Strategi Pengembangan Yayasan Seri Amal Pasca Pandemi COVID-19 Studi Kasus: SMA Cahaya Medan & SMA St. Petrus Sidikalang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis faktor lingkungan internal dan eksternal yang berpengaruh pada SMA Cahaya Medan dan SMA St. Petrus Sidikalang, (2) Merumuskan alternatif strategi pengembangan yang dapat dipakai oleh kedua sekolah, dan (3) Menentukan serta merekomendasikan strategi bisnis yang tepat bagi Yayasan Seri Amal dalam menghadapi persaingan. Metode yang digunakan adalah analisis faktor lingkungan internal (IFE) dan eksternal (EFE) serta Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor dominan yang mempengaruhi SMA Cahaya Medan dari faktor internal adalah kurangnya SDM, sedangkan faktor eksternal adalah regenerasi sekolah dan potensi pangsa pasar lebih besar ke luar kota. Untuk SMA St. Petrus Sidikalang, faktor internal yang paling berpengaruh adalah akreditasi A dan penggunaan LMS, sementara faktor eksternal adalah minimnya kompetitor SMA swasta di daerah tersebut. Strategi pengembangan yang direkomendasikan untuk SMA Cahaya Medan meliputi pelatihan SDM, peningkatan kerjasama dengan berbagai pihak, dan penggabungan pembelajaran daring dengan luring. Untuk SMA St. Petrus Sidikalang, strategi meliputi meningkatkan kerjasama dengan instansi di bidang olahraga dan seni, pembangunan fasilitas pendukung, serta pengembangan desain pembelajaran yang unggul dan terukur. Prioritas strategi pengembangan untuk SMA Cahaya Medan adalah pelatihan SDM dan penggabungan pembelajaran daring dengan luring, sedangkan untuk SMA St. Petrus Sidikalang adalah kerjasama dengan instansi dalam pengembangan kurikulum serta prestasi akademik dan non-akademik. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis yang dapat meningkatkan daya saing dan kualitas pendidikan di kedua sekolah tersebut.
Downloads
Copyright (c) 2024 Andreas Nicholas Gandaputra Simbolon, Idqan Fahmi, Utami Dyah Syafitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.