Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar Pada Komunitas Masyarakat Adat Bonokeling Desa Pekuncen Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik khas Komunitas Masyarakat Adat Bonokeling Desa Pekuncen Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas, serta menjelaskan metode yang mereka terapkan dalam pendidikan karakter untuk anak usia sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan mengambil data melalui wawancara langsung, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik khas Komunitas Masyarakat Adat Bonokeling adalah religius dan toleransi. Metode yang diterapkan dalam pendidikan karakter anak usia sekolah dasar adalah dengan cara pitutur secara langsung, mengenalkan adat budaya yang mengandung nilai-nilai karakter luhur melalui praktek langsung dalam kegiatan adat dan pola kehidupan sehari-hari. Namun, pengaruh modernisasi dan perkembangan teknologi menyebabkan nilai karakter religius dan toleransi pada anak-anak usia sekolah dasar di Komunitas Masyarakat Adat Bonokeling mulai menurun. Penelitian ini memberikan manfaat teoritis dan praktis dalam meningkatkan pendidikan karakter di komunitas tersebut serta menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya.
Downloads
Copyright (c) 2024 Dwi Fitri Yahni, Maria Ulpah, Siti Aisyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.