Desain dan Manajemen Jaringan Ujian Online Berbasis Moodle (Studi Kasus SMK Negeri 5 Surabaya)

  • Rachmat Risanto Tiesa Universitas Narotama Surabaya Jawa Timur, Indonesia
  • Moh Noor Al Azam Universitas Narotama Surabaya Jawa Timur, Indonesia
Keywords: jaringan komputer, port forwarding, moodle, nginx, webalizer

Abstract

Saat ini Teknologi berkembang pesat di berbagai aspek kehidupan mulai dari personal hingga instansi negeri maupun swasta. SMK Negeri 5 Surabaya merupakan salah satu instansi Pendidikan yang telah menggunakan teknologi informasi dalam berbagai aspek kegiatan dan ingin mengembangkan proses penilaian akhir semester menjadi efisien. Dalam pelaksanaan yang sebelumnya menggunakan metode konvensional yang memerlukan banyak waktu, biaya dan tenaga. Dalam penelitian ini akan menggeser sistem dari ujian konvensional ke ujian online. Untuk menerapkan ujian online membutuhkan manajemen jaringan dimulai dari konfigurasi jaringan, server, dan moodle. Protokol pada jaringan ini menggunakan port forwarding. Perancangan server ujian yang akan dibangun menggunakan web server NGINX, dengan bahasa pemprograman PHP dan menggunakan basis data MariaDB serta menggunakan Moodle untuk pelaksanaan ujian online. Hasil dari pelaksanaan ujian online dengan melakukan monitoring aktivitas ujian berupa banyaknya siswa melaksanakan ujian dan log yang diambil dari server menggunakan Webalizer. Diharapakan dengan adanya ujian online berbasis moodle dapat membantu SMK Negeri 5 Surabaya dalam melaksanakan penilaian akhir semester dengan efektif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bettaliyah, Azza Abidatin. (2017). Sistem Informasi Pengolahan Data Tabungan Siswa MI Bahrul Ulum Berbasis WEB Mobile Menggunakan Codeigniter dan Bootstrap. Jurnal TeknikA, 8(2), 10.

Hidayat, Akbar. (2017). Rancang Bangun Sistem Jaringan Menggunakan Mikrotik Pada Novilla Boutique Resort. STMIK ATMA LUHUR.

Jake St, A. (2019). Top 5 Reasons To Use CentOS 7. (Liquid Web) Retrieved April 16, 2020. Retrieved from https://www.liquidweb.com/kb/top-5-reasons-to-use-centos-7/

Perkasa, Dheru Alam, Saputra, Eki, & Fronita, Mona. (2015). Sistem Ujian Online Essay Dengan Penilaian Menggunakan Metode Latent Sematic Analysis (LSA). Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 1(1), 1–9.

Ramadhan, Gilang, & Amron, Kasyful. (2017). Analisis Availabilitas dan Reliabilitas Multi-Master Database Server Dengan State Snapshot Transfers (SST) Jenis Rsync Pada MariaDB Galera Cluster. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK) p-ISSN, 2355, 7699.

Rex. (2014). Actual Nginx+mysql+PHP (FastCGI) installation, configuration and optimization. Retrieved November 9, 2019. Retrieved from https://www.programering.com/a/MjMyYzMwATA.html

Shusain. (2019). Checking website statistics using Webalizer. (LinuxTechLab) Retrieved November 2019. Retrieved from https://linuxtechlab.com/checking-website-statistics-using-webalizer/
Published
2021-08-18