Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sim Card Axis
Abstract
Harga merupakan salah satu faktor penting dari sisi penyedia jasa untuk memenangkan suatu persaingan dalam memasarkan produknya. Sedangkan promosi adalah salah satu aktivitas komunikasi yang bertujuan untuk menginformasikan dan memberi pengaruh kepada konsumen agar tertarik membeli produk atau jasa yang dipasarkannya. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh harga dan promosi secara parsial terhadap keputusan pembelian sim card AXIS, serta bagaimana pengaruh harga dan promosi secara simultan terhadap keputusan pembelian sim card AXIS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian sim card AXIS. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang ada di FKIP kampus 2 Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon dengan jumlah 1339, sampel sebesar 93 responden dengan menggunakan teknik sampling insidental. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Hasil penelitian menunjukan bahwa harga dan promosi berpengaruh cukup baik terhadap keputusan pembelian sim card AXIS. Hasil pengujian secara simultan menunjukan bahwa variabel harga dan promosi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai perolehan uji koefisien determinasi secara simultan sebesar 60,9%.
Kata kunci : Harga; Promosi; Keputusan Pembelian.