Analisis Citra Merek, Kepercayaan, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya pada Loyalitas Pelanggan Sepeda Motor Honda Scoopy di Kabupaten Sleman Yogyakarta

  • Sardiyanto Bolo Dady Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Keywords: Citra merek, kepercayaan, kualitas produk, kepuasan konsumen, loyalitas pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji analisis citra merek, kepercayaan, dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen dan dampaknya pada loyalitas pelanggan sepeda motor Honda Scoopy Di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Studi dilakukan pada 100 responden yang menggunakan sepeda motor Honda Scoopy. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik pengambilan sampel non-probabilitay dengan teknik purposive sampling, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis inferensial yang terdiri dari uji indikator, uji model fit, uji hipotesis, dan analisis jalur dengan bantuan alat analisis SmartPLS 3.2.9. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan: 1). Citra merek (X1) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y1), 2). Kepercayaan (X2) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y1), 3). Kualitas produk (X3) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y1), 4). Kepuasan konsumen (Y1) berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan (Y2), 5). Citra merek (X1) tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan (Y2), 6). Kepercayaan (X2) berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan (Y2), 7). Kualitas produk (X3) tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan (Y2). Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan acuan dan masukan bagi pengelola untuk memperbaiki factor-faktor apa saja yang dapat meningkatkan kepuasan konsumen dan loyalitas pelanggan dan dapat dijadikan rujukan bagi penelitian selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-20