Gambaran Penggunaan Flashcard dan Pemodelan Bahasa dalam Peningkatan Kemampuan Bahasa Siswa Usia Dini 5 – 6 Tahun dengan Spectrum Autism Disorder

  • Christina Makmeser I Kbarek Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Septiyani Endang Yunitasari Universitas Panca Sakti Bekasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur peningkatan kemampuan bahasa pada anak-anak usia lima hingga enam tahun yang memiliki spektrum autisme di sebuah sekolah pendidikan anak usia dini (PAUD). Flash card digunakan untuk mengajar bahasa anak. Selain itu, penelitian ini menyelidiki pemodelan bahasa dalam upaya meningkatkan kemampuan berbahasa anak-anak. Penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara sebagai langkah-langkah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kartu flash dan pemodelan bahasa sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa siswa usia dini dengan gangguan spektrum autisme. Kartu flash berfungsi sebagai alat visual yang membantu siswa mengingat kata-kata dan memahami artinya. Setelah siswa sering menggunakan kartu flash, pemahaman dan penggunaan kata-kata baru meningkat secara signifikan. Pemodelan bahasa oleh guru dan teman sebaya yang mahir juga membantu siswa menjadi lebih baik dalam berbicara. Penelitian ini juga menggunakan metode Zone of Proximal Development (ZPD) untuk menilai penggunaan flashcard dan pemodelan bahasa pada siswa. Hasil ini memiliki konsekuensi penting bagi pengembangan teknik intervensi kemampuan linguistik siswa dengan gangguan spektrum autisme yang memungkinkan mereka bermain dalam lingkungan PAUD untuk membantu perkembangan bahasa mereka.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-30