinya jika variable independen = lainya tetap maka dan kualitas pelayanan mengalami peningkatan sebesar 0,440. Koefisien = bernilai positif artinya terjadi hubungan positif antara kualitas pelayanan dengan minat beli ulang, semakin baik kualitas pelayanan maka semakin meningkat minat beli ulang pelanggan.

2. Koe= fisien regresi harga (X2) = sebesar -0,195. Artinya <= span class=3DSpellE>jika variable independen = lainya tetap maka harga mengalami penurunan sebesar -0,195.= Koefisien bernilai negati= ve artinya terjadi hubungan negative antara = Harga dengan minat beli ulang.

 

F. Uji Hipotesis 

1. Uji t<= o:p>

Uji t digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel independen secara parsial terhadap variabel dependen, kualitas pelayanan dan harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang pada pengguna Gofood apakah ada pengaruhnya atau tidak.

Jika t hitung > t tabel pada α =3D 0,05%, maka H0 ditolak dan Ha diterima= dan jika t hitung &= lt; t tabel pada α =3D 0,05 %, ma= ka H0 diterima dan Ha ditolak= .

1. Hasil Pengujian Hipotesis pada variabel Kualitas pelayanan (x1), = diperoleh nilai t hitung =3D 1,315 < t tabel =3D 1,980 maka dapat disimpulkan bahwa H01 diterima dan Ha1 ditolak.= Artinya variabel kualitas pelayanan secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Minat beli ulang.

2. Hasil Pengujian Hipotesis pada variabel Harga (X2), diperoleh nila= i t hitung =3D -0,624 < t tabel =3D 1.980. maka dapat disimpulkan bahwa H02 diterima dan Ha2 ditolak.= Artinya variabel Harga secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen.

2. Uji F<= o:p>

Uji F = digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel independen secara simultan terhadap variabel dependen, apakah pengaruhnya signifikan atau tidak. Hasil uji pengaruh= variabel kualitas pelayanan dan harga, secara bersama-sama terhadap minat beli ulang. Berdasarkan tabel V.12 diatas <= span class=3DSpellE>diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00= 0 dengan nilai F 36,315 yan= g artinya nilai probabilitas (Sig.) (0,000) < 0,05 dan nilai F hitung > F table, 36,315 > 3,07 Artinya kualitas pelayanan = dan Harga berpengaruh signifik= an terhadap minat beli ulang pelanggan pengguna Gofood.

3. Koefisien Determinasi

Hasil tabel dari analisis data yang diperoleh, dapat= dilihat sebagaimana berikut:

R2 =3D 0.381

KD =3D 0,381 x 100%

=3D 38%

Hasil hitung di atas menunjukkan bahwa variabel independen yaitu kualitas pelayanan dan harga hanya mampu menjelaskan variabel dependen <= span class=3DSpellE>sebesar 38% dan sisanya <= span class=3DSpellE>dijelaskan oleh variabel = lainya yang tidak dimasukkan dalam model regresi.

 

Pembahasan

Hasil = dari Uji Parsial t ditemukan bahwa tidak terjadi ke signifikasian antara Kualitas pelayanan terhadap Minat = beli ulang Pelanggan Gofood. Hal ini terbukti karena nilai t hitung =3D 1,315 = < t tabel =3D 1,980 maka dapat disimpulkan bahwa H01 diterima dan Ha= 1 ditolak. Artinya variabel kualitas pelayanan secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan <= span class=3DSpellE>terhadap Minat beli ulang. Dari hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan tidak ada hubungan posotif dan tidak signifikasi dengan minat beli ulang Gofood.<= /o:p>

Hasil = dari Uji Parsial t ditemukan bahwa tidak terjadi ke signifikasian antara Harga terhadap Min= at beli ulang Pelanggan Gofood. nilai t hitung =3D -0,195 < t tabel =3D 1.980. maka dapat <= span class=3DSpellE>disimpulkan bahwa H02 diterima dan Ha2 ditolak.= Artinya variabel Harga secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dari hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa variabel Harg= a ada tidak hubungan posotif dan tidak <= span class=3DSpellE>signifikasi dengan minat beli ulang pelanggan Gofood. D= ari hipotesis uji parsial di = atas dapat disimpulkan bahwa variable kualitas pelaynaan dan harga tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang.

Dari h= ipotesis uji parsial di atas= dapat disimpulkan bahwa variable kualitas <= span class=3DSpellE>pelayanan dan harga tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang: 1) Dari variable kualitas = pelayanan menjelaskan bahwa <= span class=3DSpellE>Gofood yang memprioritaskan keselamatan pesanan menjadi factor penunjang = bagi konsumen. 2) Dari va= riable Harga menjelaskan bahwa Harga yang ditawarkan jasa= Gofood sesuai dengan layanan ini menjadi factor penunjang = bagi konsumen. 3) Dari va= riable Minat beli ulang menjelaskan bahwa Saya lebih suka memilih menggunakan Gofood = dibandinglayanan lainnya = ini menjadi factor penunjang bagi konsumen.

