Metode Brainstorming dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Sungai Penuh di Provinsi Jambi

  • Satya Wiranata Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Sumirah Sumirah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Zawaqi Afdal Jamil Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Keywords: metode brainstorming, keaktifan belajar, pembelajaran, Aqidah Akhlak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru tentang metode brainsrotming, menjelaskan proses serta efektivitas dari metode brainstorming dalam pembelajaran, dan mengetahui kendala atau hambatan yang dihadapi dalam proses belajar di kelas, baik itu guru maupun siswa untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan metode brainstorming. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan berbasis deskriptif yang dilaksanan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Penelitian ini menghasilkan tiga hal, yaitu: (1) Pemahaman guru tentang metode brainstorming, yang mana metode brainstorming merupakan metode pengajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini ditandai dengan lebih menekankan pada penyampaian pendapat dan ide dari siswa, Begitupula pada pemahaman guru mengenai pelaksanaan dan keunggulan dari metode brainstorming, dimana guru sudah sangat baik sekali dan sudah betul-betul paham, yang ditandai dengan guru hanya memberikan pengantar kepada siswa dan proses pembelajarannya lebih mendekatkan kepada siswa. (2) Pelaksanaan dan efektivitas dalam pelaksanaan metode brainstorming. Pelaksanaan metode brainstorming hampir sama dengan metode diskusi, dimana, dalam metode brainstorming, guru hanya memberikan suatu permasalahan dan siswa menyampaikan ide-ide yang sesuai dengan pikirannya, tanpa ada kritik atau sanggahan apapun, serta efektivitasnya dapat dilihat pada partisipasi dan kecakapan siswa. (3) Kendala atau hambatan dalam proses belajar di kelas untuk meningkatkan keaktifan belajar dengan menggunakan metode brainstorming, adalah guru sulit membaca situasi dan kondisi saat mengajar, sementara dari siswa sendiri adalah takut salah dan merasa minder dalam menyampaikan ide atau gagasan. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah metode brainstorming dapat membawa dampak positif dalam pembelajaran yang ditandai dengan meningkatkannya pemahaman guru terhadap metode pembelajaran, serta dapat meningkatkan kualitas dan aktivitas belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-19