Engagement Masyarakat dan Content Analysis terhadap Akun Instagram Lembaga Kementerian

  • Dyah Pangesti Fakultas Ilmu Komputer, Program Studi Magister Teknologi Informasi, Universitas Indonesia
  • Achmad Nizar Hidayanto Fakultas Ilmu Komputer, Program Studi Magister Teknologi Informasi, Universitas Indonesia
Keywords: engagement analysis, content analysis, Instagram, media sosial, Kementerian

Abstract

Penelitian terkait engagement pada sektor publik pada media sosial Instagram masih jarang dilakukan sehingga belum banyak hasil evaluasi untuk peningkatan engagement masyarakat maupun perbaikan kualitas konten. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat engagement masyarakat dan karakteristik konten pada akun Instagram Lembaga Kementerian Kabinet Indonesia Maju. Data profil dan post dikumpulkan dari 34 akun dari awal waktu akun tersebut dibuat. Penarikan data menggunakan service tools yang dikembangkan oleh Phantombuster. Analisis data dilakukan secara kuantitatif untuk melihat pengaruh variabel yang mempengaruhi tingkat engagement akun Lembaga Kementerian dan secara kualitatif untuk melihat karakteristik konten dengan memilih 5 post yang memiliki tingkat engagement tertinggi dari setiap akun Lembaga Kementerian. Hasil analisis ditemukan bahwa semakin banyak jumlah post semakin tingkat engagement, namun jumlah follower tidak memberikan pengaruh yang signifikan begitupun dengan media type. Sedangkan komponen karekteristik konten yang dianalisis (content type, dialogic loop, dan information richness) memberikan deskripsi yang berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-14