Selain itu terdapat pula yang menjadi= faktor penghambat dari masing- masing variabel yang diteliti, faktor penghambat tersebut adalah: 1) Dari variable kualita= s pelayanan menjelaskan bahwa Driver tanggap dalam memberitau ada perbedaan pemesanan menjadi factor penghambat<= /span> bagi konsumen. Data ini menunjukan bahwa Driver yang tanggap= menjadi data skor paling = rendah. 2) Dari variable Harga m= enjelaskan bahwa Harga yang ditawarka= n Gofood bervariasi <= span class=3DSpellE>menjadi factor penghambat= bagi konsumen. Data ini menunjukan bahwa Harga yang ditawarkan Gofood bervariasi menjadi data skor paling = rendah. 3) Dari variable Minat b= eli ulang menjelaskan <= span class=3DSpellE>bahwa Saya berniat untuk mengunakan kembali Gofood menjadi factor penghambat= bagi konsumen. Data ini menunjukan bahwa Minat beli ulang yang ditawarkan Gofood bervariasi menjadi data skor paling = rendah.

Hasil = dari Uji Simultan F ditemukan bahwa Kualitas pelayanan dan Harga mempunyai pengaruh yang signifikan = terhadap Minat beli ulang pelanggan Gofood. Dari hasil perhitungan nilai signifikansi sebesar 0,00= 0 dengan nilai F 36,315 yan= g artinya nilai probabilitas (Sig.) (0,000) < 0,05 dan nilai F hitung > F table, 36,315 > 3,07 Artinya kualitas pelayanan(= X1) dan Harga(X2) berpengaruh sign= ifikan terhadap minat beli ulang(Y) pelanggan pengguna Gofood.

Pada h= asil uji Hipotesis untuk= mendapatkan minat beli ulang pada pelanggan pengguna GOFOOD= harus di dukung oleh kedua variable kualitas <= span class=3DSpellE>pelayanan dan Harga yang artinya= Minat beli ulang bisa terjadi apabila kedua variable tersebut berdampingan. Secara bersama sama pada pengujian variable ini signifikan tapi secara sendiri sendiri atau pada pengaruh minat beli ulang pelanggan tidak hanya bisa mengandalkan satu variable saja.<= /o:p>

Hasil = hitung uji koefisien determinasi<= /span> menunjukkan bahwa variabel independen yaitu kualitas pelayanan dan harga hanya mampu menjelaskan variabel dependen <= span class=3DSpellE>sebesar 38% dan sisanya <= span class=3DSpellE>dijelaskan oleh variabel = lainya yang tidak dimasukkan dalam model regresi.

 

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian, maka kesim= pulan penelitian ini sebagai berikut:  a) Persepsi pelanggan kualitas pelayanan tidak berpengaruh secara parsial terhadap minat beli ulang. b) persepsi pelanggan pada Harga tidak berpengaruh secara parsial terhadap minat beli ulang. c) Pada hasil uji hipotesis Stimulan bahwa Kualitas pelayanan dan Haraga berpengaruh terhadap Minat beli ulang.= d) Pada hasil uji Hipotesis untuk mendapatkan minat beli ulang pada pelanggan pengguna GOFOOD harus di dukung oleh kedua variable kualitas pelayanan dan Harga yang artinya Minat beli ulang bisa terjadi apabila kedua variable tersebut berdampingan. Secara bersama sama p= ada pengujian variable ini signifikan tapi secara sendiri sendiri atau pada pengaruh minat beli ulang pelanggan tidak hanya bisa mengandalkan satu vari= able saja.

 

 <= w:sdtPr>

&nbs= p;

BIBLIOGRAFI

Amirullah. (2015). Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

 

Amstrong, & Kotler. (2016). Prinsip-prinsip Marketing. Jakarta: selemba empat.

 

Andreani, s. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Minat Beli Ulang melalui Kepuasan GENERASI Z.pdf.

 

Buchari, A. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung.

 

Ferdinand. (2002). Metode Penelitian Manajemen : Pedoman peneliti= an untuk. Semarang: Universitas Diponegoro.

 

Gozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program = IBM SPSS. semarang: universitas diponogoro.

 

Hamdani, L. (2004). Manajemen pemasaran jasa. jakarta : selem= ba empat.

 

Handoko, & Hani. (2013). Manajemen.

 

Hengky Latan, S. T. (2013). Analisis Multivariate Teknik dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

 

Imam, G. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. semarang: Universitas Diponegoro.

 

Keller, & Kotler. (2014). Manajemen Pemasaran. jakarta: Erlangga.

 

Kerlinger, F. N., & Lee, H. B. (2000). Foundations of Behavio= ral Research. Florida: Harcourt Inc.

 

Kotler, & Amstrong. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. jakart= a: Prenhalindo.

 

Kotler, & Keller. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

 

Kotler, p. (1997). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prentice Hal= l.

 

Kotler, p. (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen. jakarta: Prenhalindo.

 

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran. Teori dan Aplikasi Pemasar= an Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: Alfabeta.

 

Malayu, H. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bu= mi Aksara.

 

Masrukhin. (2008). Statistik Inferensial aplikasi program spss. Kudus: Media ilmu press.

