Studi Deskriptif Tentang Efektivitas Program Layanan go Sigap di Kepolisian Resort (Polres) Gresik

  • Illiyun Firdausih Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga
Keywords: Efektivitas, E-Government, Program Layanan GO SIGAP

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas program layanan GO SIGAP Polres Gresik dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Program ini merupakan upaya peningkatan pelayanan kepolisian dalam menangani laporan kejahatan di Kabupaten Gresik. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif digunakan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, studi dokumentasi, dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan kurangnya efektivitas program, disebabkan oleh sasaran yang tidak tercapai, kurangnya sosialisasi terstruktur, lambatnya proses pelayanan, dan pemantauan program yang tidak rutin. Faktor-faktor seperti teknologi, lingkungan fisik, dan lingkungan sosial budaya juga memengaruhi efektivitas program ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agoes. 1996. Auditing (Pemeriksaan Akuntan) Oleh Kantor Akuntan Publik.
Jakarta: Lembaga Penerbit FE-UI.

Arikunto. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Aneka Cipta

Atik dan Ratminto. 2005. Manajemen Pelayanan, Disertai dengan Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bogdan, Robert. 1992. Pengantar Metoda Penelitian Kualitatif: Suatu Pendekatan Fenomenologis Terhadap Ilmu-Ilmu Sosial, Surabaya: Usaha Nasional.

Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya : Universitas Airlangga.
C. R. Semiawan. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo. Campbell. 1989. Riset dalam Efektivitas Organisasi, Terjemahan Sahat Simamora. Jakarta: Erlangga.

Creswell, John. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Creswell, John. 2014. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: Memilih di Antara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Effendy. 1989. Kamus Komunikasi. Bandung: PT. Mandar Maju.

Farida, Jasfar. 2012. 9 Kunci Keberhasilan Bisnis Jasa. Jakarta : Salemba Empat.

H.A.S. Moenir. 2006. Manajemen Umum di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Indrajit, Richardus E. 2002. Electronic Government: Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Indrajit, Richardus E. 2005. E-Government In Action. Yogyakarta: Penerbit Andi. Juliantara, Dadang. 2005. Peningkatan Kapasitas Pemerintah Daerah Dalam Pelayan Publik. Yogyakarta : Pembaruan.

Khairul, Muluk M. 2008. Knowledge Management Kunci Sukses Inovasi Pemerintah Daerah. Jatim: Bayumedia Publishing.

Kunarjo. 2002. Perencanaan dan Pengendalian Program Pembangunan. Jakarta: UI Press.

Kuncoro, Mudrajad. 2003. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi: Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis?. Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaharuan.

Loebbeecke, Alvin A.J.K. 1988. Auditing, Suatu Pendekatan Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Mahsun. 2006. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: BPFE.

Mathew J. Miles, dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode Baru. Jakarta: UI Press.

Moleong, J. Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution. 1983. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Prastowo, Andi. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Medi. Ratminto. 2006. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Satori. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Setyaningrum , Erna. 2017. Inovasi Kebijakan Pelayanan Publik: Best Practice di Indonesia. Surabaya: Airlangga University Press.

Silalahi, Ulber. 2009. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama. Steers, M. Richard. 1985. Efektivitas Organisasi Perusahaan. Jakarta: Erlangga.
Strauss, Anselm dan Juliet Corbin. 2003. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif.
Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Subarsono. 2015. Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori, dan Praktek.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta.
Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. Suryabrata, Sumadi. 1987. Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali.
Supriyono, R. A. 1990. Pemeriksaan Manajemen (Management Auditing) dan Pengawasan Pemerintahan Indonesia. Yogyakarta: Penerbit BPFE.
Suyanto, Bagong & Sutinah. 2005. Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Prenada Media.
Tangkilisan. 2005. Manajemen Publik. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi. Wardiyanta. 2006. Metode Penelitian Pariwisata. Yogyakarta: CV. Andi Offset. Yudiswan, Adex. 2016. Gajah Mada. Makasaar: Rayhan Intermedia.

Hasibuan dan Santoso. 2005. Standarisasi Aplikasi E-Government Untuk Instansi Pemerintah. ITB: Prosiding Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia, diakses melalui www.e-dokumen.kemenag.go.id pada tanggal 25 Mei 2018 pukul 06.30 WIB

Marieta, Diana, Alin Opreana, Marian Pompiliu. 2010. Efficiency, Effectiveness, and Performance of The Public Sector. Romanian Journal of Economic Forecasting. The Institute for Economic Forecasting. Vol. 4, No. 10.

Karhi , Nisjar. 1997. Beberapa Catatan Tentang “Good Governance”. Jurnal Administrasi dan Pembangunan, Jakarta: Himpunan Sarjana Administrasi Indonesia, Vol. 1, No. 2.

Sari, Dian Permata dan T. Sumarti. 2017. Analisis Efektivitas Program Pemberdayaan Anak Jalanan di Rumah Singgah Tabyun Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. ITB: Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Vol. 1 No. 1.

Suryana. 2009. Implementasi Kebijakan Tentang Pengujian Kendaraan Bermotor Di Kabupaten Aceh Tamiang. Tesis: Program Pascasarjana Universitas Sumatera Utara Medan.

Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government.

Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) Polres Gresik Tahun 2016.

Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 11 Tahun 2005 tentang Pelayanan Publik Provinsi Jawa Timur.

Standar Operasional Prosedur (SOP) GO SIGAP. 2017. Polisi Daerah Jawa Timur Resort Gresik.

Sub Direktorat Statistik Politik dan Keamanan. 2018. Statistik Kriminal 2017. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945.

Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 2017. Hasil Survey Komposisi Pengguna Internet Indonesia. Diakses melalui https://apjii.or.id/content/read/39/342/Hasil-Survei-Penetrasi-dan-Perilaku- Pengguna-Internet-Indonesia-2017 pada tanggal 12 Mei 2018 pukul 19.50 WIB

BPS Kabupaten Gresik. 2018. Kabupaten Gresik Dalam Angka 2017. Diakses melalui https://gresikkab.bps.go.id/publication/2017 pada tanggal 11 Mei 2018 pukul 16.07 WIB

GO SIGAP dalam Government 3.0. 2016. Diakses melalui http://gresiknews.co/2016/12/sabet-tiga-penghargaan-spektakuler-polres- gresik-raih-predikat-terbaik-se-indonesia pada tanggal 20 Januari 2018 pukul 11.51 WIB
Published
2024-01-09