Pelayanan Aksesibilitas Jalur Ramah Disabilitas di Trotoar Jalan Margonda Kota Depok
Abstract
Pelayanan aksesibilitas oleh pemerintah salah satunya memberikan akses dalam bentuk fisik khusus bagi penyandang disabilitas. Namun demikian, aksesibilitas bagi difabel yang dijanjikan pemerintah Kota Depok pada prakteknya tetap saja belum mempermudah akses pergerakan mereka, sebagian jalur digunakan untuk parkir kendaran bermotor, tumpukan sampah, dan pedagang kaki lima. Bahkan banyak jalur disabilitas yang rusak dan tidak berfungsi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana fungsi pelayanan publik terhadap aksesibilitas penyandang disabilitas di trotoar Jalan Margonda Kota Depok terwujud secara optimal. Metode survei digunakan untuk memperoleh gambaran tentang pelayanan aksesilibilitas difabel. Hasilnya diperoleh bahwa pelayanan jalur ramah disabilitas di trotoar Jalan Margonda Kota Depok masih meretas berbagai kendala dan ketersediaan sarananya belum dikatakan efektif, terganggu oleh aktivitas non-difabel yang digunakan untuk berdagang, parkir kendaran bermotor, tumpukan sampah dan kurangnya perhatian pemerintah terhadap upaya perbaikan serta pemeliharaan. Oleh karena itu jalur khusus ini sangat tidak ramah bagi kaum difabel baik dilihat dari aspek kemudahan dan aspek keamanannya. Sehingga hak kaum difabel sebagai masyarakat Kota Depok belum terpenuhi dengan baik.