Strategi Pengembangan Kapasitas Tenaga Akademik (PKTA) Untuk Meningkatkan Produktivitas Dan Daya Saing Pendidikan Tinggi
Abstract
Tujuan Penelitian pada tahun ini (2020) sebagai tahap terakhir menghasilkan temuan berkaitan dengan output dan outcome dari implementasi kebijakan pengembangan kapasitas tenaga akademik dalam upaya pendekatan produktivitas dan daya saing PT. Metode yang digunakan di kenal dengan mixed methods (Creswell & Clark, 2007) dengan disain explanatory dan meta analisis studi kasus di PTNbh (11 PTNbh) di Indonesia. Kerangka konsep (Conceptual Framework) mencakup keterkaitan dari 3 konsep utama yaitu globalisasi (globalization), manajemen perubahan (management of change) dan faktor-faktor penentu pendidikan tinggi kelas dunia Temuan penelitian secara umum PT masih memerlukan: 1) Standar output lulusan pada aspek ketepatan waktu dan masa tunggu kerja, relevansi implementasi dan pendapatan kerja, jumlah publikasi ilmiah standar internasional, sitasi luaran publikasi ilmiah dosen; 2) Standarisasi layanan yang diberikan oleh universitas kepada mahasiswa sesuai harapan dan kepuasan mahasiswa. Dan nilai yang dibebankan dalam memperoleh benefit ekonomi, sosial dan karakter; 3) Komitmen dosen dan pimpinan PT dalam upaya internasionalisasi yang dituangkan dalam renstra umum; 4) Pengembangan jejaring (Networking) dalam perspektif internasionalisasi PT. Implikasi Banyak cara yang dapat dilakukan untuk merespon tantangan dari arus perubahan global (Mega trend) yang berdampak terhadap perubahan kebijakan, kepemimpin dan manajemen, dan strategi pengembangan PT. Perubahan pendekatan,orientasi dan kultur PT menuntut setiap individu memahami tujuan, manfaat dan outcome dari perubahan itu. Namun fokus perubahan adalah keasadaran pimpinan untuk melakukan perubahan (Conscious transformational change leadership).