 

Nadhifa Salsabila, a., Saidani, B., & Kresnamukti Rivai P, a. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Minat Beli Ulang melalui Kepuasan . Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan.

 

Priyatno, D. (2013). Analisis Korelasi, Regresi dan Multivariate Dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

 

Salsabila, N. ,., Saidani, B., & Rivai P, K. (2022). Bisnis, Manajemen, dan Keuangan.

 

Sugiono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

 

Sugiono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 

Sugiono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

 

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

 

Sujarweni, & Endarto. (2012). Statistika untuk Penelitian. Yogyakarta.

 

Tjiptono, F. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: andi.

 

Tjiptono, F., & Candra, G. (2005). Service, Quality, and Satisfaction. Yogyakarta.

 

Uma, S. (2014). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba empat .

 

Umar, H. (2000). Riset Pemasaran Dan Penilaian Konsumen. Jakarta.= Jakarta: PT Gramedia.

 

Umar, H. (2003). Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. jakarta: Ghalia indonesia.

 

Winarno. (2015). Analisis Ekonometrika dan statistik dengan Eview= s. Yogyakarta: UPP SKIM YKPN.

 

Copyright hol= der:

Nurul Hovipah, Gina Apryani Nurunnisha (2023)

 

First publica= tion right:

Syntax Lit= erate: Jurnal Ilmiah Indonesia

 

This article = is licensed under:

 

 

 

