Persepsi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Terhadap Lingkungan Belajar Menggunakan Dreem (Dundee Ready Education Enviroment Measure)
Abstract
Lingkungan belajar merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi keberhasilan mahasiswa dalam belajar. Lingkungan belajar yang baik dapat menciptakan suasana yang kondusif untuk belajar, sehingga mahasiswa dapat belajar dengan lebih efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa Fakultas Kedokteran terhadap lingkungan belajar menggunakan DREEM (Dundee Ready Education Environment Measure). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif-analitik dengan pendekatan studi cross sectional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa fakultas kedokteran di Universitas X, sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan studi literatur dan kuesioner menggunakan Dundee Ready Educational Environment Measure (DREEM). Analisis Data menggunakan metode uji Pearson. Hasil penelitian menunjukan bahwa 168 (84%) mahasiswa Fakultas Kedokteran memiliki persepsi yang cenderung positif. Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi mahasoswa fakultas kedokteran terhadap lingkungan belajar dengan nilai uji p= 0,054 (p>0,5). Penelitian menyimpulkan persepsi mahasiswa Fakultas Kedokteran terhadap lingkungan belajar adalah positif. Hal ini menunjukkan bahwa lingkungan belajar di Fakultas Kedokteran Universitas X secara umum sudah baik dan mendukung keberhasilan mahasiswa dalam belajar.
Downloads
Copyright (c) 2024 Jeffry S.J Lengkong, Damajanty H. C. Pangemanan, Jimmy Rumam Puk, Joice N. A. Engka, Stefana H. M. Kaligis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.