Komunikasi Politik Prabowo Meraih Suara Anak Muda dalam Acara “Mata Nazwa: Bicara Gagasan”

  • Muzahid Akbar Hayat Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
  • Ahsanu Amalaa Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
  • Ariansyah Ariansyah Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
  • Erny Fuji Astuti Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
  • Lasmiati Lasmiati Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Keywords: Komunikasi Politik, Suara Anak Muda, Mata Nazwa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai strategi komunikasi politik Prabowo Subianto dalam usahanya meraih suara anak muda menjelang Pemilu 2024 dalam acara ‘Mata Nazwa Bicara Gagasan di UGM’. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu metode observasi dan dokumentasi. Teknik observasi pada penelitian ini adalah dengan cara mengamati video pada akun Narasi TV episode Mata Nazwa:Bicara gagasan. Sedangkan, metode dokumentasi dilakukan dengan cara mengumpulkan segala informasi dan bahan gambar visual berupa screenschoot video dan komentar dari Mata Nazwa:Bicara gagasan bersama Prabowo Subianto. Penelitian ini menemukan bahwa strategi komunikasi politik Prabowo Subianto dalam acara ‘Mata Nazwa Bicara Gagasan di UGM’ memiliki sejumlah latar belakang menarik, di antaranya: 1) pentingnya anak muda dalam politik, 2) pemilihan umum 2024 yang kritis, dan 3) peran media dan acara khusus. Acara ‘Mata Nazwa Bicara Gagasan di UGM’ menawarkan platform khusus di mana Prabowo berkomunikasi dengan anak muda. Terhitung sampai 01 November 2023, views video Prabowo bicara gagasan di Mata Nazwa terbanyak dengan jumlah 1.000.000 views. Penelitian ini memberikan gambaran mengenai strategi komunikasi politik Prabowo Subianto dalam meraih suara anak muda menjelang Pemilu 2024.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-24