------=_NextPart_01DA2F43.2AA28820 Content-Location: file:///C:/23165961/TemplateJSL6467-6480NurulHovipah,GinaApryaniNurunnisha_files/item0001.xml Content-Transfer-Encoding: quoted-printable Content-Type: text/xml Mal10JournalArticle{2207F8C8-1DA4-4511-B1B8-7568E1204CA1}MalhotraN.K.,Birks D. F. & Wills, P.Marketing research: an applied approach .201042Neu14Book{75A19A35-51= 99-4903-B369-44B43E04758E}NeumanW.Lawrence= Social Research Meth= ods: Qualitatif and Quantitative Approaches. 7th Edition2= 014Pearson Education Ltd.41= sug17Book{D989EC66-1CA4-4E3C-81CC-EDBD898A53EE}sugiyonoMetode Penelitian Kuantitatif Kualit= atif dan R&D2017BandungALFABETA39Kot12Book{0BC7F4BD-= 5A4B-408C-9F5C-F77F98BC11B5}Marketing Management2012Upper Saddle RiverPrent= ice HallKot= ler P.Keller= 1Mal16Book{7FCCB9F7-D65B-488A-9786-1512B2= 678151}MalayuHasibuanManajemen Sumber Daya Manusia2016JakartaBumi Aksara2Ami15Book{08338C72-98C9-43A8-AB92-7FC1F9D5FC7F}= AmirullahPengantar Manajemen.2015 JakartaMitra Wacana Media4Sug19Book{FA45FBAC-628A-4AEA-91C9-4562F93A= 6A90}SugionoMetode Peneliti= an Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.2019BandungAlphabet21Sug17Book{6FBD564B-F33F-486E-8239-723CAB992374}SugionoMetode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, = dan R&D2017BandungAlfabeta, CV22Sug18Book{0EAC5CE1-5= AA9-494F-B5BA-FDC84585EAB9}SugionoMetode Penelitian Kuantitatif2018= BandungAlfabeta23Sug09Book{D88E4741-591A-4431-A119-619E1CB9797E}SugionoMetode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R= &D2009BandungA= lfabeta24Ker00Book{0015521D-B478-4A4A-= AC51-303DDD2BBD62}KerlingerFredN.LeeHowardB.Foundations of = Behavioral Research2000Florida<= b:Publisher>Harcourt Inc25Sug181Book{7= FEBE561-3F37-403A-A9F2-2B92D331EDB2}SugionoMetode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods)2018BandungAlfabeta<= b:RefOrder>26And21JournalArticle{2EB437C1-28B4-48EA-AE6C-E532C93= 0C798}AndreanisalmaPengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Minat Beli Ulang = melalui Kepuasan GENERASI Z.pdf20211= 6Nad22Journa= lArticle{B5295035-164A-4F12-AB60-B8F9D301E9E1}Nadhifa SalsabilaauraSaidaniBasrahKresnamukti Rivai Pagung<= b:Title>Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Minat Beli Ulang mel= alui Kepuasan Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuang= an202232Sal22JournalArticle= {AFAD50AF-C02B-4C4C-8286-84C5EB56BC21}= SalsabilaNadhifa<= b:Middle>,AuraSaidaniBasrahRivai PK= resnamukti,AgungBisnis, Manajemen, dan Keuangan202217Han13Book{AB3453EE-B583-430E-985A-441543F76C2= C}Manajemen2013HandokoHani33Buc14Book= {50A282B7-CC8C-40DB-A96F-E71591A4C55E}BuchariAlma<= /b:First>Manajemen P= emasaran dan Pemasaran Jasa2014Bandung1Sug091= Book{E57F67BC-5D9A-4345-A59B-39023EF9C= A94}SugionoMetode Penelitia= n Kuantitatif, Kualitatif dan R&D2009BandungAlfabeta34Uma14Book{368A8843-D6E0-4599-93E8-49B54FD5D727}UmaSekaranMetodologi Penelitian Un= tuk Bisnis2014JakartaSalemba empat 35Sug15Book{B3254B3A-= 8898-4100-A046-6D41C3A81774}Sugiono<= b:Title>Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D2015BandungAlfabeta27Ams16Book{F47D0795-B1AA-46AF-A59B-2FAE71303248}<= /b:Guid>Amstrong= KotlerPrinsip-prinsip Marketing2016Jakartaselemba empat3Mal17= Book{88B6635B-BC5C-4484-A461-7827252AC047}<= b:Author>MalauHar= manManajem= en Pemasaran. Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Moder= nisasi Global2017BandungAlfabeta5= Kel14Book{B8761C8D-6AF3= -4AC0-B827-D0CFF8453771}= KellerKotlerManajemen Pemasaran2014jakartaErlangga36Kot14<= b:SourceType>Book{61A01F7B-2332-4CCD-868F-2BB06C1821= 19}KotlerKellerManajemen Pemasaran2014JakartaErlangga7Kot141Book{54040BB8-1520-4A44-96DC-37795AB9358A}KotlerAmstrongManajemen Pemasaran.2014jakartaerlangga6Ham04Book= {367ADB93-2589-49DA-9421-95611E655135}HamdaniLupoyoadiManajemen pemasaran jasa2004jakarta selemba emp= at10Uma0= 3Book{228C7846-417B-43BE-9D1C-= 4B7B4289607E}Uma= rHusein Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa2003jakartaGhalia indonesia<= b:RefOrder>11Sug12Book{8866D6FA-35DF-44C2-9B1B-A52ACC3C3B2B}SugionoMemahami Penelitian Kual= itatif2012BandungA= lfabeta20Suj12Book{B3437945-39C1-4D36-= B43E-580078FF7D1E}SujarweniEndartoStatistika untuk Penelitian2012Yogyakarta28Win15Book{3CBB4D42-1AAE-426B-B268-7BE70A19C1E9}WinarnoAnalisis Ekonometrika dan statistik dengan = Eviews2015YogyakartaUPP SKIM YKPN37Ima18Book{406A51AB-AB= 03-4707-8396-2E7B413A569B}ImamGozaliAplikasi Analisis Multivariate dengan Program I= BM SPSS2018semarangUniversitas Diponegoro38= Goz18Book{A63= DC2AB-6AD1-410F-82E5-A89906AA6CD6}= GozaliImamAplikasi Analisis Multivariate dengan P= rogram IBM SPSS2018semaranguniversitas diponogoro30Placeholder1Book{46075C4E-CD53-46D8-9F01-728EC6AE4C4B}KotlerAmstrongD= asar-Dasar Pemasaran2012jakarta= Prenhalindo.8Mas08Book{D0= 814038-6679-4762-9F7D-07FE6722D429}MasrukhinStatistik Inferensial aplikasi program spss2008KudusMedia ilmu press39Hen13<= b:SourceType>Book{BF8548BA-B1DD-4997-9BA8-6C9DA65A8C= 2E}Hengky Latan<= /b:Last>SelvaTemalagiAnalisis Multivariate Teknik dan A= plikasi2013Bandung= Alfabeta29Sug13Book{FEEA0A28-D8B2-4855= -92BF-1E1ED755F5F2}Sugiono = Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D= 2013Bandung ALFABETA40Duw13Book{45873B3A-0444-4D26-AB05-72F735FEA358}PriyatnoDuwiA= nalisis Korelasi, Regresi dan Multivariate Dengan SPSS201= 3YogyakartaGava Media<= b:RefOrder>31Kot97Book{83737191-2B94-4E1C-9A53-09042B20590D}Kotlerphilip= Manajemen Pemasaran1997Jakarta<= b:Publisher>Prentice Hall13Kot00Book{E= 44EB0BA-91F6-4C5E-AEDD-863FE8D6B22B}KotlerphilipPrinsip – Prinsip Pemasaran Manaj= emen2000jakartaPre= nhalindo14Tji05Book{75FA1995-BBF0-45E7= -A17D-FA177EA84CC4}TjiptonoFandyCa= ndraGregoriusService, Quality, and Satisfaction20= 05Yogyakarta15Tji02Book{AD= 41DBE5-4957-4212-AF19-7B9022319549}TjiptonoFandyStrategi Pemasaran2002Yogyakartaandi41Uma00Book{64F88E94-19DF-43E1-B9E8-BCD4F35DF60A}Umar= HuseinRise= t Pemasaran Dan Penilaian Konsumen. Jakarta2000<= b:City>JakartaPT Gramedia9<= /b:RefOrder>Fer02Book{A223EBA0-5641-4E1A-8549-340C1E8053FA}FerdinandMetode Penelitian Manajemen : Pedoma= n penelitian untuk2002Semarang<= b:Publisher>Universitas Diponegoro18= Sug05Book<= b:Guid>{E41B5CB1-2E0A-474E-950B-1CCB23B44316}<= b:NameList>SugionoMemahami Penelitian Kualitatif20= 05BandungCV. Alfabeta<= b:RefOrder>19Sug04Book{3ED6A766-955D-4EBE-B320-47B98DDFD449}Sugionostatistik untuk peneliti= an2004Bandungalfab= eta42Fan= 