Strategi Pesan dan Strategi Media Lapas Kelas II A Karawang dalam Pembentukan Citra Melalui Media Sosial Instragram
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang mencakup strategi komunikator, strategi pesan dan strategi media Lapas Kelas II A Karawang dalam pembentukan citra melalui media sosial instragram @LapasKarawang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Dari sisi strategi komunikasi, pengelola akun instagram di Lapas Karawang sudah berupaya membuat dan menampilkan gambar-gambar sesuai dengan kenyataan. Upaya ini dapat dilihat dari apa yang dimunculkan pada gambar-gambar di instagram Lapas Karawang. Strategi komunikator dapat dilihat dari upaya yang dilakukan dalam menyampaikan gagasan dan informasi melalui gambar-gambar di @LapasKarawang. Lebih dari 50 gambar/foto ditampilkan pada media ini. Hal ini menunjukkan upaya lapas dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Strategi pesan merupakan taktik utama atau pendekatan yang digunakan untuk menyampaikan tema dari suatu pesan. Dari instagram Lapas Karawang, dapat dilihat bahwa Lapas Karawang melalukan strategi dengan lingkup enam tayangan. Jadi dalam kaitan dengan stategi media Lapas Karawang dapat dilihat oleh informan bahwa telah dilakukan perencanaan media dengan diplubikasikannya foto foto terkait.
Downloads
References
Alkausarni. (2017). Strategi Komunikasi Lembaga Pemasyarakatan Dalam Merehabilitasi Pengguna Narkoba. Universitas Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Google Scholar
Arifin, Anwar. (1988). Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar Ringkas. Rajawali. Google Scholar
Clow, Kenneth E., & Baack, Donald. (2007). Integrated Advertising, Promotion And Communications. New Jersey: Pearson. Google Scholar
Cresswell, J. W. (2017). Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed (Edisi Ketiga). Yogyakarta: Pustaka Belajar. Google Scholar
Effendy, O. (1981). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Alumni. Google Scholar
Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu, Teori Dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti. Google Scholar
Gunda, Shravan Kumar, Mutya, Sri Swathi, Durgam, Sharada, Lokirevu, Vijaya Lakshmi, & Shaik, Mahmood. (2015). Three-Dimensional Quantitative Structure Activity Relationship Studies On Diverse Structural Classes Of Natural Flavonoids As Amv And Hiv Reverse Transcriptase Inhibitors Using Comfa And Comsia. International Journal Of Pharmaceutical Sciences And Research, 6(4), 1517. Google Scholar
Indrawan, Danang Arbinanto, & Budiarti, Anindhyta. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran, Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian App Ktm Roda Tiga. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (Jirm), 6(1). Google Scholar
Lastri Ariptiani, Lestari. (2014). Peranan Lembaga Pemasyarakatan Dalam Pembinaan Keagamaan Terhadap Narapidana (Studi Deskriptif Mengenai Narapidana Narkoba Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas Ii A Karawang). Uin Sunan Gunung Djati Bandung. Google Scholar
Liliweri, Alo. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna, Edisi Pertama Cetakan Ke-1. Kencana Prenada Media Group. Jakarta. Google Scholar
Pratiwi, Arien Dewi. (2017). Hubungan Budaya Organisasi Dengan Kepuasan Kerja Anggota Polri Di Polres Kulonprogo. Universitas Islam Indonesia. Google Scholar
Rosady, Ruslan. (2013). Metode Penelitian Public Relations Dan Komunikasi. Metode Penelitian Public Relations Dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Google Scholar
Salbino, Sherief. (2014). Buku Pintar Gadget Android Untuk Pemula. Jakarta: Kunci Komunikasi. Google Scholar
Sugiyono, Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung. Google Scholar
Suryana, Achmad, Agustian, Adang, & Yofa, Rangga Ditya. (2018). Alternatif Kebijakan Penyaluran Subsidi Pupuk Bagi Petani Pangan. Analisis Kebijakan Pertanian, 14(1), 35–54. Google Scholar
Tarsito, Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung. Google Scholar
West, Richard, & Turner, Lynn H. (2008). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis Dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika. Google Scholar