Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Self-Regulated Learning Mahasiswa

  • Adventina Situngkir Universitas Pelita Harapan
Keywords: pembelajaran online, evaluasi diri, manajemen waktu

Abstract

Self-regulated learning mahasiswa dapat diartikan sebagai suatu tindakan di mana mahasiswa mengambil peran aktif dalam mengendalikan pengalaman belajar mereka sendiri, sesuai dengan potensi yang dimiliki masing-masing. Pengendalian ini melibatkan pemilihan lingkungan belajar yang mendukung, pemanfaatan sumber belajar secara efisien, pengaturan informasi untuk pembelajaran, manajemen emosi positif saat menjalani tugas akademik, serta memiliki motivasi terkait kemampuan diri, nilai pembelajaran, dan faktor-faktor lain yang memengaruhi proses belajar. Mahasiswa dengan regulasi pembelajaran diri yang baik mampu menghadapi pengalaman dan melakukan refleksi diri dalam berbagai situasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh pembelajaran online terhadap regulasi pembelajaran diri mahasiswa.  Analisis data akan dilakukan menggunakan metode analisis regresi berganda, dan data yang terkumpul akan diolah menggunakan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 26.0. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner daring kepada responden. Berdasarkan hasil dari analisis regresi berganda bahwa pembelajaran online berpengaruh positif dan significant terhadap self-regulated learning mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-12