Kasus Bullying Dunia Pendidikan di Indonesia dari Perspektif Media dan Pemberitaannya
Abstract
Kasus bullying di kalangan pelajar Indonesia hingga kini masih menjadi permasalahan dalam dunia pendidikan Indonesia. Banyaknya kasus bullying yang terjadi di sekolah Indonesia yang terkuak ke masyarakat, membuat media Indonesia beramai-ramai memberitakan tindakan perundungan yang ada di dunia pendidikan Indonesia. Berita yang disajikan oleh media terdiri dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari SD hingga SMA/SMK dan kebanyakan media massa Indonesia dalam memberitakan kasus perundungan di lingkungan sekolah diberitakan secara berkala. Tujuan penelitian untuk melihat dampak dari berita-berita mengenai kasus perundungan yang diangkat oleh media Indonesia dapat mengurangi populasi pelaku tindakan bullying atau semakin meningkatkan tindakan kasus perundungan di dunia pendidikan Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi dokumentasi untuk mengumpulkan data-data korban bullying dan berita yang telah diangkat oleh media massa Indonesia di kalangan pelajar. Berdasarkan hasil penelitian, media massa Indonesia telah berupaya dalam menangani kasus perundungan di kalangan pelajar di Indonesia, berupa edukasi tentang dampak dari bullying dan data korban dari tindakan bullying. Tetapi hal ini tidak terlalu memberikan efek besar untuk mengurangi tindak kekerasan bullying di dunia pendidikan Indonesia, karena setelah viralnya beberapa kasus bullying di media pemberitaan Indonesia ternyata kasus bullying di lingkungan sekolah tetap terjadi.
Downloads
Copyright (c) 2024 Chairani Asyifah, Mas Agus Firmansyah, Dwi Aji Budiman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.