Pengaruh Keamanan, Privasi, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Metode Pembayaran Cash on Delivery pada Pembelian Produk Pembersih Wajah Secara Online di Jakarta

  • Mohammad Irfan Sauki Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Harapan Bangsa
Keywords: Keamanan, Privasi, Kepercayaan, Adopsi COD

Abstract

Kemajuan teknologi yang semakin pesat mendorong tumbuhnya bisnis ecommerece di Indonesia. Pertumbuhan ini perlu disertai dengan perbaikan layanan kepada konsumen. Salah satunya adalah dengan memberikan layanan COD. Pada platform ecommerece, diantara banyak produk yang dapat bertransaksi dengan COD adalah produk pembersih wajah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel keamanan, privasi dan kepercayaan terhadap minat dalam menggunakan metode pembayaran COD pada produk pembersih wajah di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif-assosiatif dengan menyebarkan kuisioner terhadap 124 responden yang belum pernah menggunakan COD. Penelitian ini, menggunakan metode SEM-PLS dengan melakukan pengujian outer model berupa uji validity dan reliability serta pengujian inner model. Hasil dari penelitian ini menunjukkan secara parsial terdapat pengaruh signifikan antara variabel keamanan, privasi dan kepuasan terhadap minat pelanggan dalam menggunakan metode pembayaran cash on delivery. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat terhadap pelaku bisnis tentang pentingnya membentuk persepsi keamanan, privasi dan kepercayaan untuk dapat mendorong pelanggan dalam menggunakan metode pembayaran COD.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-19