Strategi Pengembangan Kewirausahaan UMKM dengan Pendekatan OVOP dalam Mendukung Pengembangan Kawasan Aero City di Kota Singkawang
Abstract
Industri dan perdagangan memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi Kota Singkawang, dengan sektor-sektor ini terus berkembang setiap tahunnya, didorong oleh investasi dan inisiatif pemerintah, termasuk pembangunan Bandara Aero City Singkawang. Penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan model pengembangan terintegrasi untuk kawasan industri, perdagangan, dan pariwisata di Kota Singkawang, dengan fokus pada penerapan model One Village One Product (OVOP). Data dari Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, dan UKM Kota Singkawang digunakan untuk menganalisis perkembangan sektor-sektor tersebut hingga tahun 2020, sementara tinjauan dilakukan terhadap pembangunan Bandara Aero City Singkawang sebagai infrastruktur transportasi baru. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan jumlah perusahaan perdagangan dan industri, khususnya di Kecamatan Singkawang Selatan, dengan harapan bahwa pembangunan bandara akan meningkatkan aksesibilitas dan jangkauan pasar. Kesimpulannya, penerapan model OVOP di Kota Singkawang diharapkan dapat memfasilitasi pertumbuhan berkelanjutan, mengurangi kemiskinan, dan memperluas kesempatan kerja, dengan kolaborasi antara pemerintah, dunia usaha, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya menjadi kunci keberhasilannya.
Downloads
Copyright (c) 2024 Muhammad Irfani Hendri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.