17Book{07B31638-B6A4-42F5-B9DE= -5D725E4A1E21}Fa= ndyTjiptono<= /b:Author> Manajemen Pemasaran Jasa2017= JakartaPT Indeks Kelompok Gramedia,12 ------=_NextPart_01DA2F43.2AA28820 Content-Location: file:///C:/23165961/TemplateJSL6467-6480NurulHovipah,GinaApryaniNurunnisha_files/props002.xml Content-Transfer-Encoding: quoted-printable Content-Type: text/xml ------=_NextPart_01DA2F43.2AA28820 Content-Location: file:///C:/23165961/TemplateJSL6467-6480NurulHovipah,GinaApryaniNurunnisha_files/item0003.xml Content-Transfer-Encoding: quoted-printable Content-Type: text/xml AMUW2mXrDu1qAD= yMIOfozXknpmTK+KWcV8kZzy2x7RcGDQ+t6vTnbkvLJaCpcMNaMrxi5FzoL8i3KoPzhqgPopVEU= vGLrh4J9p4MrpTQH7pa8qJ4mD1Vu5c=3D ------=_NextPart_01DA2F43.2AA28820 Content-Location: file:///C:/23165961/TemplateJSL6467-6480NurulHovipah,GinaApryaniNurunnisha_files/props004.xml Content-Transfer-Encoding: quoted-printable Content-Type: text/xml ------=_NextPart_01DA2F43.2AA28820 Content-Location: file:///C:/23165961/TemplateJSL6467-6480NurulHovipah,GinaApryaniNurunnisha_files/themedata.thmx Content-Transfer-Encoding: base64 Content-Type: application/vnd.ms-officetheme UEsDBBQABgAIAAAAIQDp3g+//wAAABwCAAATAAAAW0NvbnRlbnRfVHlwZXNdLnhtbKyRy07DMBBF 90j8g+UtSpyyQAgl6YLHjseifMDImSQWydiyp1X790zSVEKoIBZsLNkz954743K9Hwe1w5icp0qv 8kIrJOsbR12l3zdP2a1WiYEaGDxhpQ+Y9Lq+vCg3h4BJiZpSpXvmcGdMsj2OkHIfkKTS+jgCyzV2 JoD9gA7NdVHcGOuJkTjjyUPX5QO2sB1YPe7l+Zgk4pC0uj82TqxKQwiDs8CS1Oyo+UbJFkIuyrkn 9S6kK4mhzVnCVPkZsOheZTXRNajeIPILjBLDsAyJX89nIBkt5r87nons29ZZbLzdjrKOfDZezE7B /xRg9T/oE9PMf1t/AgAA//8DAFBLAwQUAAYACAAAACEApdan58AAAAA2AQAACwAAAF9yZWxzLy5y ZWxzhI/PasMwDIfvhb2D0X1R0sMYJXYvpZBDL6N9AOEof2giG9sb69tPxwYKuwiEpO/3qT3+rov5 4ZTnIBaaqgbD4kM/y2jhdj2/f4LJhaSnJQhbeHCGo3vbtV+8UNGjPM0xG6VItjCVEg+I2U+8Uq5C ZNHJENJKRds0YiR/p5FxX9cfmJ4Z4DZM0/UWUtc3YK6PqMn/s8MwzJ5PwX+vLOVFBG43lExp5GKh qC/jU72QqGWq1B7Qtbj51v0BAAD//wMAUEsDBBQABgAIAAAAIQBreZYWgwAAAIoAAAAcAAAAdGhl bWUvdGhlbWUvdGhlbWVNYW5hZ2VyLnhtbAzMTQrDIBBA4X2hd5DZN2O7KEVissuuu/YAQ5waQceg 0p/b1+XjgzfO3xTVm0sNWSycBw2KZc0uiLfwfCynG6jaSBzFLGzhxxXm6XgYybSNE99JyHNRfSPV kIWttd0g1rUr1SHvLN1euSRqPYtHV+jT9yniResrJgoCOP0BAAD//wMAUEsDBBQABgAIAAAAIQAh WqKEIQcAANsdAAAWAAAAdGhlbWUvdGhlbWUvdGhlbWUxLnhtbOxZT28bRRS/I/EdRnsvsRMnTaI6 VezYDbRpo9gt6nG8O/ZOM7uzmhkn8Q21RyQkREEcqMSNAwIqtRKX8mkCRVCkfgXezOyud+Jxk5QA FTSH1jv7e2/e+70/82evXD1KGDogQlKeNoP6e7UAkTTkEU1HzeB2v3tpNUBS4TTCjKekGUyIDK5u vPvOFbyuYpIQBPKpXMfNIFYqW19YkCEMY/kez0gK74ZcJFjBoxgtRAIfgt6ELSzWaisLCaZpgFKc gNpbwyENCeprlcFGobzD4DFVUg+ETPS0auJIGGy0X9cIOZFtJtABZs0A5on4YZ8cqQAxLBW8aAY1 8xcsbFxZwOu5EFNzZCtyXfOXy+UC0f6imVOMBuWk9W5j7fJWqd8AmJrFdTqddqde6jMAHIbgqbWl qrPRXa23Cp0VkP05q7tdW641XHxF/9KMzWutVmt5LbfFKjUg+7Mxg1+trTQ2Fx28AVn88gy+0dps t1ccvAFZ/MoMvnt5baXh4g0oZjTdn0HrgHa7ufYSMuRs2wtfBfhqLYdPUZANZXbpKYY8VfNyLcH3 uOgCQAMZVjRFapKRIQ4hi9uY0YGgegK8TnDljR0K5cyQngvJUNBMNYMPMgwVMdX38tl3L589Qcf3 nx7f//H4wYPj+z9YRY7UNk5HVakX33z6x6OP0O9Pvn7x8HM/Xlbxv3z/8c8/feYHQvlMzXn+xeNf nz5+/uUnv3370APfFHhQhfdpQiS6SQ7RHk/AMcOKazkZiPNJ9GNMqxKb6UjiFOtZPPo7KnbQNyeY YQ+uRVwG7whoHz7gtfE9x+BeLMYqj7fj2fU4cYA7nLMWF14Wruu5KjT3x+nIP7kYV3F7GB/45m7j 1IlvZ5xB36Q+le2YOGbuMpwqPCIpUUi/4/uEePi6S6nD6w4NBZd8qNBdilqYeinp04GTTVOhbZpA XCY+AyHeDjc7d1CLM5/XW+TARUJVYOYxvk+YQ+M1PFY48ans44RVCb+BVewzsjcRYRXXkQoiPSKM