Analisis Diplomasi Publik Melalui Pertukaran Guru: Studi Kasus Program SEA Teacher Antara Indonesia dan Filipina
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Program SEA Teacher berkontribusi pada pencapaian tujuan diplomasi publik Indonesia dan Filipina dalam meningkatkan generasi muda ASEAN untuk menghadapi globalisasi, pertukaran pelajar antarnegara anggota ASEAN dan forum kepemudaan pada pekan budaya yang diselenggarakan tahunan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis tematik. Dengan menggunakan metode ini, diperoleh pemahaman yang mendalam tentang pengalaman para peserta serta pengalaman para mentor dan koordinator SEA Teacher dari negara Indonesia dan Filipina. Hasil penelitian ini mengungkapkan bagaimana program SEA Teacher berkontribusi dalam pelaksanaan diplomasi publik kedua negara Indonesia dan Filipina memperkenalkan budaya dan bahasa dari masing-masing negara peserta SEA Teacher dan pengembangan diri bagi peserta untuk mengajar.
Downloads
Copyright (c) 2024 Eliza Utami Sunardi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.