Transfer Pengetahuan Tacit di Perusahaan Keluarga
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk memahami proses transfer pengetahuan tacit di perusahaan keluarga yang bergerak di bisnis jamu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat eksploratif dengan menggunakan pendekatan studi kasus tunggal di sebuah perusahaan keluarga yang berusia lebih dari satu abad. Data terutama diperoleh melalui wawancara semi terstruktur dengan eksekutif anggota keluarga yang mewakili tiga generasi, dan eksekutif non anggota keluarga. Data lain berasal dari dokumen internal perusahaan dan sumber lain di eksternal perusahaan. Data kemudian diolah dengan menggunakan analisis isi. Hasil studi menunjukkan bahwa transfer pengetahuan tacit dilakukan melalui dua tahap sosialisasi, yaitu sosialisasi keluarga dan sosialisasi bisnis, dimana kedua tahap ini tidak tampak jelas batasnya. Pada tahap sosialisasi keluarga, para narasumber telah diperkenalkan dengan jamu tradisional dan khasiatnya sejak usia balita. Keyakinan akan khasiat jamu tradisional sejak kecil kemudian menjadi fondasi bisnis yang penting. Pada tahap sosialisasi bisnis, generasi kedua dan ketiga mengembangkan "kurikulum" yang harus diikuti oleh para penerusnya, untuk memudahkan mereka masuk dan terlibat aktif dalam bisnis keluarga.
Downloads
References
Anggadwita, G., Profityo, W. B., Alamanda, D. T., & Permatasari, A. (2020). Cultural values and their implications to family business succession: A case study of small Chinese-owned family businesses in Bandung, Indonesia. Journal of Family Business Management, 10(4), 281–292. https://doi.org/10.1108/JFBM-03-2019-0017
Belkhodja, O. (2022). Managing Knowledge Resources in Family Firms: Opportunity or Challenge? Sustainability (Switzerland), 14(9). https://doi.org/10.3390/su14095087
Bell, R., & Pham, T. T. (2021). Modelling the knowledge transfer process between founder and successor in Vietnamese family businesses succession. Journal of Family Business Management, 11(4), 479–495. https://doi.org/10.1108/JFBM-03-2020-0024
Boyd, B., Royer, S., Pei, R., & Zhang, X. (2015). Knowledge transfer in family business successions: Implications of knowledge types and transaction atmospheres. Journal of Family Business Management, 5(1), 17–37. https://doi.org/10.1108/JFBM-05-2014-0009
Chirico, F. (2008a). The Creation, Sharing and Transfer of Knowledge in Family Business. Journal of Small Business & Entrepreneurship, 21(4), 413–433. https://doi.org/10.1080/08276331.2008.10593433
Gamble, J. R. (2020). Tacit vs explicit knowledge as antecedents for organizational change. In Journal of Organizational Change Management (Vol. 33, Issue 6, pp. 1123–1141). Emerald Group Holdings Ltd. https://doi.org/10.1108/JOCM-04-2020-0121
Letonja, M., & Duh, M. (2016a). Knowledge transfer in family businesses and its effects on the innovativeness of the next family generation. Knowledge Management Research and Practice, 14(2), 213–224. https://doi.org/10.1057/kmrp.2015.25
MartÃnez, A. B., Galván, R. S., & Palacios, T. B. (2013a). Study of factors influencing knowledge transfer in family firms. Intangible Capital, 9(4), 1216–1238. https://doi.org/10.3926/ic.405
Motoc, A. (2020). Knowledge Dynamics in Family Businesses. Management Dynamics in the Knowledge Economy, 8(2), 145–157. https://doi.org/10.2478/mdke-2020-0010
Muthuveloo, R., Shanmugam, N., & Teoh, A. P. (2017). The impact of tacit knowledge management on organizational performance: Evidence from Malaysia. Asia Pacific Management Review, 22(4), 192–201. https://doi.org/10.1016/j.apmrv.2017.07.010
Nonaka, I., & Takeuchi, H. (1995). The Knowledge-creating Company: How the Japanese Company Create the Dynamics of Innovation (1st ed.). Oxford University Press.
Pipatanantakurn, K., & Ractham, V. V. (2022). The Role of Knowledge Creation and Transfer in Family Firm Succession. Sustainability (Switzerland), 14(10). https://doi.org/10.3390/su14105845
Sukini. (2018). Jamu Gendong, Solusi Sehat Tanpa Obat. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Tamer Cavusgil, S., Calantone, R. J., & Zhao, Y. (2003). Tacit knowledge transfer and firm innovation capability. Journal of Business & Industrial Marketing, 18(1), 6–21. https://doi.org/10.1108/08858620310458615
Tan, J. D., Supratikno, H., Pramono, R., Purba, J. T., & Bernarto, I. (2019a). Nurturing transgenerational entrepreneurship in ethnic Chinese family SMEs: exploring Indonesia. Journal of Asia Business Studies, 13(2), 294–325. https://doi.org/10.1108/JABS-04-2018-0132
Tan, J. D., Supratikno, H., Pramono, R., Purba, J. T., & Bernarto, I. (2019b). Nurturing transgenerational entrepreneurship in ethnic Chinese family SMEs: exploring Indonesia. Journal of Asia Business Studies, 13(2), 294–325. https://doi.org/10.1108/JABS-04-2018-0132
Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Design (6th ed.).
Copyright (c) 2024 Ningky Sasanti Munir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.