Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Pemahaman Konsep Fisika
Abstract
Penting untuk diakui bahwa setiap individu memiliki gaya belajar dan cara pemahaman konsep yang unik. Oleh karena itu, pengajaran harus dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan gaya belajar siswa. Dalam kaitannya dengan model pembelajaran, Quantum Teaching merupakan salah satu model pembelajaran yang menciptakan situasi pembelajaran yang menyenangkan dan kondusif melalui berbagai interaksi efektif selama proses pembelajaran. Dalam kaitannya dengan model pembelajaran, Quantum Teaching merupakan salah satu model pembelajaran yang menciptakan situasi pembelajaran yang menyenangkan dan kondusif melalui berbagai interaksi efektif selama proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif Quasi Experiment dengan bentuk desain nonequivalent control group. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrument postes. Untuk memperoleh data pemahaman konsep peserta didik, digunakan tes berupa soal uraian (essay) dengan Hukum Newton. Hasil Uji t menunjukkan bahwa pemahaman peserta didik di analisis menggunakan uji independent t-test dengan equal variance assumed, diperoleh nilai signifikansi adalah 0.007. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep fisika materi hukum Newton pada kelompok eksperimen yang menggunakan model Quantum Teaching.
Downloads
Copyright (c) 2024 Jeffrey Payung Langi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.