Perilaku Perundungan dan Strategi Penanganannya di SD Negeri Pagedangan 02

  • Indah Sapitri Program Pascasarjana, Universitas Terbuka
  • Johar Alimuddin Program Pascasarjana, Universitas Terbuka
  • Sandra Kusumaning Adji Program Pascasarjana, Universitas Terbuka
Keywords: Bullying, peran guru, strategi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bentuk-bentuk bullying yang terjadi pada kelas atas di SD Negeri Pagedangan 02 Adiwerna (2) Peran guru kelas atas di SD Negeri Pagedangan 02 Adiwerna terhadap bullying (3) Cara mengatasi bullying pada kelas atas di SD Negeri Pagedangan 02 Adiwerna (4) Hambatan yang dialami guru dalam mengatasi kasus bullying pada siswa kelas atas di SD Negeri Pagedangan 02 Adiwerna. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif, informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas atas, pelaku dan korban Teknik pengumpulan data wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Data dianalisis interaktif dengan cara reduksi data, penyajian data, kemudian menarik kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukan (1) Bentuk-bentuk bullying yang terjadi pada kelas atas yaitu bullying verbal dan fisik, (2) Peran guru terhadap bullying pada siswa kelas atas sebagai orang yang membimbing atau yang memberi nasehat dan mengarahkan serta membina siswa sehingga dapat mengatasi kasus atau masalah yang terjadi, (3) cara mengatasi bullying yaitu memanggil siswa, meminta menceritakan apa yang terjadi, memberi nasehat, dan memberikan sanksi atau hukuman, dan (4) hambatan yang terjadi, mudahnya siswa mengulangi perilaku bullying, orang tua siswaa merasa anaknya benar, peran aktif orang tua masih kurang

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-12