Analisis Persepsi Pengguna Jasa Terhadap Layanan Tenaga Kerja Bagasi di Pelabuhan Makassar

  • Oktavera Sulistiana Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Isnen Rajadiharta Politeknik Pelayaran Barombong
  • Dewi Usabeni Politeknik Pelayaran Barombong
Keywords: Pengguna jasa, Pelabuhan Makassar, Layanan tenaga kerja

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengetahui persepsi pengguna jasa terhadap layanan tenaga kerja bagasidi pelabuhan Makassar. Subjek penelitian ini terdiri dari 308 pengguna jasa. Metode yang digunkana pada peenlitian ini adalah survei dengan menggunakan angket yang diberikan kepada pengguna jasa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa persepsi terhadap aspek keselamatan yaitu sesuai dengan persentase 47,40%, persepsi terhadap aspek keamanan/ketertiban yaitu sesuai dengan persentase 49,11, persepsi terhadap aspek kehandalan/keteraturan yaitu sesuai dengan persentase 42,66%, persepsi terhadap aspek kenyamana yaitu sesuai dengan persentase 49,15, persepsi terhadap aspek kemudahan yaitu sesuai dengan persentase 52,16%, persepsi terhadap aspek kesetaraan, yaitu 50,78%. Jadi, sebagai kesimpulan persepsi pengguna jasa terhadap layanan tenaga kerja bagasi di Pelabuhan Makassar secara garis besar dalam kategori baik untuk semua aspek. Pilihan mayoritas pengguna jasa memilih sesuai untuk pertanyaan yang diberikan, kemudian sangat sesuai di urutan kedua.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-25