Media Digital dan Audiens Muda: Komunikasi yang Ditargetkan pada Anak-Anak dan Remaja

  • Kathrien Nona Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi, Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesi, Jakarta Pusat, Indonesia
Keywords: media digital, penciptaan konten, penggunaan media

Abstract

Sama halnya dengan orang dewasa, anak-anak dan remaja juga memiliki hak untuk mengakses informasi. Perkembangan penggunaan teknologi dan media digital termasuk media sosial di kalangan anak-anak dan remaja berkembangan dengan pesat, salah satu implikasinya yaitu untuk kesejahteraan komunikasi mereka. Untuk memahami perkembangan yang ada perlu kesadaran yang lebih luas tentang jenis dan penggunaan media digital termasuk dampaknya terhadap kesejahteraan dan peluang yang tersedia. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengidentifikasi perkembangan media digital khususnya pada komunikasi dengan audiens kalangan anak-anak dan remaja. Perkembangan media digital dikalangan anak-anak dan remaja kemudian menghasilkan penciptaan konten oleh para konten kreator. Teori uses and gratification di sini bukan hanya dilihat dari sisi anak-anak dan remaja sebagai pengguna media, namun juga termasuk para konten kreator yang menjadikan hal tersebut sebagai kebutuhan dan akhirnya menjadi sebuah komoditasmedia digital

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bair, R., & Bair, Beth, T. (2019). Applying Narrative Technique and Student-Generated Media to Promote Critical Thinking and Student Agency for Online Learners. Chapter 10-Selected Papers from the HKAECT 2019 International Conference. Hong Kong, China, 17 – 19 June 2019.
Bestari, N. P. (2022). 76,8% Warga RI sudah Pakai Internet, Tapi banyak PR-nya. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220120142249-37-309046/768-warga-ri-sudah-pakai-internet-tapi-banyak-pr-nya#:~:text=Jakarta%2C%20CNBC%20Indonesia%20%2D%20Pada%20Januari,semakin%20intensif%20dalam%20menggunakan%20internet
Bestari, N., P. (2022). Wow! Tiga Tahun lagi Pemain Game di RI Tembus 127 Juta Orang. Diakses pada: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220107062906-37-305334/wow-tiga-tahun-lagi-pemain-game-di-ri-tembus-127-juta-orang
Firdausya, I. (2021). Survei: 87% Anak Indonesia Main Medsos Sebelum 13 Tahun. Diakses pada: https://mediaindonesia.com/humaniora/398511/survei-87-anak-indonesia-main-medsos-sebelum-13-tahun
Flew, T. 2008. New Media : an introduction. New York: Oxford University Pers.
Goggin, G. (2012). Google phone rising: The Android and the politics of open source. Continuum-Journal of Media & Cultural Studies - CONTINUUM-J MEDIA CULT STUD, 26, 741–752. https://doi.org/10.1080/10304312.2012.706462
Grant, M. J., & Booth, A. (2009). A typology of reviews: an analysis of 14 review types and associated methodologies. Journal Compilation, 26, 91–108.
Griffin, E., Ledbetter, A., & Sparks, G. (2019). A First Look at Communication Theory, Tenth Edition. McGraw Hill Education
Hidayat, W. (2014). Pengguna Internet Indonesia Nomor Enam Dunia. https://kominfo.go.id/content/detail/4286/pengguna-internet-indonesia-nomor-enam-dunia/0/sorotan_media
Kominfo. (2014). 98 Persen Anak dan Remaja Tahu Internet. Diakses pada: https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3836/98+Persen+Anak+dan+Remaja+Tahu+Internet/0/berita_satker
Kompas. (2021). 10 Tren Teknologi Pembelajaran di 2021. Diakses pada: https://www.kompas.com/edu/read/2021/11/22/061700471/10-tren-teknologi-pembelajaran-di-2021?page=all
Kriyantono, R. (2014). Teori-teori Public Relations Perspektif Barat & Lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik. Kencana (Prenanda Media Group).
Swist, T., Collin, P., McCormack, J. (2015). Social Media and the Wellbeing of Children and Young People: A literature review. Institute for Culture and Society, University of Western Sydney.
Lopez, C., Hartmann, P., & Apaolaza, V. (2019). Gratification on Social Networking Site: The Role of Secondary School Students’ Individual Differences in Loneliness. Journal of Educational Computing Research 2019, Vol 57 (I) 58 – 82. Sagepub.
Ma, Will W. K., Chan, Wendy W. L., & Cheng, Cat M., (2019). Shaping the Future of Education, Communication and Technoligy. Selected Papers from the HKAECT 2019 International Conference. Hong Kong, China, 17 – 19 June 2019.
Mondi, M., Woods, P., & Rafi, A. (2007). Students’ ‘Uses and Gratification Expectacy’ Concept Framework in relation to E-learning Resources. Asia Pacific Education Review 2007, Vol. *, No. 3, 435-449. Copyright 2007 by Education Research.
Nasyaya, M., & Adila, I. (2019). Diversifikasi Fitur dan Kolonialisasi Data pada LINE Social Messaging Features Diversification and Data Colonialism on LINE Social Messaging. 8(2). https://doi.org/10.31504/komunika.v8i2.2459
Tesalonica. (2020). Jumlah influencer Indonesia meningkat di tengah pandemi. Tek.id. https://www.tek.id/culture/jumlah-influencer-indonesia-meningkat-di-tengahpandemi-b1ZVp9je
Ventura, M., D. (2019). Monitoring the earning Process to Enhance Motivation by Means of Learning by Discovery Using Facebook. Chapter 9-Selected Papers from the HKAECT 2019 International Conference. Hong Kong, China, 17 – 19 June 2019.
West, Richard & Turner, Lynn H. (2010). Introducing Communication Theory: Analysis and Application Fourth Edition, New York: McGraw Hill Higher Education.
Published
2024-03-20