Peran Kehumasan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari dalam Membangun Personal Branding Melalui Instagram @Uniska_Mab

  • Mardiana Mardiana Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
  • Muhammad Wafi Rahman Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
  • Norkhalifah Norkhalifah Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
  • Muhammad Naufal Rofif Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
  • Dedi Norwahyuliadi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
  • Novia Septia Ningsih Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Keywords: Public Relation, Citra Universitas, Instagram, Personal Branding

Abstract

Kehumasan memegang peran krusial dalam manajemen komunikasi organisasi, khususnya dalam membangun dan memelihara hubungan positif dengan berbagai pemangku kepentingan. Penelitian yang dilakukan pada Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari (UNISKA MAB) bertujuan untuk menyoroti pentingnya strategi kehumasan dalam meningkatkan citra merek dan hubungan dengan masyarakat. Melalui metode kualitatif yang melibatkan analisis dokumen dan wawancara dengan praktisi kehumasan, penelitian ini menemukan bahwa kehumasan di UNISKA MAB sangat berkontribusi dalam meningkatkan citra kampus. Salah satu strategi utamanya adalah penggunaan kampanye di media sosial, khususnya Instagram, dengan menerapkan teori personal branding. Strategi ini telah terbukti efektif dalam meningkatkan citra kampus dan memperkuat hubungan dengan masyarakat. Temuan ini menawarkan wawasan berharga bagi praktisi kehumasan dalam mengembangkan strategi yang efektif untuk meningkatkan citra lembaga pendidikan. Lebih lanjut, implikasi praktis dari penelitian ini berguna bagi organisasi lain dalam merancang dan mengimplementasikan program kehumasan yang tidak hanya berfokus pada keberlanjutan dan tanggung jawab sosial, tetapi juga mengutamakan penerapan personal branding sebagai sarana untuk meningkatkan kepercayaan dan dukungan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-24