Pengaruh Strategi DRTA dan SQ3R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV Sekolah Dasar masih rendah, sebagaimana tergambar dari hasil survei PIRLS, OECD, dan skor PISA, serta asesmen awal membaca. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh strategi DRTA dan SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Dengan populasi sebanyak 84 siswa, penelitian ini menggunakan seluruh populasi sebagai sampel. Strategi DRTA, SQ3R, dan kombinasinya diterapkan pada tiga kelas eksperimen. Hasil uji dua rata-rata pretest menunjukkan perbedaan kemampuan membaca antar kelas. Analisis N-Gain dilakukan untuk mengevaluasi pengaruh strategi pembelajaran pada lima indikator membaca pemahaman. Kelas eksperimen 1, menggunakan strategi DRTA, hanya memberikan pengaruh rendah pada indikator kosakata sulit. Kelas eksperimen 2, yang menggunakan strategi SQ3R, memberikan pengaruh sedang pada beberapa indikator. Kelas eksperimen 3, yang menerapkan kombinasi strategi DRTA dan SQ3R, memberikan pengaruh sedang pada indikator ide pokok, namun hanya memberikan pengaruh rendah pada indikator kosakata sulit. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi DRTA dan kombinasi DRTA-SQ3R memberikan pengaruh rendah terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa, sementara penggunaan strategi SQ3R memberikan pengaruh sedang.
Downloads
Copyright (c) 2024 Sulastri Sulastri, Amprasto Amprasto, Astri Dwi Jayanti Suhandoko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.