Pengembangan Karakter dan Literasi Numerik dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa di SDN Sidasari 01 Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap
Abstract
Karakter peserta didik, sebagai dimensi kejiwaan dan budi pekerti, memiliki peran sentral dalam dunia pendidikan dan menjadi dasar kekuatan bangsa Indonesia. Meskipun pendidikan karakter mengalami penurunan perhatian, SDN Sidasari 01 berhasil menciptakan keunggulan dengan mengintegrasikan pembelajaran Matematika dalam kegiatan sehari-hari, membentuk karakter kreatif, mandiri, dan ulet. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan langkah-langkah pembentukan karakter serta karakteristik yang muncul dalam pembelajaran matematika di SDN Sidasari 01. Selain itu, penelitian ini mengeksplorasi pengembangan literasi numerik pada siswa kelas atas. Metode penelitian kualitatif dengan fokus pada pengembangan karakter dan literasi numerik melibatkan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasilnya diharapkan memberikan wawasan baru tentang pendidikan karakter melalui pembelajaran Matematika, solusi untuk mengatasi kesulitan peserta didik, dan kontribusi pada peningkatan mutu pendidikan, khususnya matematika.
Downloads
References
Angga, A., Abidin, Y., & Iskandar, S. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter dengan Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(1), 1046–1054. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2084
Ciamis, B. (2018). KEBANGSAAN DI SMK ( Penelitian di SMK Taruna Program Pascasarjana Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis Jawa Barat.
Dalmeri. (2014). Kata Kunci: Pendidikan karakter, karakter baik, moral, pengem- bangan karakter 269. Al Ulum, 14(1), 272. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=175387&val=6174&title=Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character)
Hasratuddin. (2021). Membangun Karakter Melalui Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 6(2), 130–141.
Jailani, M. S. (2020). Membangun Kepercayaan Data dalam Penelitian Kualitatif. Primary Education Journal (Pej), 4(2), 19–23.
Karjiyati, V., Supriatna, I., Agusdianita, N., & Yuliantini, N. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa Melalui Penerapan Model RME Pada Perkuliahan Konsep Dasar Geometri dan Pengukuran. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(1), 49–56. https://doi.org/10.33369/pgsd.15.1.49-56
Makhfud, H., Lestari, L., & Chumdari, D. (n.d.). Pengembangan Instrumen Penilaian Pendidikan Karakter Terpadu. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paedagogia
Sabda, Ridwan, Zaqi, Arita. (2022). 2(2), 375–384.
Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL …, 3(2019), 352–360. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890
Saputri, I. A. (2016). Title. Revista CENIC. Ciencias Biológicas, 152(3), 28. file:///Users/andreataquez/Downloads/guia-plan-de-mejora-institucional.pdf%0Ahttp://salud.tabasco.gob.mx/content/revista%0Ahttp://www.revistaalad.com/pdfs/Guias_ALAD_11_Nov_2013.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.15446/revfacmed.v66n3.60060.%0Ahttp://www.cenetec.
Shofiah, V. (2019). Educational Guidance and Counseling Development Journal Metode Biblioterapi Islam Untuk Pengembangan Karakter Tanggung Jawab Pada Mahasiswa. 1(1), 1–8.
Volume 29 Nomor 2 Juli-Desember 2018 369. (2018). 29, 369–387.
Wage, I. N., Atmadja, N. B., & Sriartha, I. P. (2020). Evaluasi Efektifitas Program Penguatan Pendidikan Karakter ditinjau dari Contexs, Input, Process dan Produk. Pendidikan IPS Indonesia, 4(2), 94–105. https://doi.org/10.23887/pips.v4i2.3401
Copyright (c) 2024 Windari Windari, Novan Ardiy Wiyani, Yumiati Yumiati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.