Studi Perbandingan Penggunaan Media Pembelajaran Digital dan Konvensional pada Siswa SD
Abstract
Era digital telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Penggunaan media pembelajaran digital semakin marak diimplementasikan di sekolah-sekolah, termasuk di SDN Maospati 1 Magetan. Namun, media pembelajaran konvensional seperti buku teks, papan tulis, dan lembar kerja juga masih banyak digunakan di sekolah-sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan membandingkan efektivitas penggunaan media pembelajaran digital dan konvensional dalam meningkatkan pemahaman dan prestasi belajar siswa di SDN Maospati 1 Magetan. Riset ini memanfaatkan pendekatan kualitatif dalam metodologi penelitiannya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur serta observasi. Setelah data terkumpul, analisis dilakukan melalui tiga tahapan yakni reduksi data untuk menyaring informasi yang relevan, penyajian data untuk mempresentasikan temuan, dan penarikan kesimpulan untuk menggambarkan implikasi dari hasil penelitian. Hasil riset menemukan bahwa media pembelajaran digital lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, tetapi membutuhkan waktu, biaya, dan sumber daya manusia yang lebih banyak. Media pembelajaran konvensional lebih mudah diakses dan tersedia, tetapi kurang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Guru di SDN Maospati 1 Magetan direkomendasikan untuk menggunakan kombinasi media pembelajaran digital dan konvensional dalam proses pembelajaran untuk mencapai hasil belajar yang optimal.
Downloads
Copyright (c) 2024 Seprie Seprie
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.