Strategi Pesan dan Strategi Media Lapas Kelas II A Karawang dalam Pembentukan Citra Melalui Media Sosial Instragram

  • Nurhayati Nurhayati Universitas Singaperbangsa Karawang, Jawa Barat, Indonesia
  • Ana Fitriana Poerana Universitas Singaperbangsa Karawang, Jawa Barat, Indonesia
  • Nurkinan Nurkinan Universitas Singaperbangsa Karawang, Jawa Barat, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang mencakup strategi komunikator, strategi pesan dan strategi media Lapas Kelas II A Karawang dalam pembentukan citra melalui media sosial instragram @LapasKarawang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Dari sisi strategi komunikasi, pengelola akun instagram di Lapas Karawang sudah berupaya membuat dan menampilkan gambar-gambar sesuai dengan kenyataan. Upaya ini dapat dilihat dari apa yang dimunculkan pada gambar-gambar di instagram Lapas Karawang. Strategi komunikator dapat dilihat dari upaya yang dilakukan dalam menyampaikan gagasan dan informasi melalui gambar-gambar di @LapasKarawang. Lebih dari 50 gambar/foto ditampilkan pada media ini. Hal ini menunjukkan upaya lapas dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Strategi pesan merupakan taktik utama atau pendekatan yang digunakan untuk menyampaikan tema dari suatu pesan. Dari instagram Lapas Karawang, dapat dilihat bahwa Lapas Karawang melalukan strategi dengan lingkup enam tayangan. Jadi dalam kaitan dengan stategi media Lapas Karawang dapat dilihat oleh informan bahwa telah dilakukan perencanaan media dengan diplubikasikannya foto foto terkait.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 19, 2021
How to Cite
NURHAYATI, Nurhayati; POERANA, Ana Fitriana; NURKINAN, Nurkinan. Strategi Pesan dan Strategi Media Lapas Kelas II A Karawang dalam Pembentukan Citra Melalui Media Sosial Instragram. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 6, p. 2957-2971, june 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/1519>. Date accessed: 03 aug. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i6.1519.