Pengembangan Konten Personal Branding Melalui Akun Instagram yang dilakukan oleh Bunda Ayu Tjiptaningsih Sebagai Wakil Bupati Cirebon

  • Fitri Ayu Triana Putri Fakultas Ilmu Terapan/D3 Digital Marketing, Universitas Telkom
  • Donni Juni Priansa Fakultas Ilmu Terapan/D3 Digital Marketing, Universitas Telkom
Keywords: merek personal, media sosial Instagram

Abstract

Media sosial tidak lagi hanya sekedar media komunikasi dan interaksi, namun juga bisa menghadirkan sesuatu yang baru sebagai wadah personal branding. Salah satu media sosial yang sering digunakan untuk membangun merek personal adalah Instagram. Bunda ayu tjiptaningsih wakil bupati cirebon dengan akun instagram @bundaayutjiptaningsih menggunakan fitur instagram untuk membangun merek personalnya sebagai wakil masyarakat kabupaten cirebon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana ia mengkonstruksi citra dirinya melalui media sosial Instagram. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menemukan Bunda Ayu Tjiptaningsih di akun media sosial Instagram membagi kontennya menjadi tiga bagian. Vlog hariannya tentang pekerjaan biasanya menyertakan konten yang dibuat selama bekerja dan beraktivitas. Vlog harian non-kerja biasanya termasuk yang dibuat selama bekerja tetapi tidak direncanakan dan yang terakhir spesial. Konten atau konten khusus yang dirancang dan dibuat untuk membantu UMKM di sekitarnya. Bentuk kontennya bisa berupa podcast atau kunjungan langsung ke pabrik UMKM-nya. Penggunaan Instagram pada akun @bundaayutjiptaningsih dapat dievaluasi dengan menggunakan 7 Konsep personal branding sebagai bentuk inklusi sebagai indikator positif. Penggunaan media sosial yang dilakukan telah mendekatkan individu dan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-24