Pengaruh Literasi Digital, Literasi Informasi, dan Literasi Media Pada Guru Sekolah Dasar Terhadap Keberhasilan Penerapan Kurikulum Merdeka

  • Ngafifurrohman Ngafifurrohman Program Pascasarjana, Universitas Terbuka
  • Maximus Gorky Sembiring Program Pascasarjana, Universitas Terbuka
  • Johar Alimuddin Program Pascasarjana, Universitas Terbuka
Keywords: Kurikulum Merdeka, Literasi Digital, Literasi Media

Abstract

Penelitian ini menyelidiki pengaruh literasi digital, literasi media, dan literasi informasi terhadap keberhasilan penerapan Kurikulum Merdeka, khususnya pada penggunaan Platform Merdeka Mengajar di guru sekolah dasar di kecamatan Kroya. Penerapan Kurikulum Merdeka pada guru-guru tersebut secara umum mencapai skor rata-rata tinggi sebesar 60,12. Variabel literasi digital, literasi media, dan literasi informasi masing-masing memiliki pengaruh sebesar 74,5%, 67,4%, dan 86,2%. Ketiganya bersama-sama memberikan pengaruh sebesar 87,2%. Model regresi linear terbaik menghasilkan Adjusted R Square sebesar 87,6%, yang menunjukkan kombinasi literasi media dan literasi informasi memiliki pengaruh paling signifikan. Rekomendasi untuk guru adalah menguasai ketiga kemampuan literasi secara bersama-sama. Penelitian selanjutnya diharapkan melibatkan lebih banyak variabel bebas dan berlokasi di berbagai tempat untuk pemahaman yang lebih mendalam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Simons, M., Meeus, W., & T'Sas, J. (2017). Measuring Media Literacy for Media Education. Development of a Questionnaire for Teachers' Competencies. Journal of Media Literacy Education, 100.

A, A., H N, H., RM, S., D, F., L, M., & N, S. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of "Merdeka Belajar". Studies in Philosophy of Science and Education , 38-49.

Aiken, L. R., & Groth Mamat, G. (2008). Pengetesan dan Pemeriksaan Psikologi Edisi 12. Jakarta: PT.Indeks.

Alawiyah, I. A. (2020). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Kemampuan Pengguna Aplikasi Rapor Digital Di MA Minhajut Tholabah Purbalingga. Skripsi (p. Fakultas Ilmu Tarbiah dan Keguruan). Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.

Ali, M. (2009). Pendidikan untuk Pembangunan Nasional. Jakarta: Grasindo.

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu PendekatanPraktek. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Aufderheide, P. (1992). The National Leadership Conference on Media Literacy. Queenstown: The Aspen Institute Wye Center.

Augusty, F. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Baran, S. J., & Dennis, D. K. (2010). Teori Ilmu Komunikasi Massa : Dasar Pergolakan, dan Masa Depan. Jakarta: Salemba Humanika.

Bawden. (2001). Information and Digital Literacies: A Review of Concepts. Journal of Documentation, 218-259.

Bayu, D. (2022, Juni 10). DataIndonesia.id. Retrieved Oktober 19, 2022, from APJII: Pengguna Internet Indonesia Tembus 210 Juta pada 2022: https://dataindonesia.id/digital/detail/apjii-pengguna-internet-indonesia-tembus-210-juta-pada-2022

Behrens, S. (1994). A conceptual analysis and historical review of information. College and Research Librarie, 310.

Bruce, C. (1997). The Seven Faces Of Information Literacy. Adelaide: Auslib Press.

Davis, C. H., & Shaw, D. (2011). Introduction to information science. Medford,NJ: Information Today.

Direktorat Sekolah Dasar. (2022). Platform Merdeka Mengajar. Retrieved Oktober 19, 2022, from Direktorat Sekolah Dasar: https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/platform-merdeka-mengajar#

Djamarah, S. B. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fauji, I. (2023). Literasi Membaca dalam Kurikulum Merdeka dan Kohorensinya dengan Karakteristik Anak Usia Jenjang Sekolah Dasar. Tesis Institut PTIQ Jakarta.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ke 4) . Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ke 8) Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gilster, P. (1997). Digital literacy. New York: Wiley Computer Pub.

Grabe, W., & Kaplan, R. (1992). Introduction to Applied Linguistics . New York: Addison-Wesley Publishing Company.

Hasanah, N., Sembiring, M., Afni, K., Dina, R., & Wirevenska, I. (2022). Sosialisasi kurikulum merdeka merdeka belajar untuk meningkatkan pengetahuan para guru di SD Swasta Muhamaddiyah 04 Binjai. Ruang Cendikia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 235-238.

