Peran Dosen Sebagai Tutor Dalam Pelaksanaan Problem-Based Learning di Fakultas Kedokteran

  • Jeffry S.J Lengkong Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Universitas Negeri Manado
  • Grace L.A Turalaki Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Universitas Negeri Manado
  • Mordekhai L. Laihad Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Universitas Negeri Manado
  • Olivia A. Waworuntu Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Universitas Negeri Manado
  • Pingkan M. Pijoh Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Universitas Negeri Manado
Keywords: Peran Dosen, Tutor, Problem Based-Learning

Abstract

Problem Based Learning adalah salah satu model pembelajaran di mana dalam prosesnya memberikan pelatihan dan pengembangan terhadap masalah otentik dari kehidupan aktual mahasiswa guna merangsang kemampuan tingkat tinggi. Tujuan penelitian ini yaitu guna mengetahui peran dosen sebagai tutor dalam pelaksanaan problem based-learning. Metode penelitian yang dillakukan dalam penelitian ini bersifat deskriptif dengan rancangan penelitian cross sectional. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil kuisioner. Data yang telah diperoleh kemudian di proses dan diubah ke dalam bentuk tabel, yang selanjutnya akan diolah menggunakan program statistik atau aplikasi SPSS 16. Hasilnya menunjukkan bahwa peran dosen sebagai tutor dalam pelaksanaan problem based-learning di Fakultas Kedokteran ada pada kategori baik, yang artinya perannya sangat penting dalam pelaksanaan PBL.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, R., & Widjaja, Y. (2019). Efektivitas diskusi problem based learning di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. In Tarumanagara Medical Journal (Vol. 1, Issue 3).

Amina Nurfitriani, A., Martha Indria, D., & Firmansyah, M. (n.d.). Hubungan Proses Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Konstruktif dan Kontekstual terhadap Performa Akademik Mahasiswa Kedokteran.

Fakultas, D., Universitas, K., Ratulangi, S., Pioh, V. E., Mewo, Y., & Berhimpon, S. (2016). Efektivitas kelompok diskusi tutorial problem based learning. In Jurnal e-Biomedik (eBm) (Vol. 4, Issue 1).

Fitriana, P., Susanti, E., Lisiswanti, R., Soleha, T. U., & Saputra, O. (2017). Putri Fitriana Eka Susanti|Hubungan Kualitas Skenario Terhadap Keefektifan Diskusi Problem-Based Learning (PBL) Blok Emergency Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Medulla|Volume 7|Nomor 4|November.

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924

Isnayanti, D. (2021). ARTIKEL PENELITIAN Efektifitas Peer Feedback Pada Pembelajaran Tutorial Problem Based Learning (PBL). Anatomica Medical Journal Fakultas Kedokteran. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/AMJ

Monika, L., & Wahyuni, S. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Peran Tutor pada Tutorial Problem Based Learning di Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2412–2420. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.655

Muhammad, N. U., Herlina, S., & Firmansyah, M. (n.d.). Analisa Proses Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning, Problem Based Learning, Integrated, Community Based Learning, Electives, Systematic (SPICES) Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Fakultas Kedokteran.

Naufal Habib, A., Martha Indria, D., & Firmansyah, M. (n.d.). Pengaruh Proses Pembelajaran Mandiri dan Kolaboratif dalam Problem Based Learning (PBL) Terhadap Performa Akademik Berbentuk Indeks Prestasi pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran.

Octavira Permatasari, T., & Khasanah, U. (n.d.). Analisis Hasil Belajar PBL Mahasiswa Tahun Pertama, Kedua, dan Ketiga di Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati.

Riyanto, M., Asbari, M., & Latif, D. (2024). Efektivitas Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Journal of Information Systems And Management, 03(01). https://jisma.org

Sriyanti. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Pribadi Dengan Menggunakan Metode Kolaborasi (Penelitian Tindakan Kelas VII MTsN 15 Ciamis). Jurnal Ilmiah Diksatrasia, 1(No 2).

Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120–1129. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.896

Wildan, M., Nugroho, S., Firmansyah, M., & Anisa, R. (n.d.). Korelasi Kinerja Tutor dan Motivasi Belajar Mahasiswa Dengan Prestasi Akademik Fakultas Kedokteran.

Yolande, P. M., & Irawaty, E. (2023). Gambaran Efektivitas Tutor Problem-Based Learning (Pbl) Online Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. 8(5). https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v8i5.11913
Published
2024-05-02