Analisis Naratif Kebijakan Insentif Kendaraan Bermotor Listrik Dalam Mengurangi Emisi Karbon

  • Okta Rina Fitri Universitas Indonesia
  • Palupi Lindiasari Samputra Universitas Indonesia
Keywords: Analisis Narasi Kebijakan, Kendaraan Listrik, Polusi Udara, Emisi Karbon, Insentif Pajak Kendaraan

Abstract

Pemerintah menerapkan strategi insentif Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) untuk mencapai target net zero emission. Namun dalam implementasinya terdapat kontra narasi dari kebijakan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis latar belakang pemerintah dalam menetapkan kebijakan insentif KBLBB di Indonesia dengan menganalisis narasi pemerintah dan kontra narasi dari berbagai pihak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Narrative Policy Analysis (NPA). Sumber data menggunakan dokumen instansi pemerintah berupa transkrip pidato dan siaran pers serta berita media online. Hasil perbandingan narasi pemerintah dengan kontra narasi dari akademisi dan kelompok masyarakat sipil, menunjukan terdapat perbedaan sistem kepercayaan. Pemerintah menilai penyebab emisi karbon bersumber dari kendaraan pribadi berbahan bakar BBM, sehingga solusinya dengan menggunakan KBLBB. Sementara itu narasi kontra meyakini bahwa KBLBB tidak menjadi solusi polusi dan emisi karena pembangkit listrik untuk KBLBB tersebut masih berasal dari energi fosil berupa minyak, gas dan batu bara. Pada dasarnya pihak kontra menyetujui konversi BBM untuk mengurangi emisi karbon, namun pemilihan listrik dinilai kurang tepat saat ini karena keterbatasan bahan baku dan emisi yang ditimbulkan. Strategi kebijakan insentif KBLBB perlu dipertimbangkan ulang dengan jaminan kepastian bahan baku listrik berasal dari energi terbarukan, kesiapan pengisian baterai dan sistem pengelolaan limbanya, serta pemberian insentif yang lebih tepat sasaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Palupi Lindiasari Samputra, Universitas Indonesia

Kajian Ketahanan Nasional, Sekolah Kajian Stratejik dan Global, Universitas Indonesia

References

Chen, Z., Carrel, A. L., Gore, C., & Shi, W. (2021). Environmental and economic impact of electric vehicle adoption in the U.S. Environmental Research Letters, 16(4), 045011. https://doi.org/10.1088/1748-9326/abe2d0
Deflorio, F., & Castello, L. (2017). Dynamic charging-while-driving systems for freight delivery services with electric vehicles: Traffic and energy modelling. Transportation Research Part C: Emerging Technologies, 81, 342–362. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.trc.2017.04.004
Grigorev, A., Mao, T., Berry, A., Tan, J., Purushothaman, L., & Mihaita, A.-S. (2021). How will electric vehicles affect traffic congestion and energy consumption: an integrated modelling approach. 2021 IEEE International Intelligent Transportation Systems Conference (ITSC), 1635–1642. https://doi.org/10.1109/ITSC48978.2021.9564561
Hukum Online. (2024, January 19). Pedoman Pemberian Insentif Importasi KBL Berbasis Baterai Roda Empat Diperkenalkan: Tenggat Waktu Permohonan Insentif Ditetapkan pada 1 Maret 2025. Hukum Online.
Jonas, T., & Macht, G. A. (2019). Quantifying the impact of traffic on electric vehicle efficiency. In ProQuest Dissertations and Theses. https://www.proquest.com/dissertations-theses/quantifying-impact-traffic-on-electric-vehicle/docview/2281197614/se-2?accountid=17242
Moriarty, P., & Wang, S. J. (2017). Can Electric Vehicles Deliver Energy and Carbon Reductions? Energy Procedia, 105, 2983–2988. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.egypro.2017.03.713
Nur, A. I., & Kurniawan, A. D. (2021). Proyeksi Masa Depan Kendaraan Listrik di Indonesia: Analisis Perspektif Regulasi dan Pengendalian Dampak Perubahan Iklim yang Berkelanjutan. Jurnal Hukum Lingkungan Indonesia, 7(2), 197–220. https://doi.org/10.38011/jhli.v7i2.260
Pirmana, V., Alisjahbana, A. S., Yusuf, A. A., Hoekstra, R., & Tukker, A. (2023). Economic and environmental impact of electric vehicles production in Indonesia. Clean Technologies and Environmental Policy, 25(6), 1871–1885. https://doi.org/10.1007/s10098-023-02475-6
Rajagukguk, N. S. (2022). Tinjauan Perbandingan Perlakuan Insentif Pajak bagi Mobil Listrik di Indonesia, Thailand dan Norwegia dari Aspek Pajak Tidak Langsung. Kementerian Keuangan Republik Indonesia Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Politeknik Keuangan Negara Stan.
Roe, E. (1994). Theory and Practice. Duke University Press. https://doi.org/10.2307/j.ctv11hpqq4
Shanahan, E. A., Jones, M. D., & McBeth, M. K. (2018). How to conduct a Narrative Policy Framework study. The Social Science Journal, 55(3), 332–345. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.soscij.2017.12.002
Wang, T., Tang, T.-Q., Huang, H.-J., & Qu, X. (2021). The adverse impact of electric vehicles on traffic congestion in the morning commute. Transportation Research Part C: Emerging Technologies, 125, 103073. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.trc.2021.103073
Published
2024-04-16