Analisa Multi Faktor Terhadap Peningkatan Value Penjualan Batubara Indonesia Untuk Ekspor
Abstract
Tingginya permCCCintaan batubara memberikan prospek pasar yang menarik bagi para eksportir batubara Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor tertentu terhadap peningkatan nilai penjualan batubara untuk ekspor di Indonesia selama periode 2019-2022. Faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam penelitian ini meliputi nilai tukar rupiah, produksi batubara, permintaan batubara dalam negeri, dan harga acuan batubara serta penggunaan renewable energy. Metode analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji hubungan antara variabel-variabel ini dengan peningkatan nilai penjualan batubara untuk ekspor. Faktor lain yang mempengaruhi adalah permsalahan geopolitik yang mencakup perang/invasi suatu negara, perang dagang, perang mata uang dan perubahan teknologi untuk energi terbarukan. Metode Analytic Heirarky Process (AHP) digunakan untuk menguji hubungan antara variabel-variabel terhadap nilai penjualan batubara untuk ekspor. Hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pemerintah Indonesia dan pemangku kepentingan terkait dalam mengelola sektor batubara, serta dapat digunakan sebagai dasar untuk perumusan kebijakan yang lebih efektif dalam memaksimalkan penerimaan negara dari sumber daya alam ini dan meningkatkan daya saing industri batubara Indonesia di pasar internasional.
Downloads
Copyright (c) 2024 Mohammad Bimo Husodo, Iwan Vanany
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.