Potensi Wisata Culinary dan Motivasi Wisatawan di Kota Pacitan

  • Ardi Mularsari Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Nasional Jakarta, Jakarta, Indonesia.
  • Noviana Nur Arifah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Nasional Jakarta, Jakarta, Indonesia
  • Salma Karamy Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Nasional Jakarta, Jakarta, Indonesia
Keywords: Motivasi Wisatawan, Potensi Kuliner, Pacitan

Abstract

Pacitan, sebuah kota di Jawa Timur, Indonesia, memiliki potensi kuliner yang kaya dan keberagaman yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Kuliner lokal seperti Nasi Gandul, Sate Blengong, dan Jenang Greng mencerminkan kekayaan cita rasa dan keunikan budaya Pacitan. Keberagaman ini memberikan identitas kuliner khas yang membedakan Pacitan sebagai destinasi kuliner yang menarik. Faktor motivasi wisatawan untuk mengunjungi Pacitan melibatkan keindahan alam, warisan budaya, dan pengalaman kuliner. Pantai Klayar, Teleng Ria, serta tradisi lokal dan seni pertunjukan menjadi daya tarik tambahan. Keberagaman kuliner lokal, termasuk pengalaman mencicipi hidangan khas, menjadi faktor penting yang mendorong wisatawan untuk menjelajahi Pacitan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, M., Ibrahim, M., Putra, T. R. I., & Yunus, M. (2023). The effect of e-WOM model mediation of marketing mix and destination image on tourist revisit intention. International Journal of Data and Network Science, 7(1), 265–274. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.10.007
Afifah, A., & Zuhdi, S. (2022). Pengaruh Citra Perusahaan, Kepercayaan, Dan Word Of Mouth Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Grab Teknologi Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(1), 87–96. https://doi.org/10.37641/jimkes.v10i1.1276
Alfanur, F., & Kadono, Y. (2019). Analysis on E-commerce Purchase Intention and Decision in Java and Sumatra. 2019 International Conference on Information Management and Technology (ICIMTech), 635–640. https://doi.org/10.1109/ICIMTech.2019.8843731
Al-Jundi, S. A., Shuhaiber, A., & Augustine, R. (2019). Effect of consumer innovativeness on new product purchase intentions through learning process and perceived value. Cogent Business & Management, 6(1).
Ikorasaki, F., Arwa, K., & Hrp, N. A. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Masakan Nusantara Berbasis Android. Blend Sains Jurnal Teknik.
Lestari, D. F., Purbowo, P., & Fadhli, K. (2022). Strategi Pengembangan Wisata Kuliner pada Jombang Kuliner. Jurnal Inovasi Penelitian.
Lahmudin, L., Susanty, S., & Hulfa, I. (2021). Teknik Pengolahan Bumbu Dasar Masakan Indonesia Di Stp Mataram. Journal Of Responsible Tourism.
Mulasari, Ardi. (2022). Potensi Wisata Kuliner Dan Motivasi Wisatawan Di Kota Depok Jawa Barat Tahun 2019. Jurnal Sosial dan Humaniora.
Istikomah, I., Sudirman, A. D., Iswati, I., & Pranata, E. (2023). Pengaruh Citra Destinasi, Fasilitas Wisata, terhadap Kepuasan Konsumen pada Wisata Goa Gong Pacitan. Maeswara: Jurnal Riset Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 1(6), 221-234.
Kurniawati, Darmaningrum and Nurita, elfani prasetyaningrum and Evi, Dewi Kurniawati and Dewi, Kartikasari (2022) STRATEGI PEMASARAN DESTINASIWISATAYANGDIPENGARUHIEKUITASMEREK,
MARKETING, DAN MOTIVASI PERJALANAN (Studi Pada Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur). Jurnal Ekononi Efektif, 4 (4)
Rifa’i Abubakar. (2021). PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN. In PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN. SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42716/1/PENGANTAR%20METODOLOGI%20PENELITIAN.pdf
Rita, P., Oliveira, T., & Farisa, A. (2019). The impact of e-service quality and customer satisfaction on customer behavior in online shopping. Heliyon, 5(10). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e02690
Ruotsalainen, P., & Blobel, B. (2021). How a Service User Knows the Level of Privacy and to Whom Trust in pHealth Systems? https://doi.org/10.3233/SHTI210571
Safitri, A., Kusumastuti, E., & Haryanti, T. (2022). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Konsumen Shopee Indonesia (Studi Pada Mahasiswa Di Kota Purwokerto). Jurnal Pustaka Aktiva (Pusat Akses Kajian Akuntansi, Manajemen, Investasi, Dan Valuta), 2(1), 12–20. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakaaktiva.v2i1.137
Saleh, S., Nurjaya, I. N., Suryokumoro, H., Noerdjasakti, S., & Zerlina, Z. (2023). ASSET RECOVERY POLICY IN THE DRAFT OF THE ASSET FORFEITURE BILL IN CORRUPTION CASES. Journal of International Legal Communication, 9(2), 46–55.
Wulandari, W., Sasongko, S., & Sasongko, M. I. N. (2023). KUALITAS PENGIRIMAN ONLINE FOOD DELIVERY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DIIMPLEMENTASIKAN OLEH SWITCHING COST. Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH), 6(1), 121. https://doi.org/10.31328/ciastech.v6i1.5313
Xiang, Y., Yang, X., Zhou, Y., & Huang, H. (2020). Enhancing Decomposition-Based Algorithms by Estimation of Distribution for Constrained Optimal Software Product Selection. IEEE Transactions on Evolutionary Computation, 24(2), 245–259. https://doi.org/10.1109/TEVC.2019.2922419
Xiao, L., & Kumar, V. (2021). Robotics for Customer Service: A Useful Complement or an Ultimate Substitute? Journal of Service Research, 24(1), 9–29. https://doi.org/10.1177/1094670519878881
Xu, L., Turan, M. S., Guo, B., & Ferrari-Trecate, G. (2021). Non-conservative Design of Robust Tracking Controllers Based on Input-output Data.
Yogatama, A. N. (2022). THE INFLUENCE OF ELECTRONIC SERVICE QUALITY AND CLIENT FULFILLMENT IN ONLINE BUYING. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(1), 52–74.
Published
2024-03-14