Analisis Tingkat Kelulusan dan Lama Pendidikan Dokter
Abstract
Pendidikan dokter merupakan salah satu pendidikan profesi yang memiliki jenjang pendidikan yang panjang, yaitu 6-7 tahun. Pendidikan dokter bertujuan untuk menghasilkan dokter yang memiliki kompetensi untuk memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu, salah satu indikator keberhasilan pendidikan dokter adalah tingkat kelulusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kelulusan dan lama pendidikan dokter di Indonesia. Desain penelitian ini menggunakan metode observatif analitik dengan pendekatan desktiptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni dengan observasi, studi literatur dan kuesioner. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa program studi pendidikan kedokteran merupakan program studi yang paling banyak diminati.
Downloads
References
Batubara, S., & Sulistianingsih, I., & Putri, R. (2019). Aplikasi Repository Soal Ujian dan Tryout Online Ujian Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI) Berbasis Web. Jurnal Teknik dan Informatika. 6(1), 57-64.
Dewi, S., Arya, I., Achadiyani, & Achmad, T. (2015). Gambaran Motivasi Menjadi Dokter pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. JSK. 1(1), 24-29.
Firmansyah, D. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85-114.
Gibran, D. (2023). 15 Jurusan Kuliah Paling Sulit di Dunia, Sanggup Sampe Lulus?. CNBC Indonesia.
Jannah, M., Syamsu, R., Irwan, A., Fattah, N., & Mokhtar, S. (2020). Gambaran Faktor Yang Melatarbelakangi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia Angkatan 2017, 2018 Dan 2019 Memilih Program Studi Pendidikan Dokter. Molucca Medika. 13(1), 38-48.
Komalawati, V., & Kurniawan, D. (2018). Kompetensi Dan Kewenangan Praktik Kedokteran: Perspektif Hukum Di Indonesia. De’Jure Kajian Ilmiah Hukum. 3(1), 148-166.
Manuaba, I., & Yani, M. (2022). Determinan Pilihan Karir pada Mahasiswa Kedokteran di Asia dan Faktor yang Mempengaruhi: Tinjauan Literatur. Intisari Sains Medis. 13(3), 82-828.
Nabila, J., Rahayu, M., & Zubir. (2022). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Kelulusan Computer Based Test Uji Kompetensi Mahasiwa Program Profesi Dokter. AVERROUS: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Malikussaleh. 8(1), 54-62.
Novitasari, A., Ridlo, S., & Kristina, T. (2017). Instrumen Penilaian Diri Kompetensi Klinis Mahasiswa Kedokteran. Journal of Educational Research and Evaluation. 6(1), 81-89.
Oktaria, D., & Lisiswanti, R. (2018). Hubungan antara Jalur Seleksi dengan HasilUji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter. JK Unila. 2(2), 136-141.
Panduan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter. (2015). Panduan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (PNUKMPPD).
Purwoko, R. (2022). Peran Pendidikan Kedokteran Dalam Pengembangan Riset dan Inovasi Kesehatan, Studi Literatur. Jurnal Inovasi Penelitian. 2(12), 4095-4100.
Ricky. (2020). Aspek Hukum Peraktik Kedokteran Melakukan Tindakan Medis Yang Bukan Kewenangan Kompetensi Profesinya. Lex Renaissance. 2(5), 403-419.
Rukmini, E., & Bogar, k. (2021). Exploratory Study on Medical Graduates With Non- Clinicians Career. JPKI. 10(1), 86-98.
Trisnasari, E., & Sulthany, A. (2023). Faktor-Faktor Mempengaruhi Pemilihan Jurusan Mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Tirtayasa Medical Journal. 2(2), 49-53.
Utomo, B., Roostantia, R., & Safitri, I. (2014). Analisis Faktor yang Berpengaruh terhadap Tingkat Kelulusan UKDI Dokter Baru Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education, 3(1), 18-27.
Yudaristy, H., Irfanuddin, & Azhar, M. (2014). Persepsi Mahasiswa dan Dosen Tentang Ketercapaian Kompetensi Dasar dan Klinis Pendidikan Dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan. 1(1), 25-33.
Copyright (c) 2024 Rizki R. Najoan, Joulanda A.M Rawis, Nola Mallo, Iwan Joseph, James Siwu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.