o05EpPTJ3BLgbyXo16F1+MO+wyaJixSK7vt03sCcV5FbfL8d4yTzYXs0javY9+U+pChGu1z54Dvc rRD9DHHA6dxw36HECffp3eA2HTkmTRNEvxkLTyyvEe7kb2/ChpiYVgNN3enVCU1f1bgT6Nu54xfX uKFVPv/qkcfuN7VlbwIJvprZPtGo5+FOtuc2FxF987vzFh6nuwQKYnaJetuc3zbn4D/fnOfV88W3 5GkXhgatt0x2o2223cncXfeQMtZTE0ZuSLPxlrD2RF0Y1HLmxEnKU1gWw09dyTCBgxsJbGSQ4OpD quJejDPYtNcDrWQkc9UjiTIu4bBohr26NR42/soeNZf1IcR2DonVDo/s8JIeLs4apRpj1cgcaIuJ lrSCs062dDlXCr69zmR1bdSZZ6sb00xTdGYrXdYUm0M5UF66BoMlm7CpQbAVApZX4Myvp4bDDmYk 0rzbGBVhMVH4e0KUe20diXFEbIic4QqbdRO7IoVm/NPu2Rw5H5sla0Da6UaYtJifP2ckuVAwJRkE T1YTS6u1xVJ02AzWlheXAxTirBkM4ZgLP5MMgib1NhCzEdwVhUrYrD21Fk2RTj1e82dVHW4u5hSM U8aZkGoLy9jG0LzKQ8VSPZO1f3G5oZPtYhzwNJOzWbG0Cinyr1kBoXZDS4ZDEqpqsCsjmjv7mHdC PlZE9OLoEA3YWOxhCD9wqv2JqITbClPQ+gGu1jTb5pXbW/NOU73QMjg7jlkW47xb6quZouIs3PST 0gbzVDEPfPPabpw7vyu64i/KlWoa/89c0csBXB4sRToCIdzsCox0pTQDLlTMoQtlMQ27AtZ90zsg W+B6Fl4D+XC/bP4X5ED/b2vO6jBlDWdAtUdHSFBYTlQsCNmFtmSy7xRl9XzpsSpZrshkVMVcmVmz B+SAsL7ugSu6BwcohlQ33SRvAwZ3Mv/c57yCBiO9R6nWm9PJyqXT1sA/vXGxxQxOndhL6Pwt+C9N LFf36epn5Y14sUZWHdEvprukRlEVzuK3tpZP9ZomnGUBrqy1tmPNeLy4XBgHUZz1GAbL/UwGV0BI /wPrHxUhsx8r9ILa53vQWxF8e7D8IcjqS7qrQQbpBml/DWDfYwdtMmlVltp856NZKxbrC96olvOe IFtbdpZ4n5PschPlTufU4kWSnTPscG3H5lINkT1ZojA0LM4hJjDmK1f1QxQf3INAb8GV/5jZT1My gydTB9muMNk14NEk/8mkXXBt1ukzjEaydI8MEY2OivNHyYQtIft5pNgiG7QW04lWCi75Dg2uYI7X ona1LIUXTxcuJczM0LJLYXOX5lMAH8fyxq2PdoC3TdZ6rYurYIqlf4WyMxjvp8x78jkrZfag+MpA vQZl6ujVlOVMAXmziQefNwWGo1fP9F9YdGymm5Td+BMAAP//AwBQSwMEFAAGAAgAAAAhAA3RkJ+2 AAAAGwEAACcAAAB0aGVtZS90aGVtZS9fcmVscy90aGVtZU1hbmFnZXIueG1sLnJlbHOEj00KwjAU hPeCdwhvb9O6EJEm3YjQrdQDhOQ1DTY/JFHs7Q2uLAguh2G+mWm7l53JE2My3jFoqhoIOumVcZrB bbjsjkBSFk6J2TtksGCCjm837RVnkUsoTSYkUiguMZhyDidKk5zQilT5gK44o49W5CKjpkHIu9BI 93V9oPGbAXzFJL1iEHvVABmWUJr/s/04GolnLx8WXf5RQXPZhQUoosbM4CObqkwEylu6usTfAAAA //8DAFBLAQItABQABgAIAAAAIQDp3g+//wAAABwCAAATAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAABbQ29udGVu dF9UeXBlc10ueG1sUEsBAi0AFAAGAAgAAAAhAKXWp+fAAAAANgEAAAsAAAAAAAAAAAAAAAAAMAEA AF9yZWxzLy5yZWxzUEsBAi0AFAAGAAgAAAAhAGt5lhaDAAAAigAAABwAAAAAAAAAAAAAAAAAGQIA AHRoZW1lL3RoZW1lL3RoZW1lTWFuYWdlci54bWxQSwECLQAUAAYACAAAACEAIVqihCEHAADbHQAA FgAAAAAAAAAAAAAAAADWAgAAdGhlbWUvdGhlbWUvdGhlbWUxLnhtbFBLAQItABQABgAIAAAAIQAN 0ZCftgAAABsBAAAnAAAAAAAAAAAAAAAAACsKAAB0aGVtZS90aGVtZS9fcmVscy90aGVtZU1hbmFn ZXIueG1sLnJlbHNQSwUGAAAAAAUABQBdAQAAJgsAAAAA ------=_NextPart_01DA2F43.2AA28820 Content-Location: file:///C:/23165961/TemplateJSL6467-6480NurulHovipah,GinaApryaniNurunnisha_files/colorschememapping.xml Content-Transfer-Encoding: quoted-printable Content-Type: text/xml ------=_NextPart_01DA2F43.2AA28820 Content-Location: file:///C:/23165961/TemplateJSL6467-6480NurulHovipah,GinaApryaniNurunnisha_files/image001.jpg Content-Transfer-Encoding: base64 Content-Type: image/jpeg /9j/4AAQSkZJRgABAgAAAQABAAD/2wBDAAgGBgcGBQgHBwcJCQgKDBQNDAsLDBkSEw8UHRofHh0a HBwgJC4nICIsIxwcKDcpLDAxNDQ0Hyc5PTgyPC4zNDL/2wBDAQkJCQwLDBgNDRgyIRwhMjIyMjIy MjIyMjIyMjIyMjIyMjIyMjIyMjIyMjIyMjIyMjIyMjIyMjIyMjIyMjIyMjL/wAARCAAfAFgDASIA AhEBAxEB/8QAHwAAAQUBAQEBAQEAAAAAAAAAAAECAwQFBgcICQoL/8QAtRAAAgEDAwIEAwUFBAQA AAF9AQIDAAQRBRIhMUEGE1FhByJxFDKBkaEII0KxwRVS0fAkM2JyggkKFhcYGRolJicoKSo0NTY3 ODk6Q0RFRkdISUpTVFVWV1hZWmNkZWZnaGlqc3R1dnd4eXqDhIWGh4iJipKTlJWWl5iZmqKjpKWm