Peran Organizational Citizenship Behavior (OCB), Kompetensi and Digital Leadership Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan CV Diar Rahma Wonosari)

  • Dicky Anggara Putra Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Safrida Safrida Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Amirul Syah Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Muhammad Endang Asmara Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Kusuma Candra Kirana Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Keywords: sumber daya manusia, kinerja organisasi, Organizational Citizenship Behavior (OCB), digital leadership, kompetensi karyawan

Abstract

Sumber daya manusia memiliki peran penting dalam kinerja organisasi. Faktor-faktor yang memengaruhi kinerja karyawan meliputi perilaku Organizational Citizenship Behavior (OCB), kompetensi karyawan, dan digital leadership. CV Diar Rahma Wonosari perlu menghadapi tantangan dalam pengukuran kinerja, pengembangan budaya kerja digital, dan peningkatan kompetensi karyawan. Tujuan peneitian ini adalah mengabalisis Peran Organizational Citizenship Behavior (OCB), Kompetensi dan Digital Leadership Terhadap Kinerja karyawan di CV Diar Rahma Wonosari. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh melalui kuesioner yang diberikan kepada karyawan CV Diar Rahma Wonosari. Validitas dan reliabilitas instrumen pengukuran telah diverifikasi sebelumnya. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan sampel dan variabel penelitian. Selain itu, analisis regresi juga dilakukan untuk menguji hubungan antara variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukan Organizational Citizenship Behavior (OCB) berpengaruh positif pada kinerja karyawan dengan meningkatkan kerjasama tim dan komunikasi manajemen. Kompetensi karyawan juga memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja dan dapat membantu mencapai tujuan organisasi. Selain itu, digital leadership memiliki pengaruh positif terhadap kinerja karyawan melalui penerapan teknologi informasi yang efektif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-19