Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SD Negeri 2 Tambakagung dalam Kegiatan Intrakurikuler, Ekstrakurikuler, dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

  • Fresti Sunandari Program Pascasarjana, Universitas Terbuka, UPBJJ Purwokerto
  • Johar Alimuddin STKIP Majenang
  • Rif’at Shafwatul Anam Universitas Terbuka, UPBJI Purwokerto
Keywords: Impelementasi Kurikulum Merdeka, Sekolah Penggerak, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana implemepentasi kurikulum merdeka di salam kegiatan intrakurikuler, (2) bagaimana implementasi kurikulum merdeka pada kegiatan ekstrakurikuler, dan (3) bagaimana impelemntasi kurikulum merdeka pada kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah daya primer yang diperroleh dari hasil wawancara langsung dengan peserta didik, guru, dan kepala sekolah SDN 2 Tambakagung. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3)analisis data dan penarik kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN 2 Tambakagung pada kegiatan intrakurikuler sudah mengikuti regulasi dan aturan tentang pelaksanaan kurikulum merdeka, metode – metode yang diguakan oleh guru sudah memfasilitasi kebutuhan murid. (2) Kegiatan ekstrakurikuler yang dilaskanakan di SDN 2 Tambakgung berjalan tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya sebelum kurikulum merdeka dilaksanakan, tetapi setiap tahunnya dari masing-masing bidang ekstrakurikuler mampu mendapatkan prestasi atau kejuaraan baik ditingkat kecamatan maupun kabupaten. (3)Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di tahun pertama masih mengalami kebingungan, banyak guru yang belum paham bagaimana melaksanakan P5, tetapi di tahun kedua P5 sudah dilaksanakan sesuai regulasi, alur dan kegiatan sudah disesuaikan dengan modul yang digunakan dalam pelaksanaan P5. Pada Implementasi Kurikulume Merdeka pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di SDN 2 Tambakagung meningkatkan kompetensi dan pengetahuannya melalui platfiorm merdeka mengajar dan juga kegiatan-kegiatan pada koimunitas belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Babiie, E. (2004). The Practice of Social Research : 10 Edition. Belmont: Wadsworth/Thomson Learning.

Data Base Peraturan (2003) Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003 Diperoleh dari http://www.peraturan.bpk.go.id

Direktorat Sekolah Dasar. (2020). Kemendikbudristek Sosialisasikan Progra Sekolah Penggerak Angkatan ke-2 Tahun 2021. Diperoleh dari http://www.ditpsd.kemdikbud.go.id

Djamarah. (2008). Guru dan Anak Didik. Jakarta: Runeka Cipta.

Kemdikbudristek. (2022). Sekolah Penggerak adalah Katalis untuk Mewujudkan visi Pendidikan Indoensia Diperloeh dari https://psp-web.pauddikdasmen.kemdikbud.go.id/

Kemdikbud. (2021). Kemendikbud Luncurkan Program Sekolah Penggerak. Diperoleh dari http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/kemendikbud-luncurkan-program-sekolah-penggerak

Kemdikbudristek. (2022). Lampiran Keputusan Mendikbudristek No. 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Kemdikbudristek

Kemdikbudristek. (2022). Dasar Hukum dan Regulasi kurikulum merdeka. Diperoleh dari https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulummerdeka/rujukan/regulasi-kurikulum-merdeka

Nadiem, M. (2021). Sekolah Penggerak Bukan Hanya diperuntukkan sekolah Unggulan. Diperoleh dari

https://radioedukasi.kemdikbud.go.id/read/3058/nadiem-tegaskan-sekolah-penggerak-bukan-hanya-diperuntukkan-sekolah-unggulan.html

Nasution, S. (2012). Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta : Bumi Aksara
Praptono. (2022) Fasilitator Program Sekolah Penggerak Menjadi Pembuka Kerja Kolaboratif di Sekolah. Diakses dari https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/fasilitator-program-sekolah-penggerak-menjadi-pembuka-kerja-kolaboratif-di-sekolah

Prihatini., Ineu, S., Teti M., Yadi H., dan Asep, H. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, vol.6, no.5, 8248-8258.

Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sagala, S. (2011). Strategi dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sudjana. (2005) Pembinaan dan pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyono, H. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wikipedia Indonesia. (2022, September 9). Kurikulum Merdeka, Diproleh dari https://id.wikipedia.org/wiki/Kurikulum_Merdeka.
Published
2024-02-12