p6ipqrKztLW2t7i5usLDxMXGx8jJytLT1NXW19jZ2uHi4+Tl5ufo6erx8vP09fb3+Pn6/8QAHwEA AwEBAQEBAQEBAQAAAAAAAAECAwQFBgcICQoL/8QAtREAAgECBAQDBAcFBAQAAQJ3AAECAxEEBSEx BhJBUQdhcRMiMoEIFEKRobHBCSMzUvAVYnLRChYkNOEl8RcYGRomJygpKjU2Nzg5OkNERUZHSElK U1RVVldYWVpjZGVmZ2hpanN0dXZ3eHl6goOEhYaHiImKkpOUlZaXmJmaoqOkpaanqKmqsrO0tba3 uLm6wsPExcbHyMnK0tPU1dbX2Nna4uPk5ebn6Onq8vP09fb3+Pn6/9oADAMBAAIRAxEAPwCzp2ne FtO8C2Wv69YWUzS2sdxcXF1Cs008si72+ZsszMxPf8gKpadouveJ0F7oXw48NWWmOMwy6tbKHkXs QFwQD9COepo0XTU8T+KfAWhXo36ZZ6FFqcsJ6Stt2gEdxlV/An1rrdH+JPibV9OuvE9voNg3ha3e ff8A6SVuliiUsZMH5T0+6Oc8dPmoA4+dU8LXUUXjn4f6NZWkzbE1GwtI3hDejDBI/PPB4NdZJ4S8 NNGssWh6S0bqGVltIyCD0IOK0fD2peIviBpCL4g8P6Z/wjWr2shDQ3BMsIzhQwYcseoK9MZ4PFc7 8NnuR4UutNupPMfStQmsFf1VMEf+hED2ApMTC80DwxYWs11c6NpccMKF3c2kfAAye1YSaDJd2Nhq Z0Hwvo1jqdylpp6ajYNLNPI+dmRGuEDYPX8e1bnjuFpfCd8FhMyp5crxjqyLIrMP++Qa0Pile6tq um+Dr7wn4iksrTUNQSzWS2mZBI02PLZtvVV2NlT69KECMC00bT7bWJND17wppNnqkcfnIYreN4bi PON8Z2569QeRV+70HwxY2k11c6NpccMKF3c2icKBk9q2viDdW158QPDVjbbZLyxjubi5KnmGJ0Cq G/3mwce2awfGsTTeEb4LCZgnlyvGOrIsisw/75BoAxY9HjvLSHUJNN8GaBZ3SlrOPWIR58y5++VX AVT+NXrPSNOh1aTRdc8LaRa6ksXnxtDBG8NzFnG+NtucZ7HkV0Gq3WjnxPc6/cabf63puq6Wsdj5 Fmk8PuoI+ZWzng4xlvYDAit57M+BNEuxu1fTYLu5u0zlraGQERo/oSSvHbb9KBj/ABB4f0ez8O6j eWmmWlrdW1u9xBcW0SxSRSICysrrgghgDwaK0vFH/Ipaz/14T/8AotqKEJHKafrcWlQ+EPHGmN9t t9Kso9M1eGLO+JNuM4PoSxz0J284Oa9J0HwB4I1UprGkXdzd6XNK1wtlHdsbQSMuGPl9jg4wfpjH FfNOlavrHgbxBdRoqrPC7215ay4eOTaSrIwBwec8g/Sukh8R+B2mN5Fa+JdCun5kj0e5QRk+xYgj 6AAUxnsGq2HhH4RQjVY72/ub+KKSPS9MnvWkClzyETspPUnP4nFc34f1nSvAfh2Kz8Saktvq+oSP f3EPlu7Iz4+8FBwcAdcc59K4BfGHhfQ5GvdA0i/vdWPK3+tSq7RH1CqcE+/Brhr6+utSvpr29nee 5mbfJI5yWP8Ant2oA99k+JnhBif+Jtn/ALdpf/iK5+LxJ4QsXl/sjxfq+kQykl7ewMqRbj1YKYyF P0xXjNd5r/juG80jQ4dMa6W70+3giYzxgomyARSKAzyBkfnKqsSsOHWQkFVYVjttK8X+BdHWU2+q yPPO26e4mimklmb1ZiuTWj/wsnwieurf+S0v/wATXiPiHUYdS1meSzWSLTY3aOwt3AHkW+4lEwCR nByTkksWYkkknKosFj2aLxJ4QsXl/sjxfq+kQykl7ewMqRbj1YKYyFP0xVzSvF/gXR1lNvqsjzzt unuJoppJZm9WYrk1xtl4306xsdEhY314dPhlcQFWggSYwOsbBFmILLIykSoIXGGY73fK8x4n1a31 zXpdStrb7OJooTInP+tESCVslmZt0gZtzEsc5Y5JpjPWte+IHhe98O6na2+qb55rSWONfIlG5mQg DJXA5NFeK2NlcalqFtYWkfmXN1KsMKbgNzsQqjJ4GSR1ooA//9k= ------=_NextPart_01DA2F43.2AA28820 Content-Location: file:///C:/23165961/TemplateJSL6467-6480NurulHovipah,GinaApryaniNurunnisha_files/header.htm Content-Transfer-Encoding: quoted-printable Content-Type: text/html; charset="us-ascii"





Nurul Hovipah, Gina Apryani Nurunnisha

Evaluasi Gofood: Mahal dan Bintang Tiga, Repurchase or No?

2         &= nbsp;           &nbs= p;            &= nbsp;           &nbs= p;          Syntax Literate, Vol. 8, No. 12, Desember 2023

Syntax Literate, Vol. 8, No. 12, Desember 2023            =         3

 

 =

How to cit= e:

Nurul Hovipah<= /span>, Gina Apryani Nurunnisha (2023) Evaluasi= Gofood: Mahal dan Bintang Tiga, Repurchase<= /span> or No? (8) 12,  https://doi.org/10.36418/syntax-l= iterate.v8i10

 

E-ISSN:

 

2548-1398

Published = by:

Ridwan Institute<= /a>

 

------=_NextPart_01DA2F43.2AA28820 Content-Location: file:///C:/23165961/TemplateJSL6467-6480NurulHovipah,GinaApryaniNurunnisha_files/filelist.xml Content-Transfer-Encoding: quoted-printable Content-Type: text/xml; charset="utf-8" ------=_NextPart_01DA2F43.2AA28820--