Pengaruh Brand Image, Kualitas Pelayanan, dan Lingkungan Fisik Terhadap Keputusan Pasien Menggunakan Pelayanan Kesehatan di Instalasi Rawat Inap RSUP Dr Sitanala Tangerang
Abstract
Meningkatnya jumlah rumah sakit membuat persaingan di industri medis semakin ketat. Hanya rumah sakit dengan brand image yang baik, pelayanan berkualitas tinggi, dan lingkungan fisik yang memadai yang dapat bertahan dan unggul, karena dapat mempengaruhi keputusan pasien dalam menggunakan layanan kesehatan. Keputusan seorang pasien untuk menggunakan layanan kesehatan instalasai rawat inap di suatu rumah sakit merupakan hal yang penting karena mempengaruhi pendapatan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh brand image, kualitas pelayanan, dan lingkungan fisik terhadap keputusan pasien secara parsial maupun bersama-sama. Penelitian kuantitatif kausalitas. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan dengan kriteria yang belum mendapatkan pelayanan rawat inap di RSUP Dr Sitanala Tangerang, usia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun, dan menggunakan pilihan secara mandiri (NON BPJS), dengan jumlah sampel sebanyak 92 sampel. Teknik analisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan secara parsial brand image mempengaruhi secara positif terhadap keputusan pasien menggunakan pelayanan kesehatan rumah sakit. Kualitas pelayanan mempengaruhi secara positif terhadap keputusan pasien menggunakan pelayanan kesehatan rumah sakit. Lingkungan fisik mempengaruhi secara positif terhadap keputusan pasien menggunakan pelayanan kesehatan rumah sakit. Secara bersama-sama variabel brand image, kualitas pelayanan, dan lingkungan fisik terhadap keputusan pasien. Hasil ini secara implikasi teoritik mendukung teori dan penelitian sebelumnya. Secara manajerial diharapkan manajemen rumah sakit mengembangkan strategi atau kebijakan untuk mengotimalkan keputusan pasien melalui peningkatan brand image, kualitas pelayanan dan lingkungan fisik rumah sakit.
Downloads
Copyright (c) 2024 Dwi Ridha Tama, Hasyim Hasyim, M. Reza Hilmy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.