Penggunaan Media Sosial Instagram Ganjar Pranowo dalam Kampanye Politik Pemilihan Presiden Tahun 2024
Abstract
Pada era digital saat ini sosial media khususnya Instagram telah menjadi wadah yang paling diminati untuk berbagi macam informasi dengan sumber yang cukup akurat. Oleh karena itu dengan adanya instagram tidak hanya masyarakat biasa tetapi partai politik dan kandidat mulai melihat celah untuk mempromosikan produk mereka, bahkan menjelang pemilu legislative partai politik mulai menaikan popularitas calonnya menggunakan instagram sebagai media kampanye. Tujuan dalam penelitian ini khususnya adalah untuk mengetahui dan menganalisis Penggunaan media sosial instagram Ganjar pranowo dalam kampanye politik pemilihan calon presiden tahun 2024. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang memberikan gambaran secara jelas mengenai bagaimana proses kampanye politik di media sosial akun Instagram @ganjar_pranowo pada Kampanye calon presiden 2024, dengan teknik pendekatan teori Empati & Teori Homofili yang mana data dikumpulkan melalui survei, observasi dan pengumpulan data baik melalui buku maupun jurnal nasional dan internasional, dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dari sekian banyak postingan yang dilakukan oleh Ganjar Pranowo menceritakan bawah dia adalah sosok pemimpin, dekat dan dicintai oleh masyarakat. dengan kata lain peneliti dapat menyimpulkan konten instagram milik Ganjar Pranowo adalah (1) Kompetensi; (2) Empati; (3) Gaya Personal.
Downloads
Copyright (c) 2024 Muzahid Akbar Hayat, Husen Arif Hidayat, Elis Pebtianti, Erdyan Jaya Maulana, Takdir Ali Syahbana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.