Hatta, H. (2018). Empat Kompetensi Untuk Membangun Profesionalisme Guru. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Ihsan, F. (2013). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Indonesia. (2003). Undang-undang Sistem Pendidikan Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Bab VI Pasal 17. Jakarta.

Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Pasal 8 Kompetensi Guru. Jakarta: Republik Indonesia.

Indonesia. (2005). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 14.

Kemendikbud. (2017). Gerakan Litersi Nasional. Jakarta: TIM GLN Kemendikbud.

Kemendikbud. (2022, Oktober 22). Tentang Kurikulum Merdeka. Retrieved November 1, 2022, from Merdeka Mengajar: https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6824331505561-Tentang-Kurikulum-Merdeka

Naibaho, K. (2007, Desember 9). Menciptakan Generasi Literat Melalui Perpustakaan. Retrieved Oktober 30, 2022, from Perpustakaan Nasional Republik Indonesia: https://www.perpusnas.go.id/magazine-detail.php?lang=en&id=8080

PISA. (2018). Programme for International Student Assessment. Retrieved November 2, 2022, from Programme for International Student Assessment: https://www.oecd.org/pisa/#

Potter, W. J. (2004). Theory of Media Literacy: A Cognitive Approach. SAGE Publications, Inc.

Prabowo, D. A., Fathoni, M. Y., Toyib, R., & Sunardi, D. (2021). Sosialisasi Aplikasi Merdeka Mengajar Dan Pengisian Konten Pembelajaran Pada SMK 3 Seluma Untuk Mendukung Program SMK- PK Tahun 2021. JPMTT (Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan), 55-60.

Pratikno, Y., Hermawan, E., & Arifin, A. L. (2022). Human Resource 'Kurikulum Merdeka' from Design to Implementation in the School: What Worked an What not in Indonesia Education. Jurnal Iqra' Kajian Ilmu Pendidikan, 326-343.

Robbins, S. P., Judge, T. A., & Angelica, D. (2008). Perilaku organisasi. Buku 2. Edisi ke-12. Jakarta: Salemba Empat.

Santosa, R. G. (2004). Statistik. Yogyakarta: Andi Offset.

Sari, A. S., Pramesti, C., Suryanti, & R.S, R. S. (2022). Sosialisasi Platform Merdeka Mengajar Sebagai Wadah Belajar dan Berkreasi Guru. Jurnal Penamas Adi Buana Volume 6 No.01.

Sekaran, U. (2006). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Setiariny, E. (2023). Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Sebagau Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru. Jurnal Lingkar Mutu Pendiidikan, 23-33.

Sevima, A. (2020, Oktober 14). Pengertian Literasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Prinsip. Retrieved Oktober 30, 2022, from Sevima: https://sevima.com/pengertian-literasi-menurut-para-ahli-tujuan-manfaat-jenis-dan-prinsip/

Singarimbun, M., & Efendi, S. (1989). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Siregar, R. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Wilayah 18 Kecamatan Percut Sei Tuan. Tesis.

Sugiyono. (2004). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyarini, W., & Fatonah, S. (2022). Pengaruh Pemahaman Literasi Digital dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Era Digital Learning. Educationa Learning and Innovation, 42-72.

Sulistyarini, W., & Fatonah, S. (2022). Pengaruh Pemahaman Literasi Digital dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Era Digital Learning. Journal of Educational Learning and Innovation, 42-72.

Suroya, H. (2021). Pengaruh Literasi Informasi, Literasi Media dan Literasi Digital Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAI SMAN Se-Kabupaten Blitar. Program Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim, Tesis.

Tamburaka, A. (2013). Literasi Media. Jakarta: Raja Grafindo.

Teale, W. H., & Sulzby, E. (1986). Emergent Literacy: Writing and Reading. University of Minnesota: Ablex Publication Corp.

Tri, F. (2020). 4 Kompetensi Guru yang Wajib Dimiliki oleh Calon Guru. Retrieved November 1, 2022, from Guru Binar: https://gurubinar.id/blog/4-kompetensi-guru-yang-wajib-dimiliki-oleh-calon-guru?blog_id=53

Vidiadari, I. S., Tunggal, I. D., & Prahasiwi, C. S. (2021). Peningkatan Kapasitas Literasi Media dan Informasi pada Guru SMA Tarakanita Magelang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 262-270.

Walpole, R., & Myers, R. H. (1995). Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuan Terjemahan RK Sembiring. Bandung: ITB Bandung.

Yayuk, E., Restian, A., & Ekowati, D. W. (2023). Literasi Numerasi dalam Kerangka Kurikulum Merdeka Berbasis Art Education. International Journal of Community Service Learning, 228-238.
Published
2024-02-12