Manajemen Kolaborasi dan Komitmen Perusahaan Dalam Operasional Pelabuhan Sebagai Bentuk Implementasi Smart Port

  • Muhammad Dahri Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Dian Junita Arisusanty Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Agus Dwi Santoso Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Moejiono Moejiono Politeknik Pelayaran Surabaya
Keywords: Komitmen, Manajemen kolaborasi, Smart Port

Abstract

PT.terminal petikemas Surabaya telah mengimplementasikan smart port sejak tahun 2021 dan terus melakukan pengembangan hingga saat ini. Guna mendukung pengembangan smart port di masa adaptasi kebiasaan baru, maka komitmen perusahaan memegang kendali yang sangat besar, disamping perlu didukung dengan manajemen kolaborasi yang memadai. Manajemen kolaborasi merupakan bagian atau sub konsep dari manajemen yang berfokus pada efektivitas dan efisiensi dalam membangun kolaborasi atau kerjasama, yang memerlukan pengelolaan dan pengaturan khusus. Manajemen kolaborasi di PT.terminal peti kemas Surabaya diatur dalam sebuah etika bisnis perusahaan. Etika bisnis perusahaan ini mengatur hubungan dengan pemegang saham, hubungan dengan pengguna jasa, hubungan dengan pemasok, hubungan dengan kreditur, hubungan dengan aparatur pemerintah, hubungan dengan pekerja dan hubungan industrial, hubungan dengan pesaing, hubungan dengan masyarakat dan lingkungan, hubungan atasan terhadap bawahan, hubungan bawahan terhadap atasan, hubungan dengan media, hubungan serikat pekerja, hubungan dengan anak perusahaan, hubungan dengan pemerintah sebagai regulator, hubungan dengan legislatif, hubungan dengan lembaga yudisial, hubungan dengan  investor dan Lembaga keuangan, hubungan dengan lembaga penelitian dan perguruan tinggi, hubungan dengan keselamatan dan kesehatan kerja, keamanan dan lingkungan kerja serta hubungan dengan debitur. Disamping manajemen kolaborasi, komitmen perusahaan merupakan faktor yang tidak kalah pentingnya dalam implementasi smart port. Komitmen merupakan inti daripada semua hubungan kerja yang sukses. Komitmen perusahaan terminal petikemas Surabaya diatur dalam sebuah visi, misi, nilai inti dan budaya perusahaan serta standar pedoman etika dan perilaku. Salah satu komitmen PT. terminal petikemas Surabaya yaitu Perusahaan akan selalu berusaha untuk memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik kepada pengguna jasa pelabuhan yang diwujudkan dalam program pelayanan prima, Perusahaan juga berusaha melakukan pemeliharaan, perbaikan dan penataan berbagai fasilitas pelabuhan secara bertahap sesuai skala prioritas, agar ketersediaan fasilitas maupun peralatan tetap terjamin dengan kualitas memadai. Untuk  dapat memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik kepada pengguna jasa pelabuhan, perusahaan secara rutin mengadakan pertemuan dengan pengguna jasa pelabuhan serta memantau hasil pertemuan agar dapat mengetahui kebutuhan pengguna jasa pelabuhan tersebut dan dapat memberikan pelayanan sesuai kebutuhan dan keinginannya, disamping itu perusahaan melakukan dan memiliki sertifikat ISO 9001:2015 terkait Mutu, ISO 14001:2015 terkait lingkungan, ISO 45001:2018 terkait keselamatan dan kesehatan kerja, ISO 28000:2007 terkait keamanan informasi sebagai bentuk komitmen dalam hal standarisasi mutu dan sistem pelayanan jasa kepelabuhanan secara terintegrasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Nurdin, Kusumastanto, Tridoyo, & Siahaan, Edy Ihut. (2016). Strategi Pengembangan Pelabuhan Berwawasan Lingkungan (Greenport) Studi Kasus: Pelabuhan Cigading-Indonesia. Warta Penelitian Perhubungan, 28(1), 9–26.

Anderson, James C., & Narus, James A. (1990). A model of distributor firm and manufacturer firm working partnerships. Journal of Marketing, 54(1), 42–58.

Ariani, Desi, Saputri, Ika Puji, & Suhendar, Indri Astiana. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja, Iklim Organisasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Produktivitas Kerja Guru. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(3), 268–279.

Azanella, Luthfia Ayu. (2020). Apa Itu PSBB hingga Jadi Upaya Pencegahan Covid-19. Editor: Inggried Dwi Wedhaswary. Kompas. Com.

Gapul, Fransika Defriani Sulasti. (2019). Analisis Penerapan Green Port pada Pembangunan Pelabuhan Marina di Labuan Bajo. UAJY.

Ikhram, Faisal. (2019). Pengembangan Manajemen Perubahan Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Penerapan Enterprise Resource Planning. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi, 12(1).

Komariah, Aan. (2019). Metodologi penelitian kualitatif.

Latief, Abdul, Syardiansah, Syardiansah, & Safwan, Muhammad. (2019). Pengaruh Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan BPJS Kesehatan Cabang Langsa. J-EBIS (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 52–65.

Maksum, Muhammad, & Rahman, Muh Fudhail. (2021). Hukum Dan Pengelolaan Wakaf Uang Untuk Penanggulangan Bencana Pandemi Covid-19: Perbandingan Badan Wakaf Indonesia Dan Yayasan Waqaf Malaysia. Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Munandar, Utami. (2016). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Rineka cipta.

Pahlevi, M. Resa Syah, Febrianti, Arifatul Amalia, & Ansori, Moch Isa. (2023). Teamship Competance (Kompetensi Kolektif/Kolaborasi). Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(4), 215–226.

Perawati, Duyesna, Nabila, Putri Aksa, & Edi, Dedeng Wahyu. (2017). Faktor Penghambat Konsep Green Port Di PT Terminal Teluk Lamong Pelabuhan Surabaya. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik, 3(2), 267–273.

Putra, Tubagus Muttaqin Syafarudin. (2020). Pengukuran Kinerja Madrasah Pembangunan UIN Jakarta Dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ricardianto, Prasadja, Nasution, Syahrial, Naiborhu, Maria Angelin, & Triantoro, Wegit. (2020). Peluang dan Tantangan Sumber Daya Manusia dalam Penyelenggaraan Pelabuhan Cerdas (Smart Port) Nasional di Masa Revolusi Industri 4.0. Warta Penelitian Perhubungan, 32(1), 59–66.

Saleh, Choirul. (2020). Konsep, Pengertian, dan Tujuan Kolaborasi. Pustaka Universitas Terbuka, 1.

Sari, Rizki Novita, Al Musadieq, Mochammad, & Sulistyo, M. C. (2018). Analisis Implementasi Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance Pada Pt. Pelabuhan Indonesia III (Persero). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 60(1), 90–99.

Sudarmo, Sudarmo. (2011). Perancangan dan pembuatan sistem enkripsi komunikasi data antara manpack dengan pengendali atas pada sarana penilaian dan pengendalian geladi lapangan dua pihak. Fakultas Teknik Universitas Merdeka Malang.

Suryati, Suryati. (2021). Gaya Kepemimpinan Servant Leadership, Kepuasan Kerja, Loyalitas Kerja Terhadap Komitmen Organisasional (Studi Kasus Pada Kantor Bpkad “Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah) Kabupaten Mappi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 1002–1018.

WignjoSoebroto, Soetandyo. (1987). Pembangunan Ekonomi dan Dampaknya pada Sosial Budaya. Kursus Dasar-dasar Analisis mengenaiDampakLingkungan KMN KLH–PPKL LEMLIT ….

Wiranti, Wiranti, Sriatmi, Ayun, & Kusumastuti, Wulan. (2020). Determinan kepatuhan masyarakat Kota Depok terhadap kebijakan pembatasan sosial berskala besar dalam pencegahan COVID-19. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia: JKKI, 9(03), 117–124.

Yuzar, Dinda Nadilla. (2020). Penyakit menular dan wabah penyakit covid-19.
Published
2024-01-04