Pengaruh Kepercayaan Akan Simulasi Virtual Try On terhadap Niat Beli di E-commerce

  • Imagodeo Bideyesa Laimeheriwa Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Bunda Mulia
  • Agung Stefanus Kembau Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Bunda Mulia
Keywords: Commerce, Augmented Reality, Simulasi Virtual Try-On, Fitur Interaktif, Realisme Visual, Kepercayaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kepercayaan akan fitur interaktif dan realisme visual pada simulasi virtual try-on terhadap niat beli di e-commerce. Penelitian ini menggunakan metode campuran yaitu menggambungkan metode kuantitatif dan metode kualitatif dengan tujuan untuk menjamin temuan yang beralasan dan memvalidasi data yang telah dianalisa. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu kuesioner (kuantitatif) dan wawancara (kualitatif), dengan sampel sebanyak 391 responden dan 4 narasumber. Populasi yang ditentukan yaitu masyarakat daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi (Jabodetabek), dengan sampel yang diambil yaitu pengguna yang pernah dan belum pernah menggunakan simulasi virtual try-on. Analisa data dilakukan menggunakan software Smart-PLS versi 4.0.9.6, dengan menguji outer model dan inner model. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa karakteristik simulasi AR berpengaruh terhadap kepercayaan. Kepercayaan akan simulasi virtual try-on berpengaruh positif terhadap niat beli. Pengalaman pengguna berpengaruh signifikan memoderasi hubungan antara fitur interaktif terhadap kepercayaan dan tidak berpengaruh memoderasi hubungan antara realisme visual terhadap kepercayaan. Penelitian ini menemukan bahwa keberadaan pengalaman pengguna mempelemah hubangan antara fitur interaktif dan kepercayaan. Impementasi simulasi virtual try-on pada e-commerce di Indonesia dapat dilakukan dengan memprioritaskan pengembangan fitur interaktif dan realisme visual untuk memperkuat kepercayaan konsumen bahwa hasil yang dilihat pada simulasi tersebut terlihat nyata. Saran dan harapan peneliti untuk penelitian selanjutnya yaitu adanya eksplorasi aspek-aspek lain yang dapat memengaruhi tingkat kepercayaan konsumen terhadap simulasi virtual try-on. Misalnya, resiko keamanan data dan privasi guna untuk menggali kompleksitas dalam pembentukan kepercayaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-24