Pengaruh CSR Score Terhadap Kredit Perdagangan pada Perusahaan Non-Jasa Keuangan di Negara Asean–5

  • Ika Sukmawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia
Keywords: Corporate Social Responsibility, CSR Score, Kredit Perdagangan, ASEAN-5, Ukuran Perusahaan

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi pengaruh CSR (Corporate Social Responsibility) score dan kredit perdagangan pada Perusahaan non-jasa keuangan di negara-negara ASEAN-5. Dengan menggunakan analisis data panel non-linear, sampel yang digunakan sebanyak 643 perusahaan publik di Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand dan Filipina dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan non-linear antara CSR score dan kredit perdagangan. Penelitian lebih lanjut diperoleh informasi bahwa ukuran Perusahaan memoderasi hubungan non-linear tersebut. Temuan ini menunjukkan bahwa pemasok akan lebih mudah memberikan kredit perdagangan pada Perusahaan yang memiliki CSR score yang terus membaik. Penelitian ini berkontribusi pada literatur yang ada dengan menunjukkan bahwa pengaruh CSR score terhadap kredit perdagangan tidak bersifat linier dan dapat dipengaruhi oleh ukuran perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-25