Strategi Pesan dan Strategi Media Lapas Kelas II A Karawang dalam Pembentukan Citra Melalui Media Sosial Instragram

  • Nurhayati Nurhayati Universitas Singaperbangsa Karawang, Jawa Barat, Indonesia
  • Ana Fitriana Poerana Universitas Singaperbangsa Karawang, Jawa Barat, Indonesia
  • Nurkinan Nurkinan Universitas Singaperbangsa Karawang, Jawa Barat, Indonesia
Keywords: stategi komunikasi, strategi komunikator, srategi pesan, strategi media

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang mencakup strategi komunikator, strategi pesan dan strategi media Lapas Kelas II A Karawang dalam pembentukan citra melalui media sosial instragram @LapasKarawang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Dari sisi strategi komunikasi, pengelola akun instagram di Lapas Karawang sudah berupaya membuat dan menampilkan gambar-gambar sesuai dengan kenyataan. Upaya ini dapat dilihat dari apa yang dimunculkan pada gambar-gambar di instagram Lapas Karawang. Strategi komunikator dapat dilihat dari upaya yang dilakukan dalam menyampaikan gagasan dan informasi melalui gambar-gambar di @LapasKarawang. Lebih dari 50 gambar/foto ditampilkan pada media ini. Hal ini menunjukkan upaya lapas dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Strategi pesan merupakan taktik utama atau pendekatan yang digunakan untuk menyampaikan tema dari suatu pesan. Dari instagram Lapas Karawang, dapat dilihat bahwa Lapas Karawang melalukan strategi dengan lingkup enam tayangan. Jadi dalam kaitan dengan stategi media Lapas Karawang dapat dilihat oleh informan bahwa telah dilakukan perencanaan media dengan diplubikasikannya foto foto terkait.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afkarina, Nur Izza. (2018). Strategi Komunikasi Humas Dalam Membentuk Public Opinion Lembaga Pendidikan. Jurnal Idaarah, 2(1), 50–63. Google Scholar

Alkausarni. (2017). Strategi Komunikasi Lembaga Pemasyarakatan Dalam Merehabilitasi Pengguna Narkoba. Universitas Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Google Scholar

Arifin, Anwar. (1988). Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar Ringkas. Rajawali. Google Scholar

Clow, Kenneth E., & Baack, Donald. (2007). Integrated Advertising, Promotion And Communications. New Jersey: Pearson. Google Scholar

Cresswell, J. W. (2017). Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed (Edisi Ketiga). Yogyakarta: Pustaka Belajar. Google Scholar

Effendy, O. (1981). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Alumni. Google Scholar

Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu, Teori Dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti. Google Scholar

Gunda, Shravan Kumar, Mutya, Sri Swathi, Durgam, Sharada, Lokirevu, Vijaya Lakshmi, & Shaik, Mahmood. (2015). Three-Dimensional Quantitative Structure Activity Relationship Studies On Diverse Structural Classes Of Natural Flavonoids As Amv And Hiv Reverse Transcriptase Inhibitors Using Comfa And Comsia. International Journal Of Pharmaceutical Sciences And Research, 6(4), 1517. Google Scholar

Indrawan, Danang Arbinanto, & Budiarti, Anindhyta. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran, Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian App Ktm Roda Tiga. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (Jirm), 6(1). Google Scholar

Lastri Ariptiani, Lestari. (2014). Peranan Lembaga Pemasyarakatan Dalam Pembinaan Keagamaan Terhadap Narapidana (Studi Deskriptif Mengenai Narapidana Narkoba Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas Ii A Karawang). Uin Sunan Gunung Djati Bandung. Google Scholar

Liliweri, Alo. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna, Edisi Pertama Cetakan Ke-1. Kencana Prenada Media Group. Jakarta. Google Scholar

Pratiwi, Arien Dewi. (2017). Hubungan Budaya Organisasi Dengan Kepuasan Kerja Anggota Polri Di Polres Kulonprogo. Universitas Islam Indonesia. Google Scholar

Rosady, Ruslan. (2013). Metode Penelitian Public Relations Dan Komunikasi. Metode Penelitian Public Relations Dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Google Scholar

Salbino, Sherief. (2014). Buku Pintar Gadget Android Untuk Pemula. Jakarta: Kunci Komunikasi. Google Scholar

Sugiyono, Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung. Google Scholar

Suryana, Achmad, Agustian, Adang, & Yofa, Rangga Ditya. (2018). Alternatif Kebijakan Penyaluran Subsidi Pupuk Bagi Petani Pangan. Analisis Kebijakan Pertanian, 14(1), 35–54. Google Scholar

Tarsito, Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung. Google Scholar

West, Richard, & Turner, Lynn H. (2008). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis Dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika. Google Scholar
Published
2021-06-19