Potensi Wisata Kuliner Halal di Kebayoran Baru Dalam Meningkatkan Pengembangan Pariwisata di Jakarta
Abstract
Wisata kuliner halal adalah salah satu jenis potensi wisata yang mengutamakan kehalalan dalam setiap kuliner yang ada pada suatu daerah wisata. Salah satu tempat yang memiliki wisata kuliner halal yang beragam adalah Kebayoran Baru, yaitu salah satu kecamatan yang berlokasi di Jakarta Selatan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui potensi wisata kuliner halal yang dimiliki Kebayoran Baru dan peran wisata kuliner halal dalam pengembangan pariwisata di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis SOAR dan SWOT. Metode pengumpulan data yang dilakukan ialah dengan cara observasi, wawancara, kuesioner, studi dokumen, dan studi literatur. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah kuliner halal yang ada di wilayah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wisata kuliner halal di Kebayoran Baru memiliki potensi dalam pengembangan Pariwisata di Jakarta. Pemerintah dan penyedia kuliner Kebayoran Baru turut bekerja sama dalam upaya untuk melakukan pengembangan wisata kuliner halal di sana. Hal ini dapat dilihat dari keberagaman menu kuliner halal yang selalu berinovasi, harga yang lebih terjangkau, dan lokasi yang berada di pusat Kota Jakarta Selatan membuat kuliner halal dapat membantu pengembangan pariwisata di Jakarta.
Downloads
References
Anggraini, R. G. (2022, October 11). 8 Tempat Makan Murah, Enak, dan Halal di Blok M Jakarta. Retrieved from https://www.pegipegi.com/travel/8-tempat-makan-murah-enak-dan-halal-di-blok-m-jakarta/
Araujo, E. B. (2016). Pengembangan Kuliner Lokal Sebagai Daya Tarik Wisata Di Dili, Timor Leste. In JUMPA (Vol. 3). Retrieved from https://pdf.zlibcdn.com/dtoken/bfd7531d53d73d1b6d9d0b96fbc84cc1/JUMPA.2016.v03.i01.p02.pdf
Ardyansyah, F., & Nasrulloh. (2022). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Metode Analisis SOAR pada Pariwisata Syariah di Pulau Madura. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(03), 3783–3792. doi: 10.29040/jiei.v8i3.6560
Bhudiharty, S., Ratnasari, K., & Waluyo, S. D. (2019). Analisis Potensi Daya Tarik Wisata Gastronomi Di Kawasan Petak Sembilan Glodok, Jakarta Barat. In Jurnal Industri Pariwisata (Vol. 1, Issue 2).
Daftar Makanan Khas Indonesia. (2022). In Universitas Stekom Pusat. Jawa Tengah:
DF Nur’aini, F. (2020). Teknik Analisis SWOT (L. Nurti, Ed.). Yogyakarta.
Elmi, I., Kurniawan, R., & Akbar, W. (2020). Pariwisata Syariah Pengembangan Wisata Halal Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah.
Faraby, M. E., & Rozi, F. (2021). Potensi Kabupaten Bangkalan Menjadi Destinasi Wisata Halal. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 67. doi: 10.29040/jiei.v7i1.1649
Fauziah, S. (2019). Pengembangan Potensi Wisata Kuliner Dan Belanja Provinsi Jawa Tengah.
Fii, M. M. (2021). Analisis Karakteristik Wisatawan di Bukit Khayangan Kota Sungai Penuh.
Isdarmanto. (2016). Dasar-Dasar Kepariwisataan dan Pengelolaan Destinasi Pariwisata. Retrieved from https://id1lib.org/book/16694071/482b49
Jayadi, E. K., Mahadewi, N. P., & Mananda, I. G. (2017). Karakteristik Dan Motivasi Wisatawan Berkunjung Ke Pantai Green Bowl, Ungasan, Kuta Selatan, Bali. Analisis Pariwisata, 17(2).
Kristiana, Y., Suryadi, M. T., & Sunarya, S. R. (2018). Eksplorasi Potensi Wisata Kuliner Untuk Pengembangan Pariwisata Di Kota Tangerang. Jurnal Khasanah Ilmu, 9(1).
Kurnia, Muh. D. (2022). Pengembangan Wisata Kuliner Desa Bonjeruk Sebagai Objek Daya Tarik Wisata Di Desa Bonjeruk Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah.
Kurniawan, fajri. (2019). Potensi Wisata Kuliner Dalam Pengembangan Pariwisata Di Yogyakarta.
Kurniawan, P., & Lismayasari. (2019). Wisata Kuliner Halal: Suatu Tinjauan Strategis Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Kinerja Umkm (Vol. 16, Issue 1).
Lestari, A. (2021). Muslim Di Kabupaten Toraja Utara (Studi Kasus Pada Mentirotiku Resort).
Makmur, S. M. (2019). Pengembangan Industri Rumah Tangga Sektor Kuliner Melalui Penerapan E-Business Di Kelurahan Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassarmakmur.
Mashuri, & Nurjannah, D. (2020). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing (Studi Pada PT. Bank Riau Kepri Unit Usaha Syariah Pekanbaru). JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1), 97–112. doi: 10.46367/jps.v1i1.205
Maulana, N., & Hutagalung, J. M. P. (2020). Strategi Pengendalian Dampak Sosial dan Ekonomi Pembangunan Pusat Perbelanjaan Modern: Studi Kasus di Kawasan Blok M Jakarta. 02(03).
Monika, L. (2017). Pariwisata Syariah Melalui Wisata Kuliner Halal untuk Pengembangan UMKM di Surabaya.
Mularsari, A. (2022). Potensi Wisata Kuliner Dan Motivasi Wisatawan Di Kota Depok Jawa Barat Tahun 2019.
Nugraha, R. N., & Virgiawan, F. (2022). Pengembangan Daya Tarik Wisata Di Objek Wisata Telaga Arwana Cibubur. 3(6).
Pariwisata, J. D., Prayogo, D., & Suryawan, I. B. (2018). Dampak Fenomena Wisata Kuliner Terhadap Kunjungan Wisatawan di Kota Malang, Jawa Timur. 5.
Primarasa. (n.d.). Sate, Kuliner Asli Indonesia Yang Go International. Retrieved from Sate, Kuliner Asli Indonesia Yang Go International
Pujilestari, S., Restu Amelia, J., & Romadhan, M. F. (2018). Potensi Wisata Gastronomi Halal Di Wilayah Pecinan, Petak 9, Glodok Jakarta. In Jurnal Industri Pariwisata (Vol. 1, Issue 2).
Pulumodoyo, A. P. S. (2017). Potensi Restoran Halal dalam Upaya Mendukung Wisata Halal di Kota Gorontalo [D3]. Universitas Negeri Gorontalo.
Rahman, M., Moghavvemi, S., Thirumoorthi, T., & Rahman, M. K. (2020). The impact of tourists’ perceptions on halal tourism destination: a structural model analysis. Tourism Review, 75(3), 575–594. doi: 10.1108/TR-05-2019-0182
Rayel, R. A. (2018, April 10). Sejarah KEBAYORAN BARU Jakarta Selatan dalam Sudut Pandang Pelakunya.
Revida, E., Gaspersz, S., Uktolseja, L., Nasrullah, Warella, S. Y., Nurmiati, Alwi, Moh. H., Simarmata, H., Manurung, T., & Purba, R. A. (2020). Pengantar Pariwisata (J. Simarmata, Ed.).
Riano, M. S., Ningsih, C., & Abdilah, H. T. (2021). Pengembangan Potensi Wisata Gastronomi Halal Di Kabupaten Cianjur. Jurnal Gastronomi Indonesia, 9(1), 45–57. doi: 10.52352/jgi.v9i1.483
Rohmitriasih, M. (2022, June 16). Sejarah Fried Chicken, Makanan Kesukaan Semua Kalangan. Fimela.com.
Salamah, N., Guntarti, A., & Universitas Ahmad Dahlan, S. (2022). Pemberdayaan UMKM melalui pelatihan dan pendampingan sertifikasi halal produk.
Salim, M. A., & Siswanto, Agus. B. (2019). Analisis SWOT Dengan Metode Kuesioner (D. M. Wijayanti, Ed.; 1st ed.). Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Saptaningtyas, R. S., Handayani, T., & Ketut Ayu Intan Putri Mentari Indriani, N. (2021). Kajian Potensi Wisata Kuliner Pantai Ampenan. 1(1). Retrieved from http://sade.unram.ac.id/index.php/sade/article/view/6
Saputra, A., Mulyawan, B., & Sutrisno, T. (2019). Rekomendasi Lokasi Wisata Kuliner Di Jakarta Menggunakan Metode K-Means Clustering Dan Simple Additive Weighting. doi: http://dx.doi.org/10.24912/jiksi.v7i1.5773
Sari, Y. M. (2021, May 17). 5 Kuliner Malam Kebayoran Baru yang Hits, ada Sate Hingga Nasi Goreng Enak! Detikfood. Retrieved from https://food.detik.com/info-kuliner/d-5584018/5-kuliner-malam-kebayoran-baru-yang-hits-ada-sate-hingga-nasi-goreng-enak
Setiadi, R., & Santoso, J. M. J. P. (2020a). Tempat Santai Di Blok M. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 2(2), 2433. doi: 10.24912/stupa.v2i2.8600
Setiadi, R., & Santoso, J. M. J. P. (2020b). Tempat Santai Di Blok M. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 2(2), 2433. doi: 10.24912/stupa.v2i2.8600
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D (19th ed.). ALFABETA, CV.
Sulasih. (2019). Implementasi Matrik Efe, Matrik Ife, Matrik Swot Dan Qspm Untuk Menentukan Alternatif Strategi Guna Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Bagi Usaha Produksi Kelompok Buruh Pembatik Di Keser Notog Patikraja Banyumas. TAHUN, 3(1), 27.
Suryadi, S., & Pradana, B. I. (2020). The Application of SOAR Analysis in the Development Strategy of Clothing Line Business of Parasite Cloth.
Susilowati, T. Y. (2021). Peranan Kuliner Tradisional Sebagai Pendukung Pariwisata di Setu Babakan. Jurnal EDUTURISMA, 6(1).
Suwena I, & Widyatmaja, I. (2017). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Retrieved from https://id1lib.org/book/6061935/170f2a
Suyandi. (2021). Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Penjualan Menggunakan Metode Soar Dan Qspm (Studi Kasus: Luber Caffe Pekanbaru).
Ubaidi, A., & Pertiwi, S. (2018a). Strategi Pemasaran Kuliner Halal di Kota Malang. Jihbiz : Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Perbankan Syariah, 2(1), 77–92. doi: 10.33379/jihbiz.v2i1.768
Ubaidi, A., & Pertiwi, S. (2018b). Strategi Pemasaran Kuliner Halal di Kota Malang. Jihbiz : Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Perbankan Syariah, 2(1), 77–92. doi: 10.33379/jihbiz.v2i1.768
Wahidin, W., Saifullah, & ZA, T. (2015). Metode Penelitian Kualitatif & Grounded Theory.
Widyaningsih, P. (2022). Analisis Soar Dalam Menentukan Strategi Pengembangan Bisnis Pada Industri Kreatif Busana Muslim Di Kota Semarang (Studi Kasus Pada Industri Kecil Kasay Hijab Indonesia).
Wulandari, A. (2019). Wisata Kuliner Di Kabupaten Nganjuk (Studi Deskriptif Tentang Pendapat Pengunjung Terhadap Kuliner Nasi Becek Di Kabupaten Nganjuk). Universitas Airlangga.
Yasir, A. (2019, September 20). Bakso Merupakan Kuliner Nasional Indonesia. Retrieved from https://osc.medcom.id/community/bakso-merupakan-kuliner-nasional-indonesia-210
Yasir Y, M., Inayatillah, & Isnaliana. (2021). Wisata Halal Aceh.
Yudian, R. A., & Demolingo, R. H. (2022). Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel Akademi Komunitas Manajemen Perhotelan Indonesia (Yudian, Demolingo (Vol. 6, Issue 2).
Yusuf, M., Inayatillah, & Isnaliana. (2021). Wisata Halal Aceh (1st ed.). Banda Aceh: Ar-Raniry Press.
Zein, M. H. (2021). Implementasi Program Penanganan Prasarana Dan Sarana Umum (PPSU) Di Kelurahan Melawai Kecamatan Kebayoran Baru Kota Administrasi Jakarta Selatan. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(7). doi: https://doi.org/10.47492/jip.v2i7.1035
Copyright (c) 2024 Ardi Mularsari, Mudhi’ah Zuhdiyyah Djandri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.