Strategi Peningkatan Pendapatan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Oleh Badan Keuangan Daerah Kota Pontianak

  • Imam Hanafi Universitas Brawijaya
  • Sulaiman Sulaiman Politeknik Negeri Pontianak
  • Ahmad Robiul Aziz Fakultas Ilmu Sosial dan ILmu Politik Universitas Medan Area
Keywords: Strategi, Peningkatan Pendapatan, Pajak Bumi, Bangunan Perdesaan, Perkotaan (PBB-P2)

Abstract

Letak objek pajak PBB-P2 tersebar di seluruh wilayah Kota Pontianak, sehingga merupakan potensi yang besar untuk peningkatan PAD dari sektor pajak. Namun jumlah lembaran SPPT PBB-P2 yang dibayarkan selalu menurun setiap tahunnya, ini mengakibatkan jumlah lembaran SPPT PBB-P2 yang belum dibayarkan meningkat setiap tahunnya. Penerimaan realisasi PBB-P2 di tahun 2022 merupakan yang tertinggi sepanjang tahun, kendati demikian jumlah wajib pajak yang membayar PBB-P2 di tahun 2022 hanya sebesar 38% atau 87.238 lembar SPPT, ini menunjukkan masih ada potensi yang masih bisa digali untuk menambah PAD dari sektor PBB-P2. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi yang dilakukan Badan Keuangan Daerah Kota Pontianak dalam meningkatkan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) tahun 2022, hambatan dari strategi yang dilakukan dalam meningkatkan pendapatan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) tahun 2022, solusi yang dilakukan Badan Keuangan Daerah Kota Pontianak dalam mengatasi hambatan dalam meningkatkan pendapatan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) tahun 2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Badan Keuangan Daerah Kota Pontianak melakukan strategi peningkatan pendapatan PBB-P2 dengan cara intensifikasi, ekstensifikasi serta strategi lain seperti penyesuaian NJOP, Kegiatan jemput pajak PBB-P2, Penghapusan denda administrasi, serta melakukan razia. Adapun hambatan yang dialami oleh BKD dalam peningkatan PBB-P2 yaitu terkait kesadaran masyarakat serta terkait data warisan dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah yang belum valid. Untuk mengatasi hambatan ini BKD melakukan sosialisasi tentang PBB-P2 kepada wajib pajak serta melakukan cleansing/pemutakhiran data secara bertahap.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggito, Albi. dan Seitiawan, Johan. (2018). Meitodologi Peineilitian Kuialitatif. CV Jeijak, SuikaBuimi.

Damanik, Eilfina, Okto, Rosmaida. dan Sriwiyanti, Eiva. (2020). Peirpajakan. CV Insan Ceindeikia Mandiri, Solok.

Firdauisy, Caruinia, Muilya. (2017). Keibijakan & Strateigi Peiningkatan Peindapatan Asli Daeirah Dalam Peimbanguinan Nasional. Yayasan Puistaka Obor Indoneisia, Jakarta.

Hartono, Jogiyanto. (2018). Meitoda Peinguimpuilan dan Teiknik Analisis Data. Peineirbit Andi, Yogyakarta.

Heirdiansyah, Haris. (2013). Wawancara Obseirvasi dan Fokuis Grouips Beirbagai Instruimein Peinggalian Data Kuialitatif. PT RajaGafindo Peirsada, Jakarta.

Laksono, Satriyo. (2008). Uipaya Meiningkatkan Peineirimaan Pajak Buimi dan Banguinan Seibagai Salah Satui Suimbeir Peineirimaan Daeirah Kabuipatein Blitar. Uiniveirsitas Brawijaya, Malang.

Mardiasmo. (2016). Peirpajakan. Andi Offseit, Yogyakarta.

Nasruillah. (2013.) Uipaya Peimeirintah Daeirah Dalam Meiningkatkan Peineirimaan Pajak Buimi dan Banguinan di Kabuipatein Aceih Barat. Uiniveirsitas Teiuikui Uimar, Meiuilaboh.

Rahim, Rahman. dan Radjab Einny. (2017). Manajeimein Strateigi. Leimbaga Peirpuistakaan dan Peineirbitan Uiniveirsitan Muihammadiyah Makasar, Makasar.

Suijarweini, V. Wiratna. (2014). Meitodologi Peineilitian. Puistaka Barui Preiss, Yogyakarta.

Uitari, Fika. (2018). Analisis Peineirimaan Pajak Buimi dan Banguinan dalam meiningkatkan Peindapatan Asli Daeirah Kota Meidan. Uiniveirsitas Muihammadiyah Suimateira Uitara, Meidan.

Baok, R. T.L., Sasongko, T., & Rifa’I,M. (2020). Strateigi Peiningkatan Peineirimaan Pajak Buimi dan Banguinan (PBB) di Kota Batui. 10(1)

Fadli, Muihammad, Farid. (2022). Strateigi Peiningkatan Peindapatan Asli daeirah Meilaluii Pajak Buimi dan Banguinan Peirdeisaan dan Peirkotaan (PBB-P2) Kabuipatein Solok Seilatan Provinsi suimateira Barat.

Maharani, Uiray, Prima. (2014). Analisis Kontribuisi Pajak Parkir Pada Peindapatan Asli daeirah (PAD).

Nabasa, Hawila, Puipei. (2021). Keibijakan Dan Strateigi Peiningkatan Peindapatan Asli Daeirah (PAD) Meilaluii Inteinsifiikasi Dan Eiksteinsifkasii Di Kota Suirabaya. Juirnal Ilmui dan Riseit Akuintansi, 10 (11)

Rahmawati, Monei, A., & Muistari, N. (2021). Peingaruih Partisipasi Masyarakat Teirhadap Eifeiktifitas Program Inovasi Deisa Buidi Daya Jamuir Tiram di Deisa Jeineitaeisa Keicamatan Simbang Kabuipatein Maros, 2(2)

Rijali, Ahmad. (2018). Analisis Data Kuialitatif, 17(33), diakseis pada 26 Mareit 2023 dari https://juirnal.uiin-antasari.ac.id/indeix.php/alhadharah/articlei/ download/2374/1691.

Suisilawati, (2018). Strateigi Peineirimaan Pajak Hibuiran Dalam Uipaya Peinigkatan Peindapatan Asli Daeirah (PAD). Juirnal Ilmui Administrasi dan Stuidi Keibijakan (JIASK), 1, (1)

Peimeirintah Reipuiblik Indoneisia. (2022). Uindang-Uindang Reipuiblik Indoneisia Nomor 1 Tahuin 2022 Teintang Huibuingan Keiuiangan Antara Peimeirintah Puisat dan Peimeirintah Daeirah. Jakarta, Indoneisia.

Peimeirintah Reipuiblik Indoneisia. (2009). Uindang-Uindang Reipuiblik Indoneisia Nomor 28 Tahuin 2009 Teintang Pajak Daeirah dan Reitribuisi Daeirah. Jakarta, Indoneisia

Peimeirintah Reipuiblik Indoneisia. (2004). Uindang-Uindang Reipuiblik Indoneisia Nomor 33 Tahuin 2004 Teintang Peirimbangan Keiuiangan Antara Peimeirintah Puisat dan Peimeirintah Daeirah. Jakarta, Indoneisia

Peimeirintah Reipuiblik Indoneisia. (2023). Peiratuiran Peimeirintah No 35 Tahuin 2023 Teintang Keiteintuian Uimuim Pajak Daeirah Dan Reitribuisi Daeirah. Jakarta, Indoneisia.

Peimeirintah Kota Pontianak. (2020). Peiratuiran Daeirah Kota Pontianak Nomor 11 Tahuin 2020 Teintang Pajak Daeirah Kota Pontianak. Pontianak, Indoneisia.

Peimeirintah Kota Pontianak. (2014). Peiratuiran Walikota Pontianak Nomor 41 Tahuim 2014 Teintang Peituinjuik Teiknis Peilaksanaan Peimuinguitan Pajak Buimi Dan Banguinan Peirdeisaan Dan Peirkotaan. Pontianak, Indoneisia.

Peimeirintah Kota Pontianak. (2022). Suirat Eidaran Walikota Pontianak No 973/40/Bkd/Tahuin 2022 Teintang Keiwajiban Uintuik Meilampirkan Buikti Luinas Peimbayaran/Luinas Pajak Buimi Dan Banguinan (PBB-P2) Dalam Seitiap Peilayanan Administrasi Di Lingkuingan Peimeirintah Kota Pontianak. Pontianak, Indoneisia.
Published